Finger Painting dalam Kemampuan Motorik Halus Anak: Implementasi Pendekatan Reggio Emilia


Diani Deka Rusanti(1*), Naimah Naimah(2), Suyadi Suyadi(3)

(1) UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, Indonesia
(2) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
(3) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendekatan Reggio Emilia merupakan pendekatan yang ditujukan untuk mendorong anak mengembangkan aspek perkembangannya dengan cara bermain dan juga memberikan kebebasan pada anak dalam melakukan aktivitasnya. Dengan Pendekatan Reggio Emilia yang memfasilitasi pada kegiatan mampu membentuk dan membuat anak menciptakan suatu karya yang memiliki nilai. Melalui penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendekatan Reggio Emiliadalam pengembangan motorik halus melalui kegiatan Finger Painting. Jenis penelitian ini dilakukan dengan deskriptif kualitatif, yang mengambil lokasi di TK Al-Hidayah Bandar Lampung. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, displaydata, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata perkembangan motorik halus anak pada TK Al-Hidayah Bandar Lampung berkembang dengan baik, hal tersebut dapat dilihat dari data penilaian skala perkembangan anak dengan rata-rata pencapaian kemampuan motorik halus anak adalah berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik, akan tetapi masih terdapat beberapa anak yang kemampuan motorik halusnya masih memerlukan bantuan guru ataupun teman sebayanya. Karena ada beberapa anak yang memiliki kebutuhan khusus, sehingga memerlukan bantuan orang lain dalam proses kegiatan pembelajaran. Saat kegiatan Finger Painting motorik halus terlihat saat anak meremas adonan tepung kanji menjadi sebuah lukisan pada setiap anak, serta anak dapat menceritakan hasil karya Finger Painting yang telah dibuat oleh anak.


Keywords


Reggio Emilia Approach, Children's Fine Motor Ability. Finger Painting Activities

Full Text:

PDF

References


1. Natalina D dan GG. Komunikasi Dalam PAUD.; 2017.

2. Prayitno. Dasar Teori Dan Praksis Pendidikan.; 2009.

3. Ahmad Suryadi R. Ilmu Pendidikan Islam.; 2018.

4. Fatmawati AF. Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini.; 2020.

5. Wiresti RD, Na’imah N. Aspek Perkembangan Anak : Urgensitas Ditinjau dalam Paradigma Psikologi Perkembangan Anak. Aulad J Early Child. 2020;3(1):36-44. doi:10.31004/aulad.v3i1.53

6. Sujiono Nurani Y. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.; 2009.

7. Chandrawaty dan SSN. Telaah Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini.

8. Yeni N, Zahro IF. Meningkatkan kecerdasan interpersonal pada anak usia 4-5 tahun melalui model pembelajaran reggio emilia. J Ceria (Cerdas Energik Responsif Inov Adapt. 2020;3(3):250-259.

9. Tri Sayekti. Analisis kurikulum Reggio EMilia. J Phys A Math Theor. 2016;3(8):1689-1699.

10. Lenny Nuraeni S. Efektivitas Pembelajaran Dengan Pendekatan Reggio Emilia Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Konteks Merdeka Belajar di Taman Kanak-Kanak Kota Cimahi Pada Masa Pandemi Covid 19. J tunas siliwangi. 2020;6(2):51-62.

11. Di S, Mariana TK. PEDAGOGI | Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Volume XIII No.1 April 2013. 2013;XIII(1):40-46.

12. Siti Makhmudah, Fina Surya Anggraini AAF. Perkembangan Motorik AUD.; 2020.

13. Indraswari L. Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalaui Kegiatan Mozaik Di Taman Kanak-Kanak Pembina Agam. J Pesona PAUD. 2012;1(1-13):1-13.

14. Suriati S, Kuraedah S, Erdiyanti E, Anhusadar LO. Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak melalui Mencetak dengan Pelepah Pisang. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini. 2019;4(1):211. doi:10.31004/obsesi.v4i1.299

15. Amelia Nurul K. Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini.; 2020.

16. R Ariyana D, Rini NS. Hubungan pengetahuan ibu tentang perkembangan anak dengan perkembangan motorik kasar dan motorik halus anak usia 4-5 tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 7 Semarang. J Keperawatan. 2009;2(2):11-20.

17. Muarifah A, Nurkhasanah N. Identifikasi Keterampilan Motorik Halus Anak. J Early Child Care Educ. 2019;2(1):14. doi:10.26555/jecce.v2i1.564

18. Aquarisnawati P, Mustami’ah D, Riskasari W. Motorik Halus Pada Anak Usia Prasekolah Ditinjau Dari Bender Gestalt. Jurnal Insa Media. 2011;13(3):149-156. http://www.academia.edu/download/55153228/jurnal_Bneder_Gestalt.pdf

19. Sutini A, Rahmawati M. Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Model Pembelajaran Bals. Cakrawala Dini J Pendidik Anak Usia Dini. 2018;6(2):49-60. doi:10.17509/cd.v6i2.10519

20. Pendidikan J, Pendidikan G, Usia A, et al. e-Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha. 2015;3(1).

21. Maghfuroh L, Chayaning Putri K. Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah Di Tk Sartika I Sumurgenuk Kecamatan Babat Lamongan. J Heal Sci. 2018;10(1). doi:10.33086/jhs.v10i1.144

22. Wulandari A. Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Teknik Finger Painting di KB Al Jannati Gampong Jawa Kota Banda Aceh. J Ilm Mhs Pendidik Anak Usia Dini, 5(1). 2020;5(1):80-89.

23. Resi Amelia Syarwah, Mohammad Fauziddin AH. Jurnal Pendidikan Tambusai | 936. J Pendidik Tambusai. 2019;3(5):936-945.

24. Gresik H. PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN MODEL REGGIO EMELIO PADA ANAK USIA 4 – 5 TAHUN DI RA ASYSYUBBANI. 2020;1(1):26-39.

25. Susanty S, Yudistirani SA, Fithriyah NH, Adiwarna A. Model Dan Metode Pembelajaran Sains Bagi Guru-Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Himpaudi Cakung Jakarta Timur. Pros Semin Nas Pengabdi Masy LPPM UMJ. 2019;(September 2019).

26. Baik Nilawati Astini, Nurhasanah, Ika Rachmayani INSU. Identifikasi Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak. J Chem Inf Model. 2019;53(9):1689-1699.

27. Tanto OD, Sufyana AH. Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini dalam Seni Tradisional Tatah Sungging. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini. 2020;4(2):575. doi:10.31004/obsesi.v4i2.421

28. Vitamami L. Finger Painting Pada Kelompok a2 Ra Babussalam Krian Prodi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini. Published online 2013.

29. Kurnia SD. Pengaruh Kegiatan Painting Dan Keterampilan Motorik Halus Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini Dalam Seni Lukis. J Pendidik Anak Usia Dini. 2015;9(2):285-302.

30. Dsn P, Ds L, Kec K, Lamongan SKAB, Pendidikan P, Usia GA. Motorik Halus Anak Kelompok B Di Tk. Published online 2012:106-114.




DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v5i2.20618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal) licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Copyright © UIN Sunan Gunung Djati Bandung

INDEXING IN: 

 

   


Editorial Office:

Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Kegurua, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jalan Soekarno-Hatta, Cimencrang, Gedebage
Kota Bandung, Jawa Barat 40292