Strategy for Using Information and Communication Technology in PAUD to Build Digital Literacy

Strategy for Using Information and Communication Technology in PAUD to Build Digital Literacy

Penulis

  • Annisa Dwi Mariana UINSI Samarinda

Kata Kunci:

Early Childhood, Digital, Literacy

Abstrak

Abstrak Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memberikan dampak besar terhadap berbagai bidang, termasuk pendidikan. Literasi digital, yang mencakup keterampilan menggunakan teknologi secara kritis, bertanggung jawab, dan aman, menjadi keterampilan penting yang harus dimiliki anak sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi efektif penggunaan TIK di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), menganalisis tantangan implementasinya, serta memberikan rekomendasi untuk guru, orang tua, dan pemangku kepentingan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan sistematis, mengkaji literatur terkait TIK dan literasi digital pada anak usia dini. Data dikumpulkan melalui review jurnal, buku, dan artikel yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengintegrasian TIK dalam pembelajaran PAUD dapat meningkatkan keterampilan kognitif, sosial-emosional, dan motorik anak. Penggunaan aplikasi edukasi interaktif dapat mendukung pengembangan literasi digital, meskipun tantangan seperti keterbatasan fasilitas dan kurangnya pelatihan guru masih ada. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi penggunaan TIK yang efektif dapat membantu mempersiapkan anak menghadapi tantangan digital di masa depan. Kolaborasi antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan orang tua sangat penting untuk mengoptimalkan pemanfaatan TIK di PAUD. Kata kunci: Anak Usia Dini, Digital, Literasi Abstract The development of information and communication technology (ICT) has had a major impact on various fields, including education. Digital literacy, which includes the skills to use technology critically, responsibly, and safely, is an important skill that children must have from an early age. This study aims to identify effective strategies for using ICT in Early Childhood Education (PAUD), analyze the challenges of its implementation, and provide recommendations for teachers, parents, and stakeholders. The research method used is a literature study with a systematic approach, reviewing literature related to ICT and digital literacy in early childhood. Data were collected through reviews of relevant journals, books, and articles. The results of the study indicate that the integration of ICT in PAUD learning can improve children's cognitive, social-emotional, and motor skills. The use of interactive educational applications can support the development of digital literacy, although challenges such as limited facilities and lack of teacher training still exist. This study concludes that effective ICT use strategies can help prepare children to face digital challenges in the future. Collaboration between the government, educational institutions, and parents is essential to optimize the use of ICT in PAUD. Keywords: Early Childhood, Digital, Literacy

Referensi

Alimuddin, A., Juntak, J. N. S., Jusnita, R. A. E., Murniawaty, I., & Wono, H. Y. (2023). Teknologi dalam Pendidikan: Membantu Siswa Beradaptasi dengan RevolusiIndustri 4.0. Journal on Education, 5(4), 11777–11790.

Alt, D., & Raichel, N. (2020). Enhancing Perceived Digital Literac Skills and Creative Self-Concept Through Gamified Learning Environments: Insights From a Longitudinal Study. International Journal of Educational Research, 101.

Bintang, D. W. P., Pertiwi, A. D., & Azainil, A. (2024). Analisis Penggunaan Teknologi pada Proses Pembelajaran di PAUD. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(3), 873–884.

Buchan, M. Claire; Bhawra, J. (2024). Navigating the Digital World: Development of an Evidence-Based Digital Literacy Program and Assessment Tool For Youth. Smart Learning Environments; Heidelberg, 11. https://doi.org/DOI:10.1186/s40561-024-00293-x

Budiarti, E. (2024). Literasi Digital dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Kaizen Media Publishing.

Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah Bersama di Era Digital: Pentingnya Literasi Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31712–31723.

Djollong, A. F., Sari, A., Junizar, J., Pramanik, N. D., Kustanti, R., & Lubis, A. A. Z. (2023). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Panduan Komprehensif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Fatma, A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Digital dalam Kemampuan SIswa Mata Pelajaran IPA pada Masa Daring SMP di Bandar Lampung. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Hanafi, I., & Sumitro, E. A. (2019). Perkembangan Kognitif menurut Jean Piaget dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 87–93.

Hendrik Dewantara, S. E. (2024). Membangun Masa Depan Pendidikan: Inovasi dan Tantangan dalam Sertifikasi Guru di Indonesia. PT Indonesia Delapan Kreasi Nusa.

Huraerah, A. J. A., Abdullah, A. W., & Rivai, A. (2024). Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Pendidikan Indonesia. Journal of Islamic Education Policy, 8(2).

Ismawati, D., & Puspita, Y. (2024). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini: Peran Keluarga di Era Digital. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 1758–1763.

Khasanah, U., & Herina. (2019). Membangun Karakter Siswa melalui Literasi Digital dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Lindriany, J., Hidayati, D., & Nasaruddin, D. M. (2023). Urgensi Literasi Digital Bagi Anak Usia Dini Dan Orang Tua. Journal of Education and Teaching (JET), 4(1), 35–49.

Masrura, D., Setiyawan, A., & Bangun, K. (2024). Pengkajian Pengembangan BahasaAnak dengan Pendekatan Teori Vygotsky dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 9(2), 313–324.

Miyazaki, A. F. N., Buabara, H., Rahmi, A. N., Rusmayadi, R., & Herman, H. (2024). Tantangan dan Solusi dalam Menghadapi Era Digital: Pendidikan Anak di Zaman Teknologi. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(3), 127–135.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2).

Putri, A. D., & Suryana, D. (2022). Teori-Teori Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12486–12494.

Ridwan, M., Suhar, A. M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42–51.

Sambella, M., Hendrawan, A., & Hariyadi, R. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif dalam Menumbuhkan Minat Belajar Anak Usia Dini. Didaktik: Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 9(5), 406–413.

Saputra, W. A., & Fatkhurohman, I. (2023). Inovasi Digital untuk Membangun Keterampilan Bahasa pada Anak Usia Dini. Amerta Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(3), 14–20.

Sri Marmoah, J. I. S. P., & Suharno. (2024). The Quality Management of Education in Elementary Schools in Improving Teachers’ Digital Literacy in the Era of Online Learning. Pegem Journal of Education and Instruction, 14, 32–40.

Syarifuddin, S., Majid, A., & Hasyim, I. (2023). Studi Literasi Digital Melalui Pembelajaran Bahasa Pada LMS Kalam UMI. Jurnal Edukasi, 10(1), 18–32.

Ulfah, M. (2020). Digital Parenting: Bagaimana Orang Tua Melindungi Anak-anak dari Bahaya Digital? Edu Publisher.

Wahyudi, M., Arisanti, F., & Muttaqin, M. (2024). Pendekatan Holistik Dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Menyelaraskan Aspek Kognitif, Emosional dan Sosial. Journal Of Early Childhood Education Studies, 4(1), 33–72.

Diterbitkan

2025-09-25

Terbitan

Bagian

ARTIKEL
Loading...