INVESTIGASI MODEL MENTAL KONDUKSI KALOR SISWA SMA

Elsa Karolina Karo-Karo, Ika Mustika Sari, Irma Rahma Suwarma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi profil model mental konduksi kalor siswa SMA yang belum belajar kalor dan siswa SMA yang sudah belajar kalor. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Partisipan yang terlibat pada penelitian ini adalah siswa belum belajar materi kalor (Kelas X) 15 orang dan siswa sudah belajar materi kalor (Kelas XI) 15 orang dari salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bandung. Instrumen yang digunakan berupa protokol wawancara dari Chiou (2010) yang terdiri dari tiga tahapan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profil konsepsi konduksi kalor yang ilmiah dimiliki oleh 2 orang siswa yang sudah belajar kalor dan profil model mental konduksi kalor yang ilmiah ditemukan pada 2 orang siswa sudah belajar kalor. Hasil tersebut menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan model mental siswa yang belum belajar kalor dengan siswa yang sudah belajar kalor. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan model pembelajaran yang dapat memfasilitasi pembentukan model mental ilmiah.


Keywords


model mental, konsepsi konduksi kalor, analogi proses

References


Amalia, R., Sari, I. M., Sinaga, P. (2017). Students’ mental model on heat convection concept and its relation with students conception on heat and temperature. Journal of Physics, 1742-6596

Bohori,M,. & Liliawati, W. (2019). Analisis Penguasaan Konsep Siswa Menggunakan Rasch Model Pada Materi Usaha Dan Energi. Prosiding Seminar Nasional Fisika 5.0, (138-143)

Bonello, M. (2008). Six Grade Mental Models’ of Physical Education Concepts: A Framework Theory Perspectivez’. Disertasi. Doctor Phylosophy: University of Maryland.

Chiou, G. L., & Anderson, O. R. (2010). A study of undergraduate Physics Students' understanding of heat conduction based on mentall model theory and an model theory and an ontology process analysis. Science Education Journal, 825-854.

Fauzi, Dessy. (2017). Identifikasi Model Mental Siswa SMK pada Materi Konduksi Kalor. Skripsi. FPMIPA: Universitas Pendidikan Indonesia

Hamzah, K., Liliawati,W,. Samsudin, A.(2019). Identification of Misconception On Global Warming Material: Impact And Solution At Middle School. Journal Of Physics: Conference Series 1280

Jansoon, N. 2009 “Understanding Mental Models of Dillution in Thai Student’. International Journal of Environtmental & Science Education. 4(2), 147-168

Lin, J.W. and Chiu, M.H. (2007). Exploring the Characteristics and Diverse Sources of Students’ Mental Models of Acids and Bases. International Journal of Science Education.29 (6), 771-803

Mayub, A. (2005). E-Learning Fisika Berbasiskan Macromedia Flash MX. Graha Ilmu : Yogyakarta.

Norman, D, A, (1983), Some observations on mental models ed D A Gentner and A L Stevens Mental Models (Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum Associates) pp 6-14

Rahayu, S., & Purwanto, J. (2013). Identifikasi Model Mental Siswa SMA Kelas X pada Materi Hukum Newton tentang Gerak. Kaunia, 12-20

Sari, I. M., Ahmad, S. F., Amsor. (2019). Peningkatan Keterampilan Generik Sains Pada Materi Tata Surya Melalui Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Solar System Scope untuk Siswa SMP. Journal of Teaching and Learning Physics, 01-17

Sari, I. M., & D, S. (2015). Physics Student's Mental Model and Prediction in Heat Convection Concept. International Conference on Innovation in Engineering and Vocational Education , 224-227.

Sari, I. M., Fauzi, D., Malik, A., Saepuzaman, D., Ramalis, T dan Rusdiana, D. (2019). Pre-Service physics teachers' mental model of heat conduction: a case study of the process-analogy of heat conduction. Journal of Physics, 1742-6596.

Sari, I. M., Malik, A., Rusdian, D., & Ramalis, T. (2019). Pre-Service physics teachers' mental model of heat conduction: a case study of the process-analogy of heat conduction. Journal of Physics, 1742-6596.

Shalihah, Anaa., Mulhayayiah, Diah., Alatas, Fathiah. (2016). Identifikasi miskonsepsi menggunakan tes diagnostic three-tier pada hokum newton dan penerapannya. Journal of Teaching and Learning Physics, 24-33

Senge, Peter M. (1990). The Fifth Discipline: The Art and Practice of the Learning Organization. New York: Currency Doubleday

Supriyatman, Suhandi, A., Rusdiana, D., Samsudin, A., & Wibowo, F. (2018). Design of Experimental Problem Solving-Based Learning Program to Improve Mental Model to Enhance Mental-Modeling Ability. Jurnal Pendidikan Fisika, 73-82.

Wenning, C. J. (2008). Dealing more effectively with alternative conceptions in science. Journal Physics Technology Education Online, 11-1

Widhiarso, W. (2005). Mengestimasi Reliabilitas. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM




DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v6i1.10987

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Journal of Teaching and Learning Physics indexed by: