Meningkatkan Kemampuan Mengenal Pola ABCD-ABCD melalui Metode Pemberian Tugas
DOI:
https://doi.org/10.15575/japra.v4i2.12647Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal pola ABCD-ABCD di TK Tunas Harapan. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Tindakan Kelas (PTK) yaitu dengan 2 siklus, masing-masing siklus 5 RPPH. Hasil Penelitian Pada kondisi awal sebelum tindakan perbaikan yaitu dengan kriteria berkembang sangat baik hanya 2 anak atau sama dengan 10%, pada siklus 1 meningkat menjadi 4 anak atau sama dengan 20%, dan pada siklus 2 meningkat secara signifikan menjadi 15 anak atau sama dengan 75%. Untuk kriteria berkembang sesuai harapan, pada kondisi awal 5 anak atau sama dengan 25%, pada siklus 1 meningkat menjadi 11 atau sama dengan 55%, dan pada siklus 2 menjadi 5 anak atau sama dengan 25%. Untuk kriteria mulai berkembang pada kondisi awal 9 anak atau sama dengan 45%, pada siklus 1 berkurang menjadi 5 anak atau sama dengan 25%, dan pada siklus 2 menjadi 0 atau sama dengan 0%. Untuk kriteria belum berkembang pada kondisi awal 4 anak atau 20% pada siklus 1 dan 2 tidak ada atau 0%.
References
Eliwarti. 2016. Penerapan Strategi Penemuan TerbimbingUntuk Meningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 TahunDi TK Amal Ikhlas Rumbai Pekanbaru. Pekanbaru: Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Vol. 5 No. 1.
Gunarti, Winda, dkk. 2017. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Banten: Universitas Terbuka
Hijriati, 2017. Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. UIN Ar-Raniry: Banda Aceh. Vol.III No.1
Hasan, Maimunah. 2010. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press
Permendiknas No. 58 Tahun 2009 Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan: Jakarta
Rahayu, Setyawati, 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Pola ABCD-ABCD Melalui Praktek Langsung Di Kelompok B TK Pertiwi 54 Teruman, Bantul, Yogyakarta. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (Skripsi)
Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Suyanto, Slamet. 2005. Konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sujiono, Y . 2004. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka
Sujiono, Y . 2007. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka
Sujiono, Y. 2017. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta : Universitas Terbuka
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).