Isolasi dan Karakterisasi Enzim Amilase dari Biji Nangka (Artocarpus heterophillus)


Nita Puspita Tazkiah(1), Tina Dewi Rosahdi(2*), Asep Supriadin(3)

(1) Jurusan Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Jurusan Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) Jurusan Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Amilase merupakan enzim perombak pati yang dibutuhkan oleh tubuh. Amilase dapat diisolasi dari berbagai tumbuhan, misalnya biji-bijian. Pada penelitian ini amilase diisolasi dari biji nangka, karena biji nangka tidak banyak dikonsumsi sehingga menjadi limbah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkarakterisasi amilase dari biji nangka. Amilase diekstraksi dengan buffer fosfat 50 mM pada pH 7,5. Amilase difraksinasi dengan metode salting out dengan ammonium sulfat (NH4)2SO4, kemudian didialisis dengan buffer fosfat. Aktivitas amilase dari biji nangka  ditentukan dengan menggunakan metode Fuwa dan konsentrasi protein diukur dengan metode Bradford. Aktivitas spesifik yang paling tinggi diperoleh pada tingkat kejenuhan 50% dengan aktifitas spesifik 2,12 U/mg.  pH optimum amilase berada padapH 6, dengan aktivitas spesifik sebesar 2,52 Unit/mg, sedangkan suhu optimumnnya berada di suhu 50 ºC dengan aktivitas spesifik 2,52 Unit/mg.


Keywords


Biokimia; Kimia Organik

Full Text:

PDF

References


Dessy Christina Sianturi, "Isolasi Bakteri dan Uji aktivitas Amilase Termofil Kasar dari Sumber Air Panas Penen Sibrubiru Sumatera Utara," Universitas Sumatera Utara, Medan, Tesis 2008.

Prasanna V Aiyer, "Amylases and Their Application," African Journal of Biotechnology, vol. 4, no. 13, pp. 1525-1529, Desember 2005.

Anna Poedjiadi and Titin Supriyanti, Dasar-Dasar Biokimia. Jakarta, Indonesia: UI-Press, 2006.

P M Gaman and K B Sherrington, Ilmu Pangan: Pengantar Ilmu Pangan, Nutrisi, dan Mikrobiologi, R B Kasmidjo, Ed. Yogyakarta, Indonesia: UGM-Press, 1992.

Aflukwa C A, Ibiam U A, Edeogu C O, Nweke F N, and Chukwu U E, "Determination of Amylase Activity of Crude Extract From Partially Germinated Mango Seeds (Mangifera oraphila)," African Journal of Biotechnology, vol. 8, no. 14, pp. 3294-3296, July 2009.

Zeily Nurachman, Alfredo Kono, Ocky Karna Radjasa, and Dessy Natalia, "Identification a Novel Raw-Starch-Degrading-a-Amylase from a Tropical Marine bacterium," American Journal of Biochemistry and Biotechnology, vol. 6, no. 4, pp. 300-306, 2010.

Khairul Anam, "Pengukuran Kadar Protein dengan Fraksinasi Amilase dengan Metode Bradford," Institut Pertanian Bogor, Bogor, 2010.

Mufti Mutia, Seniwati Dali, Rugaiyah Arfah, and Firdaus Zenta, "Isolasi dan Karakteristik Enzim Amilase dari Akar Rimpang Alang-Alang (Imperata cylindrica)," 2013.

Rani Gupta, Paresh Gigras, Harapriya Mohapatra, Vineet Kumar Goswami, and Bhavna Chauhan, "Microbial α-Amylases: A Biotechnological Perspective," Process Biochemistry, pp. 1-18, 2003.

Scopes , Protein purification. New York: Spinger Verlag, 1982.

Lehninger , Dasar-Dasar Biokimia. Jakarta, Indonesia: Erlangga, 2008.

R J Fessenden and J S Fessenden, Kimia Organik Jilid 1, 3rd ed. Jakarta, Indonesia: Erlangga, 1994.

M N Shahib, Biologi Molekuler Jilid 1. Bandung: Fakultas Kedokteran UNPAD, 2005.

S R Iswari and A Yuniastuti, Biokimia. Yogyakarta, Indonesia: Graha Ilmu, 2006.




DOI: https://doi.org/10.15575/ak.v4i1.5079

Copyright (c) 2019 Nita Puspita Tazkiah, Tina Dewi Rosahdi, Asep Supriadin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CrossrefSINTAGoogle ScholarIndonesia One Search

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.