ANALISIS ASPEK PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL DAN BAHASA DALAM PROGRAM MARKET DAY DI TK KHALIFAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA


Ririn Dwi Wiresti(1*)

(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Era distrupsi ini membuat kita harus bisa membekali berbagai ilmu pengetahuan, kemampuan, daya inovasi, kreatif terhadap anak usia dini sebab ketika mereka dewasa kelak zaman sudah semakin maju dari hari ini. Jika anak tidak dibekali dengan kemampuan dan ilmu pengetahuan yang baik maka anak akan lemah untuk bersaing dalam memunculkan daya beda dengan temannya. Program market day merupakan sebuah program yang dirancang untuk menstimulus jiwa kewirausahaan anak. Dalam penerapannya penilaian anak usia dini dilihat dengan 6 aspek perkembangan yang meliputi seni, bahasa, nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, dan sosial-emosional. Dalam penelitian ini peneliti ingin membedah secara detail capaian indikator apa saja yang tercapai dalam program market day dan seberapa besar peran program market day untuk meningkatkan perkembangan sosia-emosional dan bahasa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif, pengambilan data dengan pengisian instrumen indikator ceklis, wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan di TK Khalifah Condongcatur Yogyakarta dengan sumber data kelas TK B. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menghitung persentase pada instrumen indikator ceklis kemudian mendeskripsikannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program market day berperan sebesar 83,78% untuk perkembangan sosial-emosional yang artinya masuk dalam kategori sangat baik dan 62,96% untuk perkembangan bahasa yang artinya masuk dalam kategori cukup.

Keywords


Anak Usia Dini, Bahasa, Market Day, Sosial-Emosional

Full Text:

PDF

References


Amirono, M. T., & Daryanto. (2016). Evaluasi Dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Beaty, J. J. (2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini (7th ed.; A. K. Anwar, ed.). Jakarta: KENCANA.

Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Management, R. & D. T. K. (2018). Parents Handbook. Khalifah Management.

Management, T. K. (n.d.). Parents Hanbook. R&D TK Khalifah Management.

Musbikin, I. (2010). Buku Pintar PAUD (Dalam Perspektif Islami) (1st ed.; Sudjatna, ed.). Jogjakarta: Laksana.

Muslima. (2015). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Finansial Anak. 1(1), 27–38.

Papalia, D. E., Old, S. W., & Feldman, R. D. (2008). Human Development (9th ed.). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Purwanto, N. (2009). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahmah, E. F. (2015). Menumbuhkan Kemampuan Entrepreneurship Anak Melalui Kegiatan Market Day Di Kelompok B TK Putri Serang Sumber Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. 3(2), 54–67.

Santosa, I., & Khalifah, T. (2014). Muhammad Sebagai Pedagang (16th ed.). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Soetjiningsih, & Ranuh, G. (2015). Tumbuh Kembang Anak (2nd ed.; J. Suyono, ed.). Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Sofino. (2017). Pembelajaran Kewirausahaan Pada Paud. Seminar Nasional Pendidikan Nonformal FKIP Universitas Bengkulu, 1(1 Juli 2017), 61–69.

Sugiyono. (2015). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi (3rd ed.; A. Nuryanto, ed.). Bandung: Alfabeta.

Sulistyowati, P., & Salwa. (2016). Upaya Mengembangkan Karakter Jiwa Kewirausahaan Pada Anak Sejak Dini Melalui Program Market Day (Kajian Pada SDIT Mutiara Hati Malang). Pancaran, Vol. 5, No(20), 111–120. https://doi.org/https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/4056/3169

Sunarso. (2010). SIKAP MENTAL WIRAUSAHAWAN DALAM MENGHADAPI PERKEMBANGAN ZAMAN Sunarso Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta. 10(2), 182–189.

Zultiar, I., & Siwiyanti, L. (2017). Menumbuhkan Nilai Kewirausahaan Melalui Kegiatan Market Day. 6(Zr2011dl0 2), 57–64. https://doi.org/10.13937/j.cnki




DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal) licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Copyright © UIN Sunan Gunung Djati Bandung

INDEXING IN: 

 

   


Editorial Office:

Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Kegurua, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jalan Soekarno-Hatta, Cimencrang, Gedebage
Kota Bandung, Jawa Barat 40292