Kampanye Public Relations Tentang Sadar Lalu Lintas Usia Dini (SALUD) Dinas Perhubungan Kota Bandung

Authors

  • Widi Ayuni Maulidia
  • Widi Ayuni Maulidia
  • Dyah Rahmi Astuti UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/reputation.v9i1.37569

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk untuk mengetahui bagaimana pihak Dinas Perhubungan Kota Bandung dalam melakukan kegiatan kampanye public relations dengan merujuk pada model kampanye Ostegaard melalui tiga tahapan, yaitu identifikasi masalah, pengelolaan yang ada didalamnya meliputi proses perencanaan serta pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan model Kampanye Leon Ostergaard dengan pendekatan paradigma konstruktivisme. Metode yang digunakan adalah studi kasus untuk menggambarkan secara rinci dan mengumpulkan data valid tentang kegiatan kampanye public relations Sadar Lalu Lintas Usia Dini (SALUD). Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dinas Perhubungan Kota Bandung telah menjalankan kampanye public relations program Sadar Lalu Lintas Usia Dini (SALUD) melalui tiga tahapan 1) identifikasi masalah, 2) tahap pengelolaan kampanye, 3) tahap evaluasi yang dilakukan yakni evaluasi internal dan evaluasi gabungan. Kata Kunci : Kampanye Public relations ; Sadar Lalu Lintas; Angka Kecelakaan ABSTRACT This study aims to find out how the Bandung City Transportation Agency conducts public relations campaign activities by referring to the Ostegaard campaign model through three stages, namely problem identification, management in it including the planning process and implementation and evaluation. This study uses the Leon Ostergaard Campaign model with a constructivism paradigm approach. The method used is a case study to describe in detail and collect valid data about the public relations campaign activities of Early Age Traffic Awareness (SALUD). Data collection techniques include in-depth interviews and observations. The results of the study show that the Bandung City Transportation Agency has carried out a public relations campaign for the Early Age Traffic Awareness program (SALUD) through three stages: 1) problem identification, 2) campaign management stage, 3) evaluation stage, namely internal evaluation and joint evaluation Keywords : Public relations Campaign ; Traffic Awareness ; Accident Rate.

References

DAFTAR PUSTAKA

Alfajri, Muhamad Fikri, Adhiazni, Viranda, & Aini, Qurrotul (2019). Pemanfaatan Social Media Analytics Pada Instagram Dalam Peningkatan Efektivitas Pemasaran. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi.

Astuti D. R., Ma’arif A. A., Fuad, A dan Paryati (2020) Analisa Pengelolaan Kampanye Public relations tentang Pencegahan Covid-19 di Indonesia. Reputation : Jurnal Hubungan Masyarakat

Astuti, D.R., Ma‟arif, A.A., Fuad, A & Paryati. (2020). Analisa Pengelolaan Kampanye Public relations Tentang Pencegahan Covid 19 di Indonesia. Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat.

Avrianti, Lerian (2023). Kampanye Public relations dalam Sosialiasi program Mobil Aspirasi Kampung Juara. UIN Sunang Gunung Djati Bandung

Basbeth, Ferryal. (2020). Artikel Stunting di Indonesia dan Kemiskinan. ResearchGate

Batubara J. (2017). Paradigma Penelitian Kualitatif dan Filsadat Ilmu Pengetahuan dalam Konseling, Jurnal Fokus Konseling, Vol 3, No. 2

Bungin, Burhan. (2006). Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana

Chafilaudina P. S., Soegirto A. (2021). Perencanaan Strategis Program Kampanye Public Relayions Narasi Tv Melalui Hastag #Jadipaham, Coverage Journal of Strategic Communication Vol. 12, No. 1, Hal. 40

Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Cutlip, S., Center, S., & Broom, G. (2011). Effective Public relations. Jakarta: Prenada Media.

Cutlip, Scott M. Center., Allen H. dan Glenn M. Broom. (2011). Effective Public relations Edisi Kesembilan. Cet. Ke 4. Jakarta: Prenada Media Group

Duku Sumaina (2011), Mengenal Kampanye Komunikasi, No 23 187-188

Fadli R, M., (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif, Jurnal Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum Vol. 21 No.1

Fariastuti Ida dan Pasaribu Mukka (2020), Kampanye Public Relatuons #Medialawancovid19 dimedia massa, Jurnal Pustaka Komunikasi, Volume 3, No.2 September 2020

Fariastuti, Ida, & Pasaribu, Mukka. (2020). Kampanye Public Relations

Fitri N, A., (2023) Kampanye Public relations Sebagai Upaya Meningkatkan Awareness Moderasi Beragama, Jurnal Ilmu Dakwah Vol. 22, No. 1, Hal 35

Hamid, Sohana Abdul (2016). Pengaruh Media Massa Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat. Journal of Social Sciences and Humanities.

Heryanto, Gun gun, & Farida, Ade Rina. (2011). Komunikasi Politik. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah

Ica, Madya A. (2022). Kampanye Public relations dalam meningkatkan Literasi Baca Melalui Aplikasi Candil DISPUSIPDA Jawa Barat. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Idrus, L. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Immanuel, Joel, & Natalia, El Chris. (2021). Strategi Kampanye Alzheimer Indonesia #janganmaklumdenganpikun dalam membangun kesadaran akan isu demensia. Profesi Humas

Ismail (2019). Pentingnya Sosialisasi Bagi Anak (Studi Kajian Sosiologi Pendidikan), Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama Vol 2, No 1

Jeffkins, F. (2003). Public relations Edisi Kelima. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Khoerunnisa, Abidin, Ma'arif (2018). Aktivitas Kampanye Public relations dalam Mensosialisasikan Internet Sehat dan Aman

Lubis, Muya Syaroh Iwanda (2020). Komunikasi Antarpribadi Guru dan Siswa Dalam Mencegah Kenakalan Remaja. Jurnal Network Media.

Marchella A, A., Gartanti T, W., (2022). Kampanye Public relations Aksi Cepat Tanggap Cabang Bandung pada Program Warteg Keliling, Jurnal public relations Vol.2 No.2 Hal 1

Moleong, Lexy, (2007). Metode Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya Bandung.

Muslim (2016). Varian-Varian Paradigma, Pendekatan, Metode dan Jenis Penelitian dalam Ilmu Komunikasi, Jurnal Wahana, Vol. 1. Hal 78

Muslim. (2016). Varian Varian Paradigma, Pendekatan, Metode, dan Jenis Penelitian Dalam Ilmu Komunikasi. Wahana. Universitas Pakuan.

Nabila D, Nugraha R. Aat, (2023). Pengelolan Kampanye Public relations “Diet†Kendaraan Pribadi Oleh Dinas Perhubungan Jawa Barat, Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 06 No 02 Hal 194

Nurahadiyatika, Faraiesa, Atmaka, Dominikus R, & Imani Aghnia Ilmi (2018) Peningkatan Ketahanan Pangan dan Pengentasan Status Kemiskinan dalam Konvergensi Penurunan Angka Stunting. Media Gizi Nasional

Ohan (2023). Kampanye Public relations Program Boseh sebagai upaya Meningkatkan Minat Masyarakat dalam Menggunakan Transportasi Ramah Lingkungan. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Prayogi, M. Husin. (2020). Kampanye Public relations Program “ Bandung Tanginas†Untuk menekan angka Stunting di Kota Bandung: Studi di Dinas Kesehatan Kota Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Raco, Dr. J.R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.

Saifulloh. M, & Lazuardi. M, F. (2021). Manajemen Kampanye Public relations Dalam Sosialisasi Program Tanggap Covid 19. Jurnal Pustaka Komunikasi.

Sugiyono, (2006). Statistika Untuk Penelitian, CV. Alfabeta, Bandung.

Virliani, Hana. (2023). Kampanye Public relations “ JABAR CEKAS†Sebagai upaya pencegahan tindak kekerasan pada anak dan perempuan: Studi Kasus pada DP3AKB Provinsi Jawa Barat. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Maulidia, W. A., Maulidia, W. A., & Astuti, D. R. (2024). Kampanye Public Relations Tentang Sadar Lalu Lintas Usia Dini (SALUD) Dinas Perhubungan Kota Bandung. Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat, 9(1), 21–38. https://doi.org/10.15575/reputation.v9i1.37569

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>