Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi Menggunakan Kertas Kokoru
DOI:
https://doi.org/10.15575/japra.v4i2.12714Keywords:
Demonstration Method, Kokoru Paper, Fine Motor Skills.Abstract
Observasi awal dilakukan pada anak kelompok B1 RA Al-Kautsar bahwa keterampilan motorik halus anak belum optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi menggunakan kertas kokoru untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kolaboratif. Metode ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan unjuk kerja. Hasil penelitian keterampilan motorik halus anak sebelum diterapkan metode demonstrasi menggunakan kertas kokoru diperoleh nilai rata-rata sebesar 52,93 dengan kriteria kurang. Aktivitas guru siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 72,73% dengan kriteria baik dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 93,18% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas anak pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 67,35% dengan kriteria baik dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 84,10% dengan kriteria baik. Adapun keterampilan motorik halus anak setelah diterapkan metode demonstrasi menggunakan kertas kokoru pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 60,72 dengan kriteria cukup dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 85,16 dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima, artinya metode demonstrasi menggunakan kertas kokoru dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak.
References
Ariyanti, T. 2016. Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8 (1): 50-58.
Aulia Gustina Citra, Siti Kurniasih, Q. 2017. Pengembangan Model Fun Painting Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak TK B Di Kota Bandar Lampung. Jurnal Perempuan Dan Anak, 1 (1): 25-44.
Darna, N., Herlina, E., Tetap, D., Studi, P., Fakultas, M., Universitas, E., & Ciamis, G. 201). Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1): 287-292.
Devi Aprilia Nurvirani, Singgih Bektiarso, S. 2019. Analisis Penguasaan Konsep Mahasisw Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember Tentang Pemanasan Global. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8 (3): 62-63.
Fauziddin, M. 2016. Peningkatan Kemampuan Kerja Sama melalui Kegiatan Kerja Kelompok Pada Anak Kelompok A TK Kartika Salo Kabupaten Kampar. Jurnal PAUD Tambusai, 2 (1): 29-45.
Hari Murtining. 2018. Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Dengan Berbagai Media Pada Kelompok B TK Dharma Wanita Tawangrejo. Jurnal CARE, 6 (1): 28-40.
Hasanah, N., Harmawati, D., Hidayat, A. K., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Musamus, U., Musamus, U., & Artikel, I. 2019. Meningkatkan Kemampuan Berbicara melalui Kegiatan Bercerita Berbantu Media Finger Puppet pada Anak TK Kelompok B. Journal of Primary Education, 2 (1): 32-37.
Hayati, Tuti. 2013. Pengantar Statistika Pendidikan. Bandung: CV Insan Mandiri.
Ifat Fatimah Zahro. 2015. Penilaian Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 1 (1): 92-111.
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Undang-undang Nomor 20 Tahun2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Kementerian Pendidikan dan, & Kebudayaan, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
Larasati, L. D., & Kurniah, N. 2016. Peningkatan Kreativitas Dalam Kegiatan Mewarnai Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi. Jurnal Ilmiah Potensia, 1 (2): 62-66.
Mia Amalia, Rismareni Pransiska, Y. 2019. Pengaruh Kreasi Kertas Kokoru Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Di Taman Kanak- Kanak Nurul Yakin Ringan-Ringan Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Ilmiah Potensia, 4 (2): 78-86.
Mici Ara Monica, Y. 2021. Analisis Implementasi Kurikulum 2013 PAUD di Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal Basicedu, 5 (2): 643-653.
Miskawati. 2017. Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa’adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9 (1): 45-54.
Oktaviani, I., & Sari, A. 2018. Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan 3M (Mewarnai, Menggunting, Menempel) dengan Metode Demonstrasi. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3 (3): 191-203.
Roostin, E. 2018. Penggunaan Media Geometri untuk Meningkatkan Kreativitas Anak dalam Menciptakan Bentuk. Journal on Early Childhood, 2 (19): 1-8.
Santi Dwi Sritanti, M. 2017. Quasi Experimental Design. PAUD Teratai, 06 (02): 1-5.
Saputra, A. 2018. Pendidikan Anak Pada Usia Dini. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10 (2): 192-209.
Sri Handayana, Zuhairi, N. H. 2019. Upaya peningkatan keterampilan motorik halus anak usia dini di pekon negeri ratu 2 pesisir barat melalui lukisan teknik kolase 1. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 (1): 56-63.
Umami, D., & Hidayat, H. 2020. Kegiatan Eksplorasi Mengukur Tanaman pada anak dalam Meningkatkan Kecerdasan Logis Matematis. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 3 (1): 77-90
Zahratun Fajriah. 2015. Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab (Mufradat) Melalui Penggunaan Media Kartu Kara Bergambar (Penelitian Tindakan Pada Siswa kelas I MI Nurul HakimKediri Lombok Barat). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9 (1): 107-126.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).