KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP KPR SYARIAH
DOI:
https://doi.org/10.15575/likuid.v1i1.12725Abstract
Dengan kemunculan Lembaga Keuangan Syariah (LKS), seperti perbankan syariah, membeÂrikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang berbasis syariah. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai tingkat kesadaran masyarakat terhadap perumahan syariah di Indonesia. Metode yang digunakan adalah melakukan kajian sejumlah literatur dan pengumpulan data sekunder dari berbagai sumber khususnya hasil riset komunitas Developer Properti Syariah (DPS) pada tahun 2018. Ternyata developer-developer properti syariah, yang mengusung skema perbankan tanpa bunga, tanpa denda, tanpa sita, tanpa pinalti, tanpa BI checking, dan tanpa akad bathil, mampu mendongkrak animo masyarakat untuk memilih perumahan yang menggunakan kaidah-kaidah syariah. Hasil penelitan menyimpulkan bahwa kesadaran masyarakat terhadap Kredit Pemilikan Rumah (KPR) syariah cukup tinggi, yaitu 64,6 pensen.
References
Abdullah, Saeed (1996) Islamic Banking and Interest, A Study of Prohibition of Riba and its Contemporary Interpretation (Leiden: E.J. Brill, 1996)
Abhimantra, Ananggadipa, dkk. (2013). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nasabah (Mahasiswa) dalam memilih Menabung pada Bank Syariah, Jurnal Procesding PESAT, ISSN 1858- 2559, Jurusan Akuntasnsi, Universitas Gunadarma
Ahktar, Naeem, Dkk. (2016). Faktors Influencing the Perception on Customers in Islamic Bank: A Case Study in Pakistan, Jurnal International Management and Business Research, ISSN 2306- 9007, University of Okara (Punjab) Pakistan
Cahyani. A. F. (2013). Pengaruh Persepsi Bunga Bank dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Menabung pada Bank BNI Syariah di Kota Semarang, Jurnal social and politik, Jurusan Administrasi Bisnis, Universitas di Ponegoro
Ghozali, Imam. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Imaniati, Neni sri (2010). Pengantar Hukum Perbankan Indonesia, Penerbit PT. Refika Aditama, Jl. Mengger Girang No. 98, Bandung
Kamarni, Neng (2012) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat dalam berhubugan dengan bank syarian di Kota Padang, Jurnal. Manajemen dan kewirausahaan, Volume 3, Nomor 1, ISSN: 2086- 5031, Universitas Andalas, Padang
Lovenia, Christiana Okky. A (2012) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah, Skripsi Program sarjana, Universitas Diponegoro.
Muhammad (2005). Manajemen Pembiayaan Bank Syariah. Yogyakarta. UPP AMP YKPN
Oentoro, D. 2012, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kesembilan, Jilid 1 dan jilid 2, Jakarta, Prehalindo, Penerbit LaksBang PRESSindo, Yogyakarta. QS.
Rahmawanty, A (2014). Pengaruh Persepsi Tentan Bank Syariah Terhadap Minat Mengunakan Produk di Bank BNI Syariah Semarang, Vol. 8. Stain Kudus Jawa Tengah
Schiffman,Leon G dan Kanuk, Lesley L, (2007), Panduan Riset Perilaku Konsumen, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Sholihin, Ahmad Ifham. (2010). Buku Pintar Ekonomi Syariah: Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Cv. Alfabeta: Bandung
Sunyoto, Danang (2014). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Jakarta, CAP (Center for Academic Publishing Service)
Yamin, Regina (2009) Persepsi Nilai, Persepsi kualitas, dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Astra International Daihatsu di Manado, Jurnal Ekonomi dan Bisnis,Universitas Sam Ratulangi Manado.
Yuniarti, Vinna, Sri (2015). Perilaku Konsumen Teori dan Praktik, Penerbit Pustaka Setia, Bandung





