Perbandingan Akhlak Siswa Berasrama dengan Non Asrama SMA Boarding School

Ratu Suntiah, Miftahul Fikri, Muhammad Hasby Assidiqi

Abstract


Abstract:  The study aims to find out the moral difference between boarding students and non-dorm students. This research is a quantitative study with a comparative design of two free variables with survey research design. Poll instruments are disseminated with the provisions of accidental sampling techniques. The results showed that the quality of the boarding school students received a total score of 95.14 with an average of 3.8 and a percentage worth 76%. Meanwhile, the quality of non-dorm students get a total score of 91 with an average of 3.64, a percentage worth 73%. Comparative quality of dormitory students with non-dormitories only 3%. Then the hypotheses submitted correspond to the results of the study, although not reaching a significant level. This shows the role that dormitories have very few positive impacts and increasing student morality is no easy thing. Because of moral enhancement even in the slightest level it is invaluable to be safeguarded and to add hope to improve the student's moral potential better and still many aspects that can be improved through the boarding system. 

Abstrak: Tujuan penelitian ini mendeskripsikan metode belajar marktet place dalam pembelajaran PAI. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif lapangan dengan metode penelitian desktriptif analitis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan desain pembelajaran PAI menggunakan metode market place berorientasi pada kurikulum 2013 berjenis pendakatan santifik, implementasi pembelajaran ini terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian, evaluasi pembelajaran PAI menggunakan metode market place mencapai KKM 85%, faktor pendukung metode ini adalah kepemimpinan sekolah, dukungna orang tua, kemampuan guru dan dukungna orang tua. Sedangkan faktor penghambat di antaranya perbedaan karakteristik siswa,  perasaan ragu, rasa malu, membetuhkan waktu yang panjang dan jawaban siswa yang tidak relevan, keunggulan metode ini dapat meningkatkan partisipasi, keaktifan, kemandirian, kedisiplinan belajar siswa dan memiliki sikap demokratis, keefektifan metode ini tercapai dengan baik di dalam pembelajaran PAI di SMPN 13 Bandung.


Keywords


Akhlak; Asrama; Non-Asrama

References


Afwan, B. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Siswa di Asrama dan Siswa di Rumah Orang Tua. PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 3 (2017). Di ambil dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/download/12450/pdf_218

Dewantara, A. W. (2017). Filsafat Moral. Yogyakarta: PT Kanisius.

Firmansyah, M. J. (2018, September). KPAI: Tawuran Pelajar 2018 Lebih Tinggi Dibanding Tahun Lalu. Tempo. Diambil dari https://metro.tempo.co/read/1125876/kpai-tawuran-pelajar-2018-lebih-tinggi-dibanding-tahun-lalu/full&view=ok

Ikhsanudin, A. (2018, Juli). Ada 504 Kasus Anak Jadi Pelaku Pidana, KPAI Soroti Pengawasan Ortu. Diambil 21 Maret 2019, dari https://news.detik.com/berita/d-4128703/ada-504-kasus-anak-jadi-pelaku-pidana-kpai-soroti-pengawasan-ortu

Lestari, D. (2019). PERBANDINGAN PRRESTASI BELAJAR SISWA YANG TINGGAL DI ASRAMA DAN YANG TINGGAL DI RUMAH PADA MATA PELAJARAN AGAMA KELAS XI IPA DI MADRASAH ALIYAH BAHRUL ULUM AIR EMAS. Jurnal AL-HIKMAH Vol 1, No 2 (2019). Diambil dari https://ejournal.uniks.ac.id/index.php/Alhikmah/article/download/313/180

Muftie, Z. (2017). PENGARUH KOMUNIKASI ORANG TUA DALAM RUMAH TANGGA TERHADAP AKHLAK ANAK SEHARI-HARI Zaenal. At-Thulab, II, 97–118. Diambil dari http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/atthulab/article/view/2725/1765

Nasution, R. (2003). Teknik Sampling. USU digital library.

Nurjaman, A. (2018). Studi Komparatif Sikap Syukur Siswa yang Mendapat Bimbingan Klasikal di SMA Babussalam Ciburial dan SMA Al-Falah Dago. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarti, K. (2015). Pola Asuh Orang Tua dan Kemandirian Anak. Makassar: Edukasi Mitra Grafika.

Syahriansyah. (2014). Ibadah dan Akhlak (I). Yogyakarta: IAIN ANTASARI PRESS.

Usroh, V. (2018). PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA BERASRAMA DAN NON ASRAMA DI KELAS XI IPS SMA ISLAM TERPADU AL-FITYAN ACEH BESAR. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah Volume 3, Nomor 1, Hal 94-104, Februari 2018. Diambil dari http://jim.unsyiah.ac.id/geografi/article/download/10783/4526.




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v5i1.5216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muhammad Hasby Assidiqi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Hak Cipta © UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Indexing:

 

 

Laboratorium Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Gunung Djati
Lantai 2 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Kampus 2 Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta) Kel. Cimincrang Kec. Gedebage, Kota Bandung 40294 Bandung, Indonesia

Handphone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id