Penerapan Dragonfly Optimization Algorithm (DOA) untuk Menyelesaikan Fixed Charge Transportation Problem (FCTP)


Ai Nuri Siti Paojiyah(1*), Aliffia Putri Az'zahra(2), Viananda Farisqa Aulia(3), Elis Ratna Wulan(4)

(1) Sunan Gunung Djati State Islamic University, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(4) UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Transportasi berperan penting dalam kegiatan sehari-hari terutama di dunia industri modern untuk
pendistribusian barang atau jasa. Faktor yang mempengaruhi transportasi adalah biaya transportasi,
salah satunya biaya tetap. Artikel ini menyelesaikan masalah transportasi biaya tetap atau Fixed
Charge Transportation Problem (FCTP) dengan mengimplementasikan Dragonfly Optimization
Algorithm (DOA) atau algoritma capung. Metode algoritma capung terinspirasi oleh kecerdasan atau
perilaku hidup capung dalam mengetahui jalur optimal untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Tujuan dari artikel ini adalah untuk menganalisis tahapan-tahapan pengerjaan algoritma capung
berdasarkan masalah transportasi biaya tetap agar dapat meminimalkan biaya transportasi dalam
pendistribusian barang. Penelitian dengan menggunakan systematic literature review menghasilkan
langkah-langkah algoritma capung untuk FCTP adalah inisialisasi, evaluasi kebugaran populasi awal,
menentukan jumlah iterasi maksimum, distribusi solusi ke lingkungan sekitar, menentukan sumber
makanan dan musuhnya, solusi terbaik di setiap lingkungan, menjalankan operasi algoritma capung,
ulangi hingga jumlah iterasi maksimum terpenuhi, dan kembali ke rencana transportasi optimal.

Keywords


Algoritma Capung, Biaya Tetap, Fixed Charge Transportation Problem (FCTP)

References


I. E. Amrani, A. L. El Idrissi, A. Bahri, and A. El Allaoui, “A dragonfly algorithm for solving the Fixed Charge Transportation Problem FCTP,” Data Metadata, vol. 3, 2024, doi: 10.56294/dm2024218.

F. Muhtarulloh, E. W. Mardiah, A. F. Huda, and D. Zulkarnaen, “Penyelesaian Masalah Transportasi dengan Degenerasi dan Siklus Berulang Menggunakan Minimum Demand Method dan Maximum Difference Extreme Difference Method,” KUBIK J. Publ. Ilm. Mat., vol. 8, no. 1, pp. 35–43, 2023.

T. Wahyuni, Penerapan Metode Branching Dalam Masalah Transportasi Untuk Meminimalkan Biaya Agar Persediaan Optimal (Studi Kasus Pt. Xyz). 2018.

E. Safitri, S. Basriati, and H. Najmi, “Penerapan Metode Branch and Bound dalam Optimalisasi Produk Mebel (Studi kasus: Toko Mebel di Jalan Marsan, Panam),” KUBIK J. Publ. Ilm. Mat., vol. 5, no. 1, pp. 43–53, 2020.

F. Hanesti, W. Syafmen, and S. Rozi, “The Optimization Problem of Batik Cloth Production with Fuzzy Multi-Objective Linear Programming and Application of Branch and Bound Method,” KUBIK J. Publ. Ilm. Mat., vol. 7, no. 1, pp. 19–30, 2022.

M. Q. Ramadhansyah and T. T. Dimyati, “Penerapan Algoritma Siregar Dalam Penyelesaian Relaxed Fixed Charge Transportation Problem (RFCTP),” 2019, Universitas Pasundan.

N. Kartli, E. Bostanci, and M. S. Guzel, “A new algorithm for optimal solution of fixed charge transportation problem,” Kybernetika, vol. 59, no. 1, pp. 45–63, 2023.

Y. Sheng and K. Yao, “Fixed charge transportation problem and its uncertain programming model,” Ind. Eng. Manag. Syst., vol. 11, no. 2, pp. 183–187, 2012.

U. Habiba, A. Quddoos, and Masihuddin, “On Solving Fixed Charge Transportation Problems Having Interval Valued Parameters,” pp. 1–9, 2023.

D. L. S. Kamais, “Analisis Biaya Dan Pendapatan Usahatani Jagung Di Desa Bebuak Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah,” vol. 1, no. 1, pp. 48–57, 2023.

D. Rani, “Solving non-linear fixed-charge transportation problems using nature inspired non-linear particle swarm optimization algorithm,” Appl. Soft Comput., vol. 146, p. 110699, 2023.

F. Xie and R. Jia, “A heuristic algorithm for solving fixed-charge transportation problem,” in 2009 WRI World Congress on Computer Science and Information Engineering, IEEE, 2009, pp. 574–580.

S. Santoso and R. M. Heryanto, “Analisis Performansi Metode Heuristik untuk Masalah Distribusi Rantai Pasokan Dua Tahap dengan Biaya Tetap,” Performa Media Ilm. Tek. Ind., vol. 21, no. 2, p. 200, 2022, doi: 10.20961/performa.21.2.58274.

B. S. WIBOWO, S. HANDOKO, and H. HERMAWAN, “Optimasi Ekonomi dan Emisi Pembangkit Listrik di Kalimantan menggunakan Dragonfly Algorithm,” ELKOMIKA J. Tek. Energi Elektr. Tek. Telekomun. Tek. Elektron., vol. 9, no. 3, p. 619, 2021, doi: 10.26760/elkomika.v9i3.619.

L. Febriana Nilasari, K. Agung Santoso, and A. Riski Jurusan Matematika, “Penerapan Dragonfly Optimization Algorithm (DOA) Pada Permasalahan Multiple Constraints Bounded Knapsack (Studi Kasus: Kerajinan Bambu Hitam Desa Pujerbaru Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso) (Application of Dragonfly Optimization Algorithm (DOA) in Multiple Constraints Bounded Knapsack Problems (Case Study: Black Bamboo Crafts Pujerbaru Village Maesan District Bondowoso Regency)),” Maj. Ilm. Mat. dan Stat., vol. 19, no. 1, pp. 39–52, 2019.

B. S. Wibowo, “Penjadwalan Ekonomis dan Emisi Pembangkit Listrik Hidro dan Termal dalam Sistem 150 KV di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah menggunakan Algoritma Dragonfly,” Electrician, vol. 15, no. 2, pp. 100–106, 2021, doi: 10.23960/elc.v15n2.2172.

D. Hendardi et al., “Dragonfly algorithm in 2020: Review,” Commun. Math. Biol. Neurosci., vol. 2021, pp. 1–21, 2021, doi: 10.28919/cmbn/5767.

L. F. Nilasari, K. A. Santoso, and A. Riski, Penerapan Dragonfly Optimization Algorithm (Doa) Pada Permasalahan Multiple Constraints Bounded Knapsack, vol. 19, no. 1. 2019. doi: 10.19184/mims.v19i1.17264.




DOI: https://doi.org/10.15575/kubik.v9i2.35962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ai Nuri Siti Paojiyah, Aliffia Putri Az'zahra, Viananda Farisqa Aulia, Elis Ratna Wulan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal KUBIK: Jurnal Publikasi Ilmiah Matematika has indexed by:

SINTA DOAJ Dimensions Google Scholar Garuda Moraref DOI Crossref

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.