Ansyithah Al-Thalabah fī Istī’āb Al-Mufradāt wa Al-Muhādlarah wa ‘Alāqatuhā Biqudratihim ‘Alā Al-Muhādatsah Al-‘Arabiyyah


Insan Permana(1*), Rohanda Rohanda(2), Ateng Ruhendi(3)

(1) MTs Plus Darul Hufadz, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas  aktifitas siswa dalam pembelajran Isti’abul Mufradat, untuk mengetahui hubungan aktifitas siswa dalam pembelajaran Muhadhoroh, untuk mengetahui realitas kemapuan siswa dalam berbicara bahasa arab, untuk mengetahui hubungan  aktifitas siswa dalam pembelajaran kosaksata, dan untuk mengetahui hubungan aktifitas siswa dalam pembelajaran Muhadhoroh. Adapun metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan menggunakan tehnik pengumpulan data seperti observasi, interview, angket, tes, dan data kuantitatif dengan penelitian secara varsial dan penelitian tentang hubungan. Adapun hasil penelitiannya ialah bahwa aktifitas siswa dalam pembelajran Isti’abul Mufradat dan muhadhoroh pada drajat tinggi ini berdasarkan pada nilai rata-rata yang didapatkan skitar 3,52 yaitu terletak antara rentang 3,5 – 4,5. dan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa arab menunjukan tinggi sekali, ini berdasarkan nilai yang didapat sekitar 83,63 yaitu terletak diantar rentang 80-100. adapun hubungan antara keduanya menunjukan hubungan yang kuat. berdasarkan pada hasil hubungan yang didapat skitar 0,74 yaitu terletak diantara 0,61-0,80. Adapun hubungan antara aktfitas siswa dalam Isti’abul Mufradat dan Muhadhoroh  dengan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa arab sekitar 33%  tentunya terdapat faktor faktor lain yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam berbahasa arab skitar 67% seperti kurikulum pembelajaran metode pembelajaran dan teknik yang digunakan.


Full Text:

PDF

References


Abdul Wahab, M. (2016). Standarisasi Kurikulum Pendidikan Bahasa Arab Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 3(1), 32–51. https://doi.org/10.15408/a.v3i1.3187

Aflisia, N., & Hazuar, H. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Pendekatan Komunikatif. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 4(1), 111–130. https://doi.org/10.29240/jba.v4i1.1380

Al-Anshori, A. M., Muna, A. C., & Sutaman, S. (2022). Tanfīdz Kitāb “Arabiyyah Baina Yadaik” li Tarqiyyati Nataāij Ta’allum Tullāb fī Ta’lim Muhādasah bi Ma’had Dārul Ukhuwwah Malang. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 6(1), 36–51. https://doi.org/10.15575/jpba.v6i1.17812

Albantani, A. M. (2018). Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah: Sebuah Ide Terobosan. Attadib: Journal of Elementary Education, 2(2), 160–173. https://doi.org/10.32507/attadib.v2i2.417

Ali, Q. M. S., Halimah, F. N., & Maryani, N. (2022). Istikhdām Wasīlah Tadwīr Al-Kurrah Fi Ta’līm Al-Mufradāt Al-‘Arabiyyah Wa Atsaruhu Fī Qudrah Al-Talāmīdz ‘Alā Al-Hiwār Al-‘Arabi. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 6(1), 1–18. https://doi.org/10.15575/jpba.v6i1.16351

Alkayisy, M. I., Muslihin, M., Rohman, A. F., & Faroh, N. (2022). Fa’āliyyah Istikhdām Youtube Fī Ta’līm Al Lughah Al ‘Arabiyyah Li Tarqiyah Mahārah Al Kalām Lada Al Thullāb Bi Al Madrasah Al Tsānawiyyah Al Islāmiyyah Al Hukūmiyyah Al Ūla Bāthī. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 6(2), 183–203. https://doi.org/10.15575/jpba.v6i2.20311

Amirudin, N. (2017). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, 7(2), 1–12. http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.66

Ardiansyah, A. A., Kosim, N., & Hermawan, A. (2022). The Use of Animated Videos in Increasing the Arabic Learning Interest. Al-Ta’rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 10(1), 35–50.

Durtam, D. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Upaya Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Berbasis Tema Pada Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 98–114. https://doi.org/10.24235/awlady.v8i1.9773

Hanani, N. (2022). Model Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Salaf Kediri Dan Kontribusinya Terhadap Kemampuan Membaca Teks Berbahasa Arab Bagi Santri. Realita : Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam, 13(1), 81–96. https://doi.org/10.30762/realita.v13i1.54

Hanun, A. (2019). Ilqo’; Strategi Peningkatan Keterampilan Berbicara Di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah. Studi Arab, 9(2), 237–248. https://doi.org/10.35891/sa.v9i2.1303

Hasan, A. A. (2020). Arabic Language Learning Curriculum Islamic Boarding School System. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 4(2), 138–152. https://doi.org/10.15575/jpba.v4i2.9985

Hermawan, A. (2018). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (Edisi Revisi). Remaja Rosdakarya.

Khairunnisa Dira, K. (2020). Pengaruh Aktivitas Muhadharah terhadap Nilai Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa di MTsN 31 Jakarta [Tesis]. Universitas Negeri Jakarta.

Masyruh, M. (2021). Pengaruh Penguasaan Mufrodat Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs Ar-Sodyidin Madusari Kecamatan Secang Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2009/2010. [Skripsi]. IAIN Walisongo.

Musthafa, I., & Hermawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Bahasa Arab: Konsep Dasar Strategi Metode Teknik. Remaja Rosdakarya.

Nasir Pambudi, M. (2015). Korelasi Penguasaan Mufrodat terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Roudlotul Mubtadiien Mungkid Magelang Tahun Ajaran 2014/2015. [Tesis]. UIN Sunan Kalijaga.

Rachmawati, M., Nugrahaeni, F., & Mauludiyah, L. (2020). Improving Arabic Speaking Skill through Mind Mapping Strategy. Izdihar : Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 3(1), 31–44. https://doi.org/10.22219/jiz.v3i1.10967

Sa’adah, H., Nurhadi, N., Hilmi, D., & Ni’mah, L. (2022). Indonesian Arabic Teachers Must Be Solutive In The Era Of Society 5.0. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 6(2), 155–168. https://doi.org/10.15575/jpba.v6i2.20236

Sanah, S., Odang, O., & Lutfiyani, Y. (2022). Model Pengembangan Keterampilan Berbahasa Arab di Pesantren. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 6(2), 271–293. https://doi.org/10.15575/jpba.v6i2.20164




DOI: https://doi.org/10.15575/ta.v2i1.24402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.