Bermain Lempar Tangkap Bola Terhadap Koordinasi Mata dan Tangan Anak Usia Dini


Nano Nurdiansah(1*), Aam Kurnia(2), Arini Ulfah Mawaddah(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan bermain lempar tangkap bola, proses bermain lempar tangkap bola terhadap koordinasi mata dan tangan, serta seberapa besar pengaruh kegiatan tersebut terhadap koordinasi mata dan tangan anak kelompok B di RA Sekolah Alam Gaharu. Dasar pemikiran penelitian, melatih dan mengembangkan otot-otot dan bagian tubuh anak yang berefek pada kesehatan dan kebugaran, di mana perkembangan signifikan adalah perkembangan fisik. Permainan melempar bola salah satu permainan yang dapat mengembangkan fisik terutama aspek motorik kasar anak. Metode penelitian menggunakan pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah anak kelompok B RA Sekolah Alam Gaharu sebanyak 15 orang. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan keterampilan lempar tangkap bola terhadap koordinasi mata dan tangan anak dengan nilai rata-rata pretest sebesar 47 kategori “kurang” dan posttest sebesar 75 kategori “baik”. Hasil hipotesis menunjukkan nilai Thitung = 11.78 > Ttabel = 1.76 taraf signifikansi 5%. Kesimpulannya terdapat pengaruh bermain lempar tangkap bola terhadap koordinasi mata dan tangan anak kelompok B di RA Sekolah Alam Gaharu. 


Keywords


Bermain, Koordinasi Mata dan Tangan, Lempar Tangkap

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Efendi, T. 2011. Hubungan Kekuatan Otot Lengan Dan Koordinasi Mata Tangan Dengan Ketepatan Melempar. Jakarta: Persada.

Furqon, M. 2008. Mendidik Anak dengan Bermain. Surakarta: Univesitas Sebelas Maret.

Harsono. 1998. coaching dan Aspek-Aspek Psikologis dalam choaching. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Dirjendikti.

HP, S. 1993. Metodelogi Kepelatihan. Yogyakarta: Yayasan STO.

Nur'aeni, R. 2016. Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Anak usia Dini Melalui Metode Bernyanyi Bebas Gerak dan Lagu (Penelitian Tindakan Kelas pada Anak kelompok A TK Tunas Ceria Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Nuraini, Y. S. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT. Indeks.

Schmidt, R. A. 1988. Motor Control and Learning: A Behavioral Emphasis. Champaign Illinois: Human Kinetics Publishers.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta: Bandung.

Sujiono, B. d. 2007. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sumantri, M. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas




DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v5i2.20627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal) licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Copyright © UIN Sunan Gunung Djati Bandung

INDEXING IN: 

 

   


Editorial Office:

Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Kegurua, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jalan Soekarno-Hatta, Cimencrang, Gedebage
Kota Bandung, Jawa Barat 40292