HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KONSEP SISTEM REPRODUKSI WANITA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN EKSPOSITORI


ukit ukit(1*), iwan ridwan yusup(2), Ikeu Swastini Dewi(3)

(1) UIN SGD Bandung,  
(2) UIN SGD Bandung, Indonesia
(3) SMAN 24 Kota Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMAN 24 Kota Bandung senantiasa dilakuakn
upaya peningkatan kualitas hasil pembelajaran.Hal tersebut dilihat dari nilai ulangan harian, seperti pada
konsep system reproduksi pada wanita.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar
siswa baik kognitif, afektif dan psikomotor siswa serta peningkatan hasil belajar mereka setelah
pembelajaran berlangsung dengan menggunakan pendekatan ekspositorisub materi pokok sistem
reproduksi wanita. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bentuk
kolaboratif parsipatoris.Hasil penelitian terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan
pendekatan ekspositori pada sub materi pokok sistem reproduksi wanita diperoleh data yaitu (1)
Hasil belajar kognitif siswa berdasarkan pretes dengan nilai 31.9, sedangkan hasil belajar postes
dengan nilai 59.6. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar secara
signifikan karena thitung = -10.392 < tdaftar = 2.656, dengan rata-rata nilai gain sebesar 28. (2)
Sikap siswa setelah proses pembelajaran berlangsung menyatakan bahwa sebagian besar siswa
(52.12%) setelah proses pembelajaran menunjukkan sikap senang terhadap pendekatan
ekspositori,35.88% siswa kurang menyukai terhadap pendekatan ekspositori dan 12.00% siswa
tidak menyatakan sikap (ragu) terhadap pendekatanekspositori setelah pembelajaran
berlangsung. (3) Keterampilan siswa berkembang ke arah positif, terlihat dari rata-rata
keterampilan siswa siklus I sebesar 61.0%, siklus II sebesar 80.0% dan keterampilan siswa pada
siklus III sebesar 91.5%, (4) Hasil belajar siswa dari ketiga aspek terlihat adanya peningkatan
hasil belajar demikian pula dengan sikap dan keterampilan mereka berkembang kearah positif,
hal tersebut didukung dari hasil observasi dan wawancara siswa selama proses pembelajaran.

Keywords


Pendekatan Ekspositori, Hasil belajar, Sistem Reproduksi, PTK. 1. Pendahuluan Guru berfungsi sebagai perancang pengajar, pengelola pengajaran dan penulis prestasi belajar siswa. Dari hal tersebut terlihat fungsi seorang guru dengan harapan untuk pandai me



DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v7i1.2451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats