PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF


Raehan Raehan(1*), Kurniawan Arizona(2), Bahtiar Bahtiar(3)

(1) Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia
(2) Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia
(3) Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah. Sampel dalam penelitian adalah peserta didik kelas VIII MTs Ad-Diinul Qayyim dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas. Adapun materi yang digunakan adalah Tekanan Zat. Penelitian ini dilaksanakan pada semester kedua tahun pelajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan meliputi 1) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru; 2) lembar observasi aktivitas peserta didik; 3) instrumen tes penguasaan konsep dan instrumen tes keterampilan berpikir kreatif berupa soal essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan peguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif, dengan diproleh skor sebagai berikut: Untuk penguasaan konsep pada siklus I diperoleh 65.52% dan siklus II 89.65%. Sedangkan keterampilan berpikir kreatif  dengan menggunakan tes berupa soal essay diperoleh 37.93% dan siklus II 93%.


References


Anderson, L. W. & Krathwohl, D. R. 2010. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing a Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman, Inc.

Awal, Raudhah, & Sari, I. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah melalui Keterampilan Proses Sains terhadap Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Sistem Gerak Kelas XI IPA 2 T.A 2015/ 2016 SMA Nurul Falah Pekanbaru, Jurnal Pendidikan, 8 (1), 66-74.

Bukhori,I. & Ibrahim. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Matakuliah Ekologi Tumbuhan Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Malang 2014/2015. (Malang: Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana, 2015). hlm: 617-723.

Gusti. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Mind Map Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa SMK, Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 68-77.

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta

Muslim,I., Halim,A., & Safitri, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Konsep Elastisitas dan Hukum Hooke Di SMA Negeri Unggul Harapan Persada, Jurnal Pendidikan Sains Indonesi, 3 (2), 38.

Shinta, Ahmad, & Gunawan. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kreativitas Fisika Siswa SMAN 2 Mataram, Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, II (3), 123-128.

Siska, Halim, A., dan Nasrullah. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Konsep Usaha dan Energi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa SMA, Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3 (1), 207-217.




DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v5i1.5755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Journal of Teaching and Learning Physics indexed by: