Pembentukan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran yang Bervariatif
DOI:
https://doi.org/10.15575/japra.v5i2.17351Abstract
Era digital memiliki dampak positif dan negatif pada anak usia dini, namun yang sering terlihat ialah dampak negatifnya, mengingat sering menonton sikap intolerasni dari video (Youtube), sehingga hal tersebut berimplikasi pada sikap dan karakter yang selalu membeda-bedakan teman berdasarkan agama, jenis kelamin, ras, kemudian melakukan bullying dan lain-lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna karakter toleransi dalam bingkai ke-Indonesia-an dan mengetahui strategi pembentukan karakter toleransi pada anak usia dini melalui metode pembelajaran yang bervariatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan memanfaatkan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen dan analisis data yang digunakan adalah analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter toleransi sangat dibutuhkan di Indonesia mengingat masyarakatnya majemuk, sehingga di dalam menjaga dan merawat persatuan dan kesatuan yaitu dengan karakter toleransi.  Karakter toleransi dapat dibentukmelalui berbagai metode pembelajaran dan harus bervariatif, namun kunci utama dalam membentuk karakter tersebut adalah adanya kerja sama atau sinergi antar orang tua dengan guru di pendidikan formal.Â
References
Akhwani, & Moh Wahyu Kurniawan. 2021. “Potret Sikap Toleransi Mahasiswa Keguruan Dalam Menyiapkan Generasi Rahmatan Lil Alamin.†Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3(3):890–99.
Dian Ibung, P. S. I. 2013. Mengembangkan Nilai Moral Pada Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Djulikah. 2017. “Peningkatan Ketahanan Pribadi Siswa Dalam Pelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Stad Siswa Kelas Xi Tkr 2 SMK.†JINoP: Jurnal Inovasi Pembelajaran 3(2):576–87.
Fatmah, Nirra. 2018. “Pembentukan Karakter Dalam Pendidikan.†Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman 29(2):369–87. doi: https://doi.org/10.33367/tribakti.v29i2.602.
Hafidhoh, Husnul, Hibana Hibana, & Susilo Surahman. 2021. “Nilai-Nilai Agama Dan Moral Untuk Anak Usia Dini Yang Terkandung Dalam Film Animasi Nusa Dan Rara.†JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal) 4(2):69–82.
Lestari, Shinta, & Heri Yusuf Muslihin. 2020. “Keterampilan Sikap Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun.†Jurnal PAUD Agapedia 4(2):337–45.
Luthfiyah, R., and A. A. Zafi. 2021. “Penanaman Nilai Karakter Religius Dalam Perspektif Pendidikan Islam Di Lingkungan Sekolah RA Hidayatus Shibyan Temulus.†Jurnal Golden Age 5(02):513–26.
Miles, Huberman & Saldana, Jhonny. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. 3rd ed. London: SAGE Publications.
Muali, Chusnul, & Kholifatur Rafikah Qodratillah. 2018. “Pengembangan Karakter Guru Dalam Menghadapi Demoralisasi Siswa Perspektif Teori Dramaturgi.†Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 8(1):102–26.
Mulyasa, H. E. 2012. Manajemen PAUD. Bandung.
Nurjanah, Ayu Putri & Anggraini, Gita. 2013. “Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun.†Jurnal Ilmiah Potensia 96(1):365–75.
Nurmaliah., Suhrawardi &. Ilyas, and Evi Apriana. 2018. “Penggunaan Metode Karyawisata Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Keanekaragaman Hayati.†BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan 2(1):23–27. doi: 10.22373/biotik.v2i1.231.
Nuryadi, Muhammad Hendri, Zamroni, & Suharno. 2020. “The Pattern of the Teaching of Multiculturalism-Based Civics Education: A Case Study at Higher Education Institutions.†European Journal of Educational Research 9(2):799–807. doi: 10.12973/eu-jer.9.2.799.
Oktarina, Ani. 2021. “Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Quranic Parenting.†JEA (Jurnal Edukasi AUD) 6(2):1–22. doi: 10.18592/jea.v6i2.3799.
Purwantrisri. 2021. “Bijak Menggunakan Media Di Era Digital Pada Anak Usia Dini.†Detik.Com. Retrieved March 3, 2022 (https://www.detik.com/edu/sekolah/d-5564209/tantangan-pendidikan-anak-usia-dini-di-era-digital).
Putri, Okti Nauli, & Maftukin Hudah. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Materi Bola Basket Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ketanggungan.†Jendela Olahraga 4(2):57. doi: 10.26877/jo.v4i2.4005.
Ridwan &, A. Fajar Awaluddin. 2019. “Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athfal.†DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan 13(1):56–67. doi: 10.30863/didaktika.v13i1.252.
Ridwan, Akbar. 2019. “Gara-Gara Orang Dewasa, Sikap Intoleransi Jangkiti Anak TK Dan PAUD.†Alenia.Id. Retrieved March 3, 2022 (https://www.alinea.id/nasional/bermunculan-sikap-intoleransi-pada-anak-tk-dan-paud-b1XpO9oUs).
Suryaningsih, Anis. 2016. “Penguatan Nasionalisme Melalui Revitalisasi Gerakan Pramuka Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Mahasiswa (Studi Pada Mata Kuliah Pendidikan Kepramukaan Di Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo Jawa Tengah).â€
Widiatmaka, Pipit, Agus Pramusinto, & Kodiran Kodiran. 2016. “Peran Organisasi Kepemudaan Dalam Membangun Karakter Pemuda Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Pemuda (Studi Pada Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Di Kabupaten Sukoharjo Provinsi Jawa Tengah).†Jurnal Ketahanan Nasional 22(2):180–98.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).