Analisis Perkembangan Perilaku Proposial Anak Dengan Metode Bermain Peran


Rika Abdul Hakim Effendi(1*), Hilman Mangkuwibawa(2), Teti Ratnasih(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realitas perkembangan perilaku prososial anak pada kelompok A dengan metode bermain peran dan metode bernyanyi, serta perbedaan perkembangan perilaku prososial anak dari kedua metode tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Subjek pada penelitian ini adalah 37 anak kelompok A RA PERSIS 235 Nasrullah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis komparasi yaitu, pengujian hipotesis komparatif dengan uji t. Realitas perkembangan perilaku prososial kelas eksperimen dengan metode bermain peran, diperoleh nilai rata-rata pretest = 59 dengan interpretasi kurang, sedangkan nilai rata-rata posttest = 73 dengan interpretasi baik. Realitas perkembangan perilaku prososial kelas kontrol dengan metode bernyanyi, diperoleh nilai rata-rata pretest = 63 dengan interpretasi cukup, sedangkan nilai rata-rata posttest = 68 dengan interpretasi cukup. Hasil uji t1, diperoleh t1= 2,76>nKt1 pada tarafsignifikansi 5% = 1,73, sehingga dapat diinterpretasikan terdapat perbedaan yang signifikan mengenai perkembangan perilaku prososial anak antara metode bermain peran dengan metode bernyanyi.


Keywords


anak usia dini; metode bermain peran; perilaku prososial

Full Text:

PDF

References


Alfiyah, S., Martani, W. (2015). Validasi Modul Bermain Peran "Aku Sayang Kawan" untuk Meningkatkan Pengetahuan Perilaku Prososial pada Anak Usia Dini. Vol. 1, No. 2. Diunduh pada hari Jumat, 21 Juni 2019, Pukul 12:31 WIB, dari https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://jurnal.ugm.ac.id/gamajpp/article/view/9214&ved=2ahUKEwiqkpSU67_jAhX463MBHapbAWcQFjAAegQIBhAB&usg=AOvVaw1BL81fz2guQSsZL5ZO-RvA: Universitas Gadjah Mada: Journal of Professional Psychology.

Beaty, J. J. (2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Fadillah, Muhamad. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hayati, Tuti. (2014). Pengantar Statistika Pendidikan. Bandung: CV. Insan Mandiri.

Latif, M, dkk. (2014). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.

Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mayangsari, D., Novita Sari, E., D., Munaila, N. (2017). Peningkatan Perilaku Prososial Pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Outbond Fun Estafet Di TK PGRI Langkap Burneh Bangkalan. Vol. 4, No. 2. Diunduh pada hari Kamis, 20 Juni 2019, Pukul 13:05 WIB, dari

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/3574&ved=2ahUKEwj5h4fd7b_jAhUS7nMBHVajCs8QFjACegQIBBAB&usg=AOvVaw331EKtzv5-Hl0gDA49qHoE: Jurnal PG-PAUD Trunojoyo.

Muhammad bin Ahmad al-Qurthûbi, tahqîq: ‘Abdur-Razzaq al-Mahdi, Dâr Al-Kitab Al-‘Arabi. (2000 M/ 1421 H). Tafsîr al-Qurthubi (Al-Jâmi’ li Ahkâmil-Qur‘ân). Cetakan II, Vol. 6.

Mushaf Kementerian Agama Republik Indonesia. 2007. Bukhara Al-Qur’an Tajwid & Terjemah. Bandung: PT. Sygma Examedia Arkanleema.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemendikbud.

Restuwati, E. S. & Kumara, A. (2014). Pengaruh Implementasi Program "Temanku Sahabatku" dalam Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Pra Sekolah. Vol. 11, No.1. Diunduh pada hari Selasa, 25 Juni 2019, Pukul 16:34 WIB, dari https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://journal.uad.ac.id/index.php/HUMANITAS/article/view/2324&ved=2ahUKEwidzYW777_jAhVJ6XMBHZHXCcAQFjAAegQIARAB&usg=AOvVaw22b6BHjTuTS95KEKXQbNh2: Jurnal Psikologi UGM Yogyakarta.

Srihayati, H. (2016). Penerapan Metode Bermain Peran dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kartika 1-4 Pekanbaru. Vol. 5, No. 1. Diunduh pada hari Selasa, 18 Juni 2019, Pukul 08:25 WIB, dari

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://media.neliti.com/media/publications/258218-penerapan-metode-bermain-perandalam-meni-1fcb8c16.pdf&ved=2ahUKEwj7xLSV8L_jAhXf7HMBHfl5BacQFjANegQIAxAB&usg=AOvVaw18qRvdNrRoS-A0Rbe8dgG0: Jurnal Primary Prodi PGSD FKIP Universitas Riau.

Subana, dkk. (2000). Statistik Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.7473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal) licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Copyright © UIN Sunan Gunung Djati Bandung

INDEXING IN: 

 

   


Editorial Office:

Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Kegurua, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jalan Soekarno-Hatta, Cimencrang, Gedebage
Kota Bandung, Jawa Barat 40292