Meningkatkan Kemampuan Mengenal Pola ABCD-ABCD melalui Metode Pemberian Tugas

Tarsono Tarsono, Rahayu Indri Lestari, Farijah Farijah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal pola ABCD-ABCD di TK Tunas Harapan. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Tindakan Kelas (PTK) yaitu dengan 2 siklus, masing-masing siklus 5 RPPH. Hasil Penelitian Pada kondisi awal sebelum tindakan perbaikan yaitu dengan kriteria berkembang sangat baik hanya 2 anak atau sama dengan 10%, pada siklus 1 meningkat menjadi 4 anak atau sama dengan 20%, dan pada siklus 2 meningkat secara signifikan menjadi 15 anak atau sama dengan 75%. Untuk kriteria berkembang sesuai harapan, pada kondisi awal 5 anak atau sama dengan 25%, pada siklus 1 meningkat menjadi 11 atau sama dengan 55%, dan pada siklus 2 menjadi 5 anak atau sama dengan 25%. Untuk kriteria mulai berkembang pada kondisi awal 9 anak atau sama dengan 45%, pada siklus 1 berkurang menjadi 5 anak atau sama dengan 25%, dan pada siklus 2 menjadi 0 atau sama dengan 0%. Untuk kriteria belum berkembang pada kondisi awal 4 anak atau 20% pada siklus 1 dan 2 tidak ada atau 0%.


Full Text:

PDF

References


Eliwarti. 2016. Penerapan Strategi Penemuan TerbimbingUntuk Meningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 TahunDi TK Amal Ikhlas Rumbai Pekanbaru. Pekanbaru: Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Vol. 5 No. 1.

Gunarti, Winda, dkk. 2017. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Banten: Universitas Terbuka

Hijriati, 2017. Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. UIN Ar-Raniry: Banda Aceh. Vol.III No.1

Hasan, Maimunah. 2010. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press

Permendiknas No. 58 Tahun 2009 Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan: Jakarta

Rahayu, Setyawati, 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Pola ABCD-ABCD Melalui Praktek Langsung Di Kelompok B TK Pertiwi 54 Teruman, Bantul, Yogyakarta. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (Skripsi)

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suyanto, Slamet. 2005. Konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sujiono, Y . 2004. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka

Sujiono, Y . 2007. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka

Sujiono, Y. 2017. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta : Universitas Terbuka




DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v4i2.12647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats