Potensi Pemanfaatan Arang Tulang Ayam sebagai Adsorben Logam Berat Cu dan Cd

Vina Amalia, Fatimah Layyinah, Farida Zahara, Eko Prabowo Hadisantoso

Abstract


Komposisi tulang utamanya mengandung kira-kira 85% mineral adalah kalsium fosfat, 14% kalsium karbonat dan 1% magnesium.Oleh karena itu, serbuk tulang ayam memiliki potensi sebagai adsorben untuk menyerap ion logam berat di lingkungan perariran. Diantara logam berat yang berbahaya bagi lingkungan adalah Cu dan Cd, yang dihasilkan dari proses industri. Pada penelitian ini dipelajari kemampuan arang aktif dari limbah tulang ayam sebagai material penyerap ion logam tembaga dan kadmium. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penyerapan logam tembaga oleh arang aktif dipelajari dengan melakukan variasi waktu kontak, konsentrasi larutan dan variasi ukuran partikel dari arang aktif. Konsentrasi tembaga ditentukan dengan menggunakan metode spektrofotometri serapan atom (SSA). Dan karakteristik dari arang tulang ayam yang dihasilkan dilakukan dengan FTIR dan SEM. Penelitian ini memberikan hasil bahwa efisiensi adsorpsi arang aktif tulang ayam terhadap ion logam tembaga dan kadmium meningkat dengan mengingkatnya waktu kontak dan ukuran partikel dan menurun dengan penigkatan konsentrasi. Kapasitas adsorpsi arang aktif tulang ayam terhadap ion logam tembaga dan kadmium meningkat dengan meningkatnya konsentrasi awal ion logam cadmium, waktu kontak dan ukuran partikel.


Keywords


Kimia Analitik; Kimia Anorganik

Full Text:

PDF

References


Anis S and Gusrizal , "Pengaruh pH dan Penentuan Kapasitas Adsorpsi Logam Berat pada Biomassa Eceng Gondok (Eichhornia crassipes)," Indo. J. Chem, vol. 6, no. 1, pp. 56-60, 2006.

James Moore and Ramamoorthy , "Organics Chemicals in Natural Water, Applied Monitoring and Impact Assesment," Journal Spinger-Verlag, 1984.

H Palar, Pencemaran dan Toksikologi Logam Berat. Jakarta, Indonesia: Rineka Cipta, 1994.

Lelifajri , "Adsorpsi Ion Logam Cu (II) Menggunakan Lignin dari Limbah Serbuk Kayu Gergaji," FMIPA Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, 2010.

Agarwal, A., & Gupta, P. K. (2015). Adsorption study of Cr(II) from aqueous solution using animal bone charcoal as low cost adsorbent. International Journal of Engineering Technology, Management and Applied Sciences, 3(1), 151–163.

Lim, H.K., Teng, T.T., Ibrahim, M.H., Ahmad, A., & Chee, H.T. (2012). Adsorption and removal of Zinc (II) from aqueous solution using powdered fish bones. APCBEE Procedia, 1, 96–102.




DOI: https://doi.org/10.15575/ak.v4i1.5081