Strategi Peningkatan Pelayanan Terhadap Jamaah Haji Dan Umrah
DOI:
https://doi.org/10.15575/mjhu.v1i2.26452Keywords:
Strategi, Pelayanan, Haji, UmrahAbstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui strategi peningkatan pelayanan terhadap jamaah haji dan umrah di PT. Cahaya Raudhah serta untuk mengetahui dampak dari strategi yang telah diberikan untuk meningkatkan pelayanan pada jamaah haji dan umrah di PT. Cahaya Raudhah. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dan tekhnik penelitiann yang digunakan dengan mengumpulkan data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi serta menganalisis dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa strategi yang diterapkan PT. Cahaya Raudhah untuk meningkatkan pelayanan pada jamaah haji dan umrah yaitu dengan memberikan perlengkapan yang lengkap, staf yang professional dan pembimbing bersertifikat nasional, memberikan layanan informasi, bekerja sama dengan mitra usaha yang telah diberikan sudah baik. Dampak yang diterima oleh PT. Cahaya Raudhah dari jamaah terkait pelayanan ibadah haji dan umrah yaitu meningkatnya kepercayaan serta menambahnya jumlah jamaah yang mendaftar.
References
Thib Raya Ahmad, Siti Musdah Mulia. 2003. Menyelami seluk beluk ibadah dalam islam. Jakarta: Prenada Media.
ArifNurawi. 2008.MenujuPelayananPrimaHajiBerbasisSMMISO9001Dinamika Perspektif Haji di Indonesia. Jakarta: Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umrah.
Kamil, Taufik. 2002. BPIH dari tahun ketahun, faktual aktual atau komersil. Kasmir. 2006. Etika Customer Service. Jakarta: Rajawali.
Kastini, Abdul Aziz. 2007. Ibadah Haji dalam Sorotan Publik. Jakarta: Puslitbang. Saladin, Djasli. 2011. Manajemen Strategik. Bandung: Agung Ilmu.
Sinambela, Lijan Poltaj. 2010. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: PT Bumi Aksara. Supratikno Hendrawan. 2005. Advanced Strategic Management. Jakarta: PT Gramedia
Pustaka Umum.
Wahyu, Dorothe. 2003. Manajemen Kualitas Pendekatan Sisi Kualitatif. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish articles in Mabrur: Journal of Hajj and Umra agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).



