Pembelajaran Biologi dengan Model Somatic Auditory Visual Intellectual Meningkatkan Higher Order Thinking Skill dan Self Regulation Siswa Kelas X pada Topik Perubahan Lingkungan
DOI:
https://doi.org/10.15575/bioeduin.v12i1.17291Keywords:
Model Somatic Auditory Visual Intellectual, SAVI, Higher Order Thinking Skills, Self Regulation, Biologi.Abstract
Penelitian ini dilakukan karena didasari oleh hasil studi pendahuluan yang menunjukkan bahwa Higer Order Thingking Skill serta Self Regulation yang dimiliki oleh siswa kelas X MIPA di SMAN 15 Bandar Lampung masih tergolong rendah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellectual  dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi serta Self Regulation yang dimiliki oleh siswa dalam pelajaran Biologi di kelas X. Metode yang diterapkan pada penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen dengan desain Prettest-Posttes Control Group Desain, dengan teknik acak kelas. Data hasil penelitian dikumpulkan dengan cara tes, dokumentasi, serta angket. Uji hipotesis (analisis data) dilakukan dengan uji MANOVA dengan hasil nilai sig sebesar 0,000. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa penggunaan Somatic Auditory Visual Intellectual  memberikan pengaruh nyata pada Higer Order Thingking Skill serta Self Regulation. Hasil uji Between Subjects Effects terhadap Higer Order Thingking Skill serta Self Regulation  menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis 1 diterima Somatic Auditory Visual Intellectual bisa digunakan sebagai model pembelajaran dalam mengembangkan HOTS dan Self Regulation.
References
Agnes Sri Handayani, I. A. (2020). KEMANDIRIAN BELAJARMATEMATIKA SISWA SMP DISAAT PANDEMI COVID-19. Konferensi Nasional Pendidikan I. http://proceeding.urbangreen.co.id/index.php/library/article/view/2/2
Anderson, L. W. & Krathmohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives (p. 63). Addison Wesley Longman.
Anggreni, I. G. A. S., Wiarta, I. W., & Semara Putra, D. K. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran (SAVI) Berbasis (TIK) Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 15. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24357
Cheng, E. C. . (2011). The Role of Self Regulated Learning in Enhancing Learning Performance. The International Journal of Research and Review, 6, 1–16. https://www.researchgate.net/publication/285320862_The_role_of_self-regulated_learning_in_enhancing_learning_performance
Fadhli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.295
Febriyanti, F., & Imami, A. I. (2021). Analisis Self-Regulated Learning dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.25139/smj.v9i1.3300
I Gst. Ayu Sri Anggreni, I Wayan Wiarta, D. K. N. S. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran (SAVI) Berbasis (TIK) Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24357
Indrawati, F., & Hartati, L. (2021). Pelatihan Aplikasi Belajar Berbasis Kuis dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(1), 67–73. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i1.6762
Mariam, P. C. L. (2021). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR HOTS MAHASISWA. SOSIOHUMANITAS, 22(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36555/sosiohumanitas.v22i2.1588
Ningrum, E. (2016). PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BIDANG PENDIDIKAN. Jurnal Geografi Gea, 9(1). https://doi.org/10.17509/gea.v9i1.1681
Nurmalia et al. (2017). Effektifitas Penerapan Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) Terhadap Peningkata Kemampuaan Berpikir Kritis Siswa Terhadap Mata Pelajaran Ipa. EDUTCEHNOLOGIA, 1(2), 130. https://ejournal.upi.edu/index.php/edutechnologia/article/view/9142
P.R. Pintrich. (2000). “The Role of Goal Orientation in Self-regulated learning†dalam M. Boekaerts,et.al. (Ed.) Handbook of Self-Regulation (pp. 453-undefined). Academic.
Pratama, N. S., Istiyono, E., Pascasarjana, P., & Negeri, U. (2015). STUDI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS HIGHER ORDER THINKING ( HOTS ). 6, 104–112.
Rachamatika, T., M. Syarif Sumantri, Agung Purwanto, Jatu Wahyu Wicaksono, Alrahmat Arif, & Vina Iasha. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V SDN Di Jakarta Timur. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 17(1), 59–69. https://doi.org/10.36456/bp.vol17.no1.a3162
Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10. https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15
Ratna Eka Iswahyuni. (2018). PROSES PENYELESAIAN SOAL BER-TIPE HOT (HIGHER ORDER THINKING) PADA MATERI DIFERENSIAL SISWA SMA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIS. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 9(2), 162–167. http://jiesjournal.com/index.php/jies/article/view/152/118
Robert J. Marzano. (1993). Assessing Student Outcomes Perfomance Using The Dimensions Of Learning Model (p. 4). ASCD President.
Ronald Haries Hamonangan*, & Widiyarto, S. (2019). Pengaruh Self Regulated Learning dan Self Control terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1). https://doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1056
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-ruzz Media.
Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.
Sultan Beddu. (2019). Implementasi Pembelajaran Higher Order Thinking Skills(HOTS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3).
Suratna, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visual Intellectualy) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 5(2), 120. http://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/6068
Undang Undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 1. (2003).
Agnes Sri Handayani, I. A. (2020). KEMANDIRIAN BELAJARMATEMATIKA SISWA SMP DISAAT PANDEMI COVID-19. Konferensi Nasional Pendidikan I. http://proceeding.urbangreen.co.id/index.php/library/article/view/2/2
Anderson, L. W. & Krathmohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives (p. 63). Addison Wesley Longman.
Anggreni, I. G. A. S., Wiarta, I. W., & Semara Putra, D. K. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran (SAVI) Berbasis (TIK) Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 15. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24357
Cheng, E. C. . (2011). The Role of Self Regulated Learning in Enhancing Learning Performance. The International Journal of Research and Review, 6, 1–16. https://www.researchgate.net/publication/285320862_The_role_of_self-regulated_learning_in_enhancing_learning_performance
Fadhli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.295
Febriyanti, F., & Imami, A. I. (2021). Analisis Self-Regulated Learning dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.25139/smj.v9i1.3300
I Gst. Ayu Sri Anggreni, I Wayan Wiarta, D. K. N. S. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran (SAVI) Berbasis (TIK) Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24357
Indrawati, F., & Hartati, L. (2021). Pelatihan Aplikasi Belajar Berbasis Kuis dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(1), 67–73. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i1.6762
Mariam, P. C. L. (2021). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR HOTS MAHASISWA. SOSIOHUMANITAS, 22(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36555/sosiohumanitas.v22i2.1588
Ningrum, E. (2016). PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BIDANG PENDIDIKAN. Jurnal Geografi Gea, 9(1). https://doi.org/10.17509/gea.v9i1.1681
Nurmalia et al. (2017). Effektifitas Penerapan Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) Terhadap Peningkata Kemampuaan Berpikir Kritis Siswa Terhadap Mata Pelajaran Ipa. EDUTCEHNOLOGIA, 1(2), 130. https://ejournal.upi.edu/index.php/edutechnologia/article/view/9142
P.R. Pintrich. (2000). “The Role of Goal Orientation in Self-regulated learning†dalam M. Boekaerts,et.al. (Ed.) Handbook of Self-Regulation (pp. 453-undefined). Academic.
Pratama, N. S., Istiyono, E., Pascasarjana, P., & Negeri, U. (2015). STUDI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS HIGHER ORDER THINKING ( HOTS ). 6, 104–112.
Rachamatika, T., M. Syarif Sumantri, Agung Purwanto, Jatu Wahyu Wicaksono, Alrahmat Arif, & Vina Iasha. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V SDN Di Jakarta Timur. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 17(1), 59–69. https://doi.org/10.36456/bp.vol17.no1.a3162
Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10. https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15
Ratna Eka Iswahyuni. (2018). PROSES PENYELESAIAN SOAL BER-TIPE HOT (HIGHER ORDER THINKING) PADA MATERI DIFERENSIAL SISWA SMA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIS. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 9(2), 162–167. http://jiesjournal.com/index.php/jies/article/view/152/118
Robert J. Marzano. (1993). Assessing Student Outcomes Perfomance Using The Dimensions Of Learning Model (p. 4). ASCD President.
Ronald Haries Hamonangan*, & Widiyarto, S. (2019). Pengaruh Self Regulated Learning dan Self Control terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1). https://doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1056
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-ruzz Media.
Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.
Sultan Beddu. (2019). Implementasi Pembelajaran Higher Order Thinking Skills(HOTS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3).
Suratna, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visual Intellectualy) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 5(2), 120. http://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/6068
Undang Undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 1. (2003).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish in Jurnal BIOEDUIN agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).