Nilai-Nilai Pembelajaran Adabul Majlis bagi Generasi Emas Prasekolah Islam


Devi Vionitta Wibowo(1*)

(1) , Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini berisikan mengenai kajian keislaman bagi generasi Prasekolah di bidang pengembangan agama dan moral anak yang bertemakan adabul majlis yang bersumber pada Qur’anul Karim serta keilmuan Islam lainnya. Tujuan kepenulisan ini agar orangtua dan pendidik memperoleh keilmuan Islam mengenai pembelajaran adabul majlis bagi generasi emas prsekolah Islam serta mampu mengaplikasikan keilmuan kedalam pribadi keseharian anak. Metode penelitian menggunakan library reseach berupa kepustakaan secara deskripif analitik dengan menggunakan beberapa referensi tafsir serta keilmuan Islam generasi emas Prasekolah. Hasil artikel mengungkapkan bahwa terdapat dua surah dalam Qur’anul Karim yang memuat keilmuan adabul majlis, yaitu surah Al-Mujadalah ayat 11 yang menerangkan tentang kewajiban ikhlas serta mentaati protokol bermajlis sesuai peraturan yang telah ditetapkan. Surah Al-Baqoroh ayat 189 sebagai contoh aplikasi adabul majlis dengan memasuki rumah melalui pintu yang telah  disediakan. Metode yang dapat digunakan berupa pembiasaan dalam bersikap sopan, santun, salam saat brmajlis, metode keteladanan guru, orangtua dalam mncontohkan prilaku yang baik saat bermajlis, metode nasehat digunakan untuk mengajarkan anak akan perbuatan terpuji, serta metode pengawan dilakukan untuk memerhatikan sosialisasi anak ketika bermajlis.


Keywords


Pembelajaran adab; Adabul Majlis; Generasi Emas; Prasekolah

Full Text:

PDF

References


--, S. (2011). Rintisan Pengembangan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i5.45

Abdullah Nashih Ulwan. (2013). Kitab Tarbiyyatul Aulad Fil Islam. PT Darussalam.

Abdus-Salam, M. (2004). Bid’ah-Bid’ah yang Dianggap Sunnah. Qisthi Press.

afif, A. (2015). Adab dan Akhlak serta Aturan Yang Baik. Islamic Gilrs Bording School Darul Marhamah.

At-Tirnaty, I. B. (2017). “Adabul Majlis dan Kesalahan-kesalahannya serta Bid’ah-Bidahnya.” Maktabatul Abu Salmah Al-Atsari.

Ayu, S. M., & Junaidah, J. (2019). Pengembangan Akhlak pada Pendidikan Anak Usia Dini. AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM. https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i2.3092

Ayuhan. (2016). Konsep Pendidikan Anak Salih dalam Perseptif Islam. PT Deepublish.

Az-Zuhaili, W. (2013). Tafsir Al-Wasith. Gema Insani.

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI PEMBIASAAN DAN KETELADANAN. Jurnal Pendidikan Anak. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707

Departemen Agama RI. (2017). Al-Qur’an dan Tarjamah (Hamdan Permada (ed.)). PT Suara Agung.

Fadlun, M. (2016). Pendidikan Akhlak pada Anak Usia Balita. Jurnal Kependidikan. https://doi.org/10.24090/jk.v4i1.2805

Fakhrudin, A. U. (2010). Sukses Menjadi Guru TK/PAUD,. Pustaka Pelajar.

Fauzi, A. R., Zainuddin, Z., & Atok, R. Al. (2017). Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial melalui Discovery Learning. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS. https://doi.org/10.17977/um022v2i22017p079

Fertiliana, L., Amalia, D. R., & Laili, N. (2019). Peranan Kedisiplinan Guru Terhadap Perkembangan Karakter Baik Anak Usia Dini di Raudlatul Athfal Ma’arif 1 Metro Tahun Ajaran 2018/2019. SELING: Jurnal Program Studi PGRA. https://doi.org/10.29062/seling.v5i2.435

Huda, M. (2008). Idealis Pendidikan Anak. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Indrawan, I. (2016). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban. https://doi.org/10.28944/afkar.v2i1.90

Kementrian Agama. (2019). TafsirWeb: Tafsir Surat Al-Baqoroh 189. Al-Quran Online.

Kementrian Pendidikan Nasional. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Replubik Indonesia No.137 Tahun 2013.

Khamim, K. (2018). THE URGENCY OF IMPROVING SOCIAL PIETY IN THE PERSPECTIVE OF TARBAWI HADITH (HERMENEUTIC ANALYSIS ABOUT COMMUNITY LIFE). Didaktika Religia. https://doi.org/10.30762/didaktika.v6i1.1096

Lukmanul Hakim. (2019). Konsep Pendidikan Karakter Peespektif K.H Hasyim Asy’ari Studi Kitab Adabul ’Alim Wal Muta’alim. Mediakita., Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30762/mediakita.v3i1.1800

Maryatun, I. B. (2016). PERAN PENDIDIK PAUD DALAM MEMBANGUN KARAKTER ANAK. Jurnal Pendidikan Anak. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12370

Masrik Ad, D. (2008). Al-Munjid Fil Lughoh. Maktabatul Syarkiyah.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.146. Kurikulum 2013 Tahun 2014.

Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2020). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.529

Najib, F. A. (2019). Kontruksi PESAN Lukman Al-Hakim di QS. Luqman: ( Analisis Parenting Al-Qur’an). At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 3(2), 111. https://doi.org/htpp://dx.doi.org/10.24127/att.v3i2.1121

Nasib Ar-Rifai, M. (2007). Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir. Gema Insani.

Nurjannah, N. (2017). MENGEMBANGKAN KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI KETELADANAN. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam. https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.141-05

Rahmawati, M. (2019). MENDIDIK ANAK USIA DINI DENGAN BERLANDASKAN PEMIKIRAN TOKOH ISLAM AL-GHAZALI. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i2.2271

Rohayati, T. (2018). PENGEMBANGAN PERILAKU SOSIAL ANAK USIA DINI. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10392

Sholeh, S. (2017). Pendidikan dalam Al-Qur’an (Konsep Ta’lim QS. Al-Mujadalah ayat 11). Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(2).633

Suyadi. (2012). Model Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Islam. UIN Sunan Kalijaga Yokyakarta.

Syaukan, iImam A. (2008). Tafsir Fathul Qodir. Pustaka Azzam.

Ummu Ihsan. Abu Ihsan. (2011). Mencetak Generasi Rabbani. PT Darul Ilmi Publishing.

Zaman, Wendi. (2017). Ternyata Mendidik Anak Cara Rasulluah Mudah dan Efektif. PT Publising.com.

Zamroni, A. (2017). STRATEGI PENDIDIKAN AKHLAK PADA ANAK. Sawwa: Jurnal Studi Gender. https://doi.org/10.21580/sa.v12i2.1544.




DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.9043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal) licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Copyright © UIN Sunan Gunung Djati Bandung

INDEXING IN: 

 

   


Editorial Office:

Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Kegurua, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jalan Soekarno-Hatta, Cimencrang, Gedebage
Kota Bandung, Jawa Barat 40292