http://202.70.136.179/ http://103.88.229.68/pisang/ http://202.28.24.203/ http://203.162.246.123/ http://103.134.17.25/free/ https://storage.googleapis.com/sangpisang/index.html
Pembelajaran Biologi dengan Model Somatic Auditory Visual Intellectual Meningkatkan Higher Order Thinking Skill dan Self Regulation Siswa Kelas X pada Topik Perubahan Lingkungan | Setiyaningsih | Jurnal BIOEDUIN

Pembelajaran Biologi dengan Model Somatic Auditory Visual Intellectual Meningkatkan Higher Order Thinking Skill dan Self Regulation Siswa Kelas X pada Topik Perubahan Lingkungan


Lidya Betty Setiyaningsih(1*), Nukhbatul Bidayati Haka(2), mardiyah Mardiyah(3)

(1) , Indonesia
(2) UIN Raden Intan Lampung, Indonesia
(3) UIN Raden Intan Lampung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena didasari oleh hasil studi pendahuluan yang menunjukkan bahwa Higer Order Thingking Skill serta Self Regulation  yang dimiliki oleh siswa kelas X MIPA di SMAN 15 Bandar Lampung masih tergolong rendah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellectual  dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi serta Self Regulation yang dimiliki oleh siswa dalam pelajaran Biologi di kelas X. Metode yang diterapkan pada penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen dengan desain Prettest-Posttes Control Group Desain, dengan teknik acak kelas. Data hasil penelitian dikumpulkan dengan cara tes, dokumentasi, serta angket. Uji hipotesis (analisis data) dilakukan dengan uji MANOVA dengan hasil nilai sig sebesar 0,000. Berdasarkan hasil  tersebut dapat dikatakan bahwa penggunaan Somatic Auditory Visual Intellectual  memberikan pengaruh nyata pada Higer Order Thingking Skill serta Self Regulation. Hasil uji Between Subjects Effects terhadap Higer Order Thingking Skill serta Self Regulation  menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis 1 diterima Somatic Auditory Visual Intellectual bisa digunakan sebagai model pembelajaran dalam mengembangkan HOTS dan Self Regulation.


Keywords


Model Somatic Auditory Visual Intellectual, SAVI, Higher Order Thinking Skills, Self Regulation, Biologi.

References


Agnes Sri Handayani, I. A. (2020). KEMANDIRIAN BELAJARMATEMATIKA SISWA SMP DISAAT PANDEMI COVID-19. Konferensi Nasional Pendidikan I. http://proceeding.urbangreen.co.id/index.php/library/article/view/2/2

Anderson, L. W. & Krathmohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives (p. 63). Addison Wesley Longman.

Anggreni, I. G. A. S., Wiarta, I. W., & Semara Putra, D. K. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran (SAVI) Berbasis (TIK) Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 15. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24357

Cheng, E. C. . (2011). The Role of Self Regulated Learning in Enhancing Learning Performance. The International Journal of Research and Review, 6, 1–16. https://www.researchgate.net/publication/285320862_The_role_of_self-regulated_learning_in_enhancing_learning_performance

Fadhli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.295

Febriyanti, F., & Imami, A. I. (2021). Analisis Self-Regulated Learning dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.25139/smj.v9i1.3300

I Gst. Ayu Sri Anggreni, I Wayan Wiarta, D. K. N. S. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran (SAVI) Berbasis (TIK) Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24357

Indrawati, F., & Hartati, L. (2021). Pelatihan Aplikasi Belajar Berbasis Kuis dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(1), 67–73. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i1.6762

Mariam, P. C. L. (2021). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR HOTS MAHASISWA. SOSIOHUMANITAS, 22(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36555/sosiohumanitas.v22i2.1588

Ningrum, E. (2016). PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BIDANG PENDIDIKAN. Jurnal Geografi Gea, 9(1). https://doi.org/10.17509/gea.v9i1.1681

Nurmalia et al. (2017). Effektifitas Penerapan Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) Terhadap Peningkata Kemampuaan Berpikir Kritis Siswa Terhadap Mata Pelajaran Ipa. EDUTCEHNOLOGIA, 1(2), 130. https://ejournal.upi.edu/index.php/edutechnologia/article/view/9142

P.R. Pintrich. (2000). “The Role of Goal Orientation in Self-regulated learning” dalam M. Boekaerts,et.al. (Ed.) Handbook of Self-Regulation (pp. 453-undefined). Academic.

Pratama, N. S., Istiyono, E., Pascasarjana, P., & Negeri, U. (2015). STUDI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS HIGHER ORDER THINKING ( HOTS ). 6, 104–112.

Rachamatika, T., M. Syarif Sumantri, Agung Purwanto, Jatu Wahyu Wicaksono, Alrahmat Arif, & Vina Iasha. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V SDN Di Jakarta Timur. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 17(1), 59–69. https://doi.org/10.36456/bp.vol17.no1.a3162

Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10. https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15

Ratna Eka Iswahyuni. (2018). PROSES PENYELESAIAN SOAL BER-TIPE HOT (HIGHER ORDER THINKING) PADA MATERI DIFERENSIAL SISWA SMA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIS. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 9(2), 162–167. http://jiesjournal.com/index.php/jies/article/view/152/118

Robert J. Marzano. (1993). Assessing Student Outcomes Perfomance Using The Dimensions Of Learning Model (p. 4). ASCD President.

Ronald Haries Hamonangan*, & Widiyarto, S. (2019). Pengaruh Self Regulated Learning dan Self Control terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1). https://doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1056

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-ruzz Media.

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.

Sultan Beddu. (2019). Implementasi Pembelajaran Higher Order Thinking Skills(HOTS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3).

Suratna, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visual Intellectualy) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 5(2), 120. http://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/6068

Undang Undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 1. (2003).

Agnes Sri Handayani, I. A. (2020). KEMANDIRIAN BELAJARMATEMATIKA SISWA SMP DISAAT PANDEMI COVID-19. Konferensi Nasional Pendidikan I. http://proceeding.urbangreen.co.id/index.php/library/article/view/2/2

Anderson, L. W. & Krathmohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives (p. 63). Addison Wesley Longman.

Anggreni, I. G. A. S., Wiarta, I. W., & Semara Putra, D. K. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran (SAVI) Berbasis (TIK) Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 15. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24357

Cheng, E. C. . (2011). The Role of Self Regulated Learning in Enhancing Learning Performance. The International Journal of Research and Review, 6, 1–16. https://www.researchgate.net/publication/285320862_The_role_of_self-regulated_learning_in_enhancing_learning_performance

Fadhli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.295

Febriyanti, F., & Imami, A. I. (2021). Analisis Self-Regulated Learning dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.25139/smj.v9i1.3300

I Gst. Ayu Sri Anggreni, I Wayan Wiarta, D. K. N. S. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran (SAVI) Berbasis (TIK) Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24357

Indrawati, F., & Hartati, L. (2021). Pelatihan Aplikasi Belajar Berbasis Kuis dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(1), 67–73. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i1.6762

Mariam, P. C. L. (2021). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR HOTS MAHASISWA. SOSIOHUMANITAS, 22(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36555/sosiohumanitas.v22i2.1588

Ningrum, E. (2016). PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BIDANG PENDIDIKAN. Jurnal Geografi Gea, 9(1). https://doi.org/10.17509/gea.v9i1.1681

Nurmalia et al. (2017). Effektifitas Penerapan Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) Terhadap Peningkata Kemampuaan Berpikir Kritis Siswa Terhadap Mata Pelajaran Ipa. EDUTCEHNOLOGIA, 1(2), 130. https://ejournal.upi.edu/index.php/edutechnologia/article/view/9142

P.R. Pintrich. (2000). “The Role of Goal Orientation in Self-regulated learning” dalam M. Boekaerts,et.al. (Ed.) Handbook of Self-Regulation (pp. 453-undefined). Academic.

Pratama, N. S., Istiyono, E., Pascasarjana, P., & Negeri, U. (2015). STUDI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS HIGHER ORDER THINKING ( HOTS ). 6, 104–112.

Rachamatika, T., M. Syarif Sumantri, Agung Purwanto, Jatu Wahyu Wicaksono, Alrahmat Arif, & Vina Iasha. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V SDN Di Jakarta Timur. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 17(1), 59–69. https://doi.org/10.36456/bp.vol17.no1.a3162

Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10. https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15

Ratna Eka Iswahyuni. (2018). PROSES PENYELESAIAN SOAL BER-TIPE HOT (HIGHER ORDER THINKING) PADA MATERI DIFERENSIAL SISWA SMA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIS. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 9(2), 162–167. http://jiesjournal.com/index.php/jies/article/view/152/118

Robert J. Marzano. (1993). Assessing Student Outcomes Perfomance Using The Dimensions Of Learning Model (p. 4). ASCD President.

Ronald Haries Hamonangan*, & Widiyarto, S. (2019). Pengaruh Self Regulated Learning dan Self Control terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1). https://doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1056

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-ruzz Media.

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.

Sultan Beddu. (2019). Implementasi Pembelajaran Higher Order Thinking Skills(HOTS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3).

Suratna, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visual Intellectualy) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 5(2), 120. http://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/6068

Undang Undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 1. (2003).




DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v12i1.17291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats