PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE NOTE TAKING PAIRS DENGAN GUIDED NOTE TAKING


Riswati Riswati(1*), Misykat Malik Ibrahim(2), Eka Damayanti(3), Jamilah Jamilah(4)

(1) , Indonesia
(2) Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, Indonesia
(3) Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, Indonesia
(4) Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode Note Taking Pairs (NTP) dengan metode Guided Note Taking (GNT) pada pokok bahasan sistem ekskresi kelas XI IPA SMAN 16 Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) menggunakan desain pretest-postest nonequivalent control group design. Jumlah sampel terpilih secara simple random sampling sebanyak masing-masing 36 peserta didik pada kelas XI IPA  1 sebagai kelas eksperimen 1 diajar menggunakan metode Note Taking Pairs dan pada kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen 2 yang diajar menggunakan metode Guided Note Taking. Tes hasil belajar dianalisis menggunakan independent sample t test dan menunjukkan nilai sig.(2-tailed) 0,011 < α 0,05. Ini  berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode Note Taking Pairs (NTP) dengan metode Guided Note Taking (GNT) pada pokok bahasan sistem ekskresi kelas XI IPA SMAN 16 Makassar. Hasil analisis deskriptif menunjukkan metode Note Taking Pairs (sebesar 77,78) lebih efektif meningkatkan hasil belajar dibandingkan metode Guided Note Taking (sebesar 73,61). Hasil penelitian mengimplikasikan kepada para pendidik untuk menggunakan pembelajaran dengan metode bervariasi. Salah satu metode yang direkomendasikan adalah metode Note Taking Pairs (NTP)

  This study aims to determine the differences in student learning outcomes by using the Note Taking Pairs (NTP) method compared with the Guided Note Taking (GNT) method on the subject of the excretion system for class XI IPA at SMAN 16 Makassar. This research is a quasi-experimental research with pretest-posttest nonequivalent control group design. The number of samples selected randomly for each experiment class was 36 students. Class XI IPA 1 as the experimental class 1 was taught by the Note-Taking Pairs method and class XI IPA 6 as the experimental class 2 was taught by the Guided Note Taking method. The learning outcome test was analyzed with the independent sample t-test and showed a sig. (2-tailed) value of 0.011 <α 0.05. It means that there are differences in student learning outcomes taught using the Note Taking Pairs (NTP) method with the Guided Note Taking (GNT) method on the subject of the excretion system for class XI IPA at SMAN 16 Makassar. The results showed that the Note Taking Pairs method (amounted to 77.78) was more effective in improving learning outcomes than the Guided Note Taking method (amounted to 73.61). There might be needed for educators to use various methods of learning. One of the recommended methods is the Note Taking Pairs (NTP) method.


Keywords


Guided Note Taking, Learning Outcomes, Note Taking Pairs

References


Abdurrahman, M.(2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Aisyah, & Anisa, A. W.(2014). The Implementation of Note-Taking Pairs Technique in Teaching Reading Comprehension. Journal of English Language and Learning, 2(1), 216–222.

Anggraini, M., Hidayat, I., & Edi, R. (2017). Implementasi Strategi Pembelajaran Guided Note Taking (GNT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 11 Palembang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 4(1), 43–51.

Atminiati, E., & Binadja, A.(2017). Keefektifan Pembelajaran Guided Note Taking Bervisi Sets Bermedia Chemo Edutainment dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2), 1988–1996.

Christianti, Sudarimin, & Subroto, T. (2012). Model Pembelaaran GUided Note Taking Berbantuan Media Chemo-Edutainment pada Materi Pokok Koloid. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 27–31.

Faizah, A. N., Kurniawan, E. S., & Nurhidayati.(2014). Pengembangan Handout Fisika Berbasis Guided Note Taking Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Di SMA Negeri 3 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Radiasi, 5(2), 53–57.

Fitriah, F., & Sabri.(2018). Penerapan Metode Guided Note Taking untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn tentang Keutuhan NKRI. Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 10(1), 61–74.

Hapnita, W., Abdullah, R., Gusmareta, Y., & Rizal, F.(2018). Faktor Internal dan Eksternal yang Dominan mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Padang Tahun 2016/2017. CIVED Jurusan Teknik SIipil, 5(1), 2175–2182.

Ihsan, F.(2008). Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Marlina.(2015). The Experimental Study of Note Taking Pairs in Teaching Active. Journal of Education, 12(2), 10–16.

Novianti.(2016). Penerapan Model Pembelajaran Guided Note Taking pada Materi Sifat-sifat Bangun Ruang Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Bireuen. Jurnal FKIP Universitas Al-Muslim, 3(2), 15–24.

Nur, A. V., & Sumarni, W.(2017). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Guided Note Taking Berbantuan Media Kimmy-Games terhadap Pemahaman konsep Kimia Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(1), 1910–1920.

Nurhasanah, E.(2014). Peningkatan Aktivitas Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Universitas Tanjungpura Pontianak.

Poniah.(2018). Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Note Taking Pairs untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Journal of Primary Education, 1(2), 92–102.

Puspasari, E. Y.(2017). Action research: Enhancing Classroom Practice and Fulfilling Learning Responsibilities with Guided Note Taking (GNT) and Teams Games Tournament (TGT) Models. Classroom Action Research Journal, 1(1), 36–42. https://doi.org/10.17977/um013v1i12017p36

Rahmat, J.(2016). Pengaruh Model Pembelajaran Note Taking Pairs Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Belajar Peserta didik Kelas XI IPA MAN Dampang Kabupaten Bantaeng. UIN Alauddin Makassar.

Rahmat, J.(2016). Pengaruh MOdel Pembelajaran Note Taking Pairs Terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA MAN Dampang Kabupaten Bantaeng. UIN Alauddin Makassar.

Riska, F., Syafruddin, D., & Lisa, Y.(2018). Pengaruh Metode Guided Note Taking Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi sistem Peredaran Darah pada Manusia. JPBIO: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1), 26–32. Retrieved from http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JBIO.

Roziqiyah, S.(2017). Pengembangan Handout Berbasis Guided Note Taking Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Kelas X SMA Negeri 1 Jetis. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rustaman, N.(2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press.

Saifulloh, M., Muhibbbin, Z., & Hermanto. (2012). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah. Jurnal Sosial Humaniora, 5(2), 206–218.

Salamah, U.(2018). Penjaminan Mutu Penilaian Pendidikan. Jurnal Evaluasi, 2(1), 274–293.

Salehuddin, & Rorahima.(2010). Pengelolaan Pembelajaran. Makassar: Alauddin Press.

Samitra, D.(2018). Pengaruh Model Guided Note Taking Terhadap Hasi Belajar Bbiologi Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 6 Kota Libukinggau. Jurnal BIOEDUSAINS, 1(1), 1–9.

Samitra, D., Krisnawati, Y., & Malasari, N. (2018). Pengaruh Model Guided Note Taking terhadap Hasil Belajar Biologi SMA. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 1(1), 1–10.

Suwardi, D. R.(2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar ayat Jurnal penyesuaian Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri1 Bae Kudus. Economic Education Analysis Journal, 1(2), 1–7.

Suyono, & Hariyanto.(2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Widodo, L. W.(2013). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, XVII(49), 32–35.

Wulandari, S., Suarsini, E., & Ibrohim. (2016). Pemanfaat Sumber Belajar Handout Bioteknologi Lingkungan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa S1 Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 881–884.

Yati, A.(2013). Penerapan Teknik Pembelajaran Kolaboratif Note-Taking Pairs untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 018 Pongkai Istiqomah Kecamatan XIII Kota Kampar Kabupaten Kampar. UIN Syarif Kasim Riau.

Yuni, M. I., Sahputra, R., & Hadi, L. (2016). Strategi Guided Note Taking untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Materi Ikatan Kimia. Universitas Tanjungpura.




DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v11i2.14317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats