Meningkatkan Kemampuan Mengenal Pola ABCD-ABCD melalui Metode Pemberian Tugas

Meningkatkan Kemampuan Mengenal Pola ABCD-ABCD melalui Metode Pemberian Tugas

Authors

  • Tarsono Tarsono UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rahayu Indri Lestari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Farijah Farijah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.15575/japra.v4i2.12647

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal pola ABCD-ABCD di TK Tunas Harapan. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Tindakan Kelas (PTK) yaitu dengan 2 siklus, masing-masing siklus 5 RPPH. Hasil Penelitian Pada kondisi awal sebelum tindakan perbaikan yaitu dengan kriteria berkembang sangat baik hanya 2 anak atau sama dengan 10%, pada siklus 1 meningkat menjadi 4 anak atau sama dengan 20%, dan pada siklus 2 meningkat secara signifikan menjadi 15 anak atau sama dengan 75%. Untuk kriteria berkembang sesuai harapan, pada kondisi awal 5 anak atau sama dengan 25%, pada siklus 1 meningkat menjadi 11 atau sama dengan 55%, dan pada siklus 2 menjadi 5 anak atau sama dengan 25%. Untuk kriteria mulai berkembang pada kondisi awal 9 anak atau sama dengan 45%, pada siklus 1 berkurang menjadi 5 anak atau sama dengan 25%, dan pada siklus 2 menjadi 0 atau sama dengan 0%. Untuk kriteria belum berkembang pada kondisi awal 4 anak atau 20% pada siklus 1 dan 2 tidak ada atau 0%.

Author Biographies

Tarsono Tarsono, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pendidikan Agama Islam

Rahayu Indri Lestari, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pendidikan Guru Raudhatul Athfal

Farijah Farijah, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pendidikan Agama Islam

References

Eliwarti. 2016. Penerapan Strategi Penemuan TerbimbingUntuk Meningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 TahunDi TK Amal Ikhlas Rumbai Pekanbaru. Pekanbaru: Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Vol. 5 No. 1.

Gunarti, Winda, dkk. 2017. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Banten: Universitas Terbuka

Hijriati, 2017. Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. UIN Ar-Raniry: Banda Aceh. Vol.III No.1

Hasan, Maimunah. 2010. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press

Permendiknas No. 58 Tahun 2009 Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan: Jakarta

Rahayu, Setyawati, 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Pola ABCD-ABCD Melalui Praktek Langsung Di Kelompok B TK Pertiwi 54 Teruman, Bantul, Yogyakarta. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (Skripsi)

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suyanto, Slamet. 2005. Konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sujiono, Y . 2004. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka

Sujiono, Y . 2007. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka

Sujiono, Y. 2017. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta : Universitas Terbuka

Downloads

Published

2021-12-31
Loading...