ANALISIS BAURAN PEMASARAN PADA PT. PEGADAIAN CABANG SUCI BANDUNG


Ahmad Fachrurozi(1*), Kadar Nurjaman(2)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bauran pemasaran produk emas yang diterapkan pada PT. Pegadaian Cabang Suci Bandung dan untuk mengetahui bagaimana analisis SWOT pada PT. Pegadaian Cabang Suci Bandung. Variabel dalam penelitian ini adalah bauran pemasaran yang terdiri dari Product, Price, Place, Promotion, People, Proses, Physical Evidence pada PT. Pegadaian Cabang Suci Bandung. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data asli yang dikumpulkan oleh penulis untuk menjawab masalah penelitiannya. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode penulisan yang digunakan yaitu dengan metode analisis kualitatif dan dibantu dengan analisis SWOT. Kesimpulan dari Jurnal ini adalah strategi bauran pemasaran yang diimplementasikan oleh PT. Pegadaian Cabang Suci Bandung sudah baik hanya bauran promosi saja yang dalam pelaksanaannya tidak begitu maksimal.

Keywords


Bauran Pemasaran; Physical Evidence

Full Text:

PDF

References


Adhaghassani, F. S. (2016). Strategi bauran pemasaran (Marketing mix) 7p (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence) di cherryka bakery. Journal of Culinary Education and Technology, 5(6).

Aseandi, R. (2020). PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. PEGADAIAN SYARIAH CAB. MEUREUDU ACEH. Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UISU, 9(1), 48–63.

Hamid, S. (2016). Analisis Program Pemasaran Produk UMKM Dodol Garut. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 2(1).

Istijanto, M. M. (2013). Riset sumber daya manusia. Gramedia Pustaka Utama.

Jaelani, E. (2012). Perencanaan dan pengembangan produk dengan quality function deployment (QFD). Jurnal Sains & Manajemen Akuntansi, 4(1).

Kotler, P., & Armstrong, G. (2015). Principles of Marketing [Internet]. Pearson Education, Limited.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid II (edisi ke 12). Diterjemahkan Oleh Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lasut, C. H. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Menggunakan Produk Kredit Cepat Aman Pada Kantor PT. Pegadaian di Wilayah Kota Manado. JURNAL RISET BISNIS DAN MANAJEMEN, 1(3).

Lubis, A. N. (2004). Strategi Pemasaran dalam persaingan bisnis. Universitas Sumatera Utara.

Lumbantoruan, K. (2020). PENGARUH PRODUK, PROSES DAN ORANG DALAM BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MEMILIHPRODUK PT. PEGADAIAN (PERSERO).

Mardia, M., Hutabarat, M. L. P., Simanjuntak, M., Sipayung, R., Saragih, L., Simarmata, H. M. P., Sulasih, S., Tanjung, R., Irdawati, I., & Tjahjana, D. (2021). Strategi Pemasaran. Yayasan Kita Menulis.

Pasigai, M. A. (2010). Pentingnya Konsep Dan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis. Jurnal Ekonomi Balance, 6(2), 51–56.

Putra, D. A., & Saputri, M. E. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Online Angkutan Kereta Api (studi Pada Stasiun Bandung. EProceedings of Management, 7(1).

Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 58–70.

Riandika, D., & Hamdani, A. U. (2020). Implementasi E-Commerce Dengan Teknik SEO dan Strategi Pemasaran 4P Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Aksesoris Motor Pada XYZ Motoshop. Jurnal Media Informatika Budidarma, 4(3), 785–796.

Riyanto, S. (2018). Analisis pengaruh lingkungan internal dan eksternal terhadap keunggulan bersaing dan kinerja usaha kecil menengah (UKM) di Madiun. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 5(3).

Sari, R. R. P., & Harjanti, W. (2019). ANALISIS PANGSA PASAR DALAM MENINGKATKAN POTENSI KOPERASI INTAKO SIDOARJO. Ecopreneur. 12, 2(2), 41–56.

Satori, D., & Komariah, A. (2009). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta, 22.

Selang, C. A. D. (2013). Bauran pemasaran (marketing mix) pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen pada fresh mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3).

Supriyono, J., Fathoni, A., & Hasiholan, L. B. (2016). Analis Rencana Strategi, Pengembangan Pasar, Dan Kualitas Desain, Terhadap Volume Penjualan Pada Jamu Ratu Cantik Smk Negeri 6 Semarang. Journal of Management, 2(2).

Swastha, B., & Handoko, T. H. (2002). Manajemen pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty.

Syardiana, G., Rodoni, A., & Putri, Z. E. (2015). Pengaruh investment opportunity set, struktur modal, pertumbuhan perusahaan, dan return on asset terhadap nilai perusahaan.

Triyanto, W. A. (2015). Algoritma K-Medoids Untuk Penentuan Strategi Pemasaran Produk. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 6(1), 183–188.




DOI: https://doi.org/10.15575/jb.v1i2.21563

DOI (PDF): https://doi.org/10.15575/jb.v1i2.21563.g7935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats