Estimasi Parameter Distribusi Eksponensial yang Dipangkatkan dan Distribusi Campuran Eksponensial untuk Data Masa Hidup


Imas Sukarsih(1*), Asep Solih Awalluddin(2), Elis Ratna Wulan(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tulisan ini membahas tentang estimasi parameter distribusi eksponensial yang dipangkatkan dan distribusi campuran eksponensial. Distribusi eksponensial yang dipangkatkan merupakan perluasan dari distribusi eksponensial standar yang fungsinya diambil dari fungsi distribusi kumulatif yang kemudian dipangkatkan. Distribusi lainnya adalah distribusi campuran eksponensial, distribusi campuran eksponensial merupakan kombinasi linier dari dua atau lebih distribusi eksponensial standar yang bobot dan parameternya berbeda. Estimasi parameter dari distribusi eksponensial yang dipangkatkan dan distribusi campuran eksponensial secara analitis diturunkan melalui metode maksimum likelihood, sehingga diperoleh hasil estimasi untuk masing-masing parameter kedua distribusi tersebut. Estimasi distribusi eksponensial yang dipangkatkan pada data masa hidup pendingin pesawat dilakukan dengan menggunakan metode Newton Raphson. Dari hasil estimasi tersebut selanjutnya dilakukan analisis keandalan untuk data masa hidup.

Keywords


Distribusi Eksponensial yang Dipangkatkan, Distribusi Campuran Eksponensial, Estimasi Maksimum Likelihood, Reliabilitas, Metode Newton raphson

References


Al-Husaini, Assam K., dan Mohamed Hussein, Estimation under a finite mixture of exponentiated exponential components model and balanced square error loss, Journal of Statistics, 28-38, 2012.

Guptu, Rameshwar D., Kundu Debasis, Closeness of gamma and generalized exponential distribution, Comm. Statist.- Theory Methods, 705-721, 1999

Kencana, Ami Garmi, Estimasi Parameter Distribusi Weibull yang Diperluas untuk Data Masa Hidup, Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung: 2012.

Kundu dan Gupta, Exponentiated Exponential Family : An Alternative To Gamma and Weibull Distribution, Biometrical Journal, 117-130, 2001

repositori.use.ad.id/bitstream/123456789/27694/4/chapter%20I (Diakses pada tanggal 9 mei 2012, pukul 08:12)

Saifudin, Toha, Pendekatan Terbaikdiantaradistribusipareto, paretotergeneralisirdanmixture paretodalampemodelanreliabilitas,Jurnal Ilmu Dasar, 7(2) : 146-154, 2006.

Santiyasa, I Wayan, Algoritma Newton Raphson dengan fungsi non linear, Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana.

http://ejournal.unud.ac.id/abstrak/2.%20materi%20jurnal.pdf (Diakses pada tanggal 10 November 2012, pukul 01:28)

Solih, A. Asep Estimasi Parameter Distribusi Campuran Weibull Berhingga dengan Algoritma EM, Tesis, Program Studi Matematika, ITB, Bandung: 2006.

Walpole, Ronald E. dan Raymond H.Myers, Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insyinyur dan Ilmuwanedisi 4, Terjemah, Penerbit ITB, Bandung: 1995.




DOI: https://doi.org/10.15575/kubik.v1i1.320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Imas Sukarsih, Asep Solih Awalluddin, Elis Ratna Wulan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal KUBIK: Jurnal Publikasi Ilmiah Matematika has indexed by:

SINTA DOAJ Dimensions Google Scholar Garuda Moraref DOI Crossref

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.