Hubungan Antara Self Concept dan Self Perception dengan Keterampilan Metakognitif Pada Pembelajaran Biologi
DOI:
https://doi.org/10.15575/bioeduin.v13i2.23068Keywords:
self concept, self perception, keterampilan metakognitifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self concept dan self perception dengan keterampilan metakognitif. Penelitian menggunakan metode korelasional. Sampel terdiri dari kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 5 berjumlah 53 peserta didik dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket Metacognitive Awareness Inventory (MAI), angket self concept dan angket self perception. Teknik analisis yang digunakan adalah uji korelasi berganda. Berdasarkan hasil penelitian, hubungan self concept dengan keterampilan metakognitif memiliki nilai koefisien korelasi sebesar 0,355 termasuk dalam kategori korelasi rendah. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,126 yang berarti self concept berkontribusi sebesar 12,6% terhadap keterampilan metakognitif. Hubungan self perception dengan keterampilan metakognitif memiliki koefisien korelasi sebesar 0,304 yang termasuk dalam kategori korelasi rendah dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,092 yang berarti self perception berkontribusi sebesar 9,2% terhadap keterampilan metakognitif. Hubungan self concept dan self perception dengan keterampilan metakognitif memiliki nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,383 yang termasuk dalam kategori korelasi rendah. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,147 yang berarti self concept dan self perception berkontribusi 14,7% terhadap keterampilan metakognitif. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan korelasi rendah antara self concept dan self perception dengan keterampilan metakognitif.
References
Ahillah, N., & Susantini, E. (2018). Kepraktisan LKS Berorientasi Strategi KWL (Know-Want- Learned) Pada Materi Substansi Genetika untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Biologi ..., November. https://www.researchgate.net/profile/Nurul- Ahillah/publication/346012441_Kepraktisan_LKS_Berorientasi_Strategi_KWL_Know-Want- Learned_pada_Materi_Substansi_Gentik_untuk_Melatihkan_Keterampilan_Metakognitif_Sis wa/links/5fb5b303458515b79750d9ca/Kepraktisan-L
Ardhianingtyas, N., & Susilo, H. M. (2013). Hubungan Konsep Diri dan Metakognitif dengan Prestasi Belajar di Akbid Ummi Khasanah. 189–198. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/35345
Astarini, D., Nirwana, H., & Ahmad, R. (2016). Hubungan antara Konsep Diri Sosial, Persepsi Siswa tentang Dukungan Sosial Orangtua, dan Teman Sebaya dengan Komunikasi Interpersonal Siswa dan Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseli. Konselor, 5(4), 247–257. https://doi.org/10.24036/02016546558-0-00
B. Uno, H., & Lamatenggo, N. (2016). Landasan Pendidikan (Suryani (ed.); 1st ed.). Bumi Aksara. Darmawan, E., Brasilita, Y., Zubaidah, S., & Saptasari, M. (2018). Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Siswa Berbeda Gender dengan Model Pembelajaran Simas Eric di SMAN 6 Malang. Biosfer, 11(1), 48–57. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.11-1.5
Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik (Ketujuh). PT Remaja Rosdakarya. Eriawati, E. (2013). Aplikasi Keterampilan Metakognitif Dalam Pembelajaran Ekosistem di MAN
Rukoh. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 1(1), 60–66.
https://doi.org/10.22373/biotik.v1i1.214
Iskandar, S. M. (2014). Pendekatan Keterampilan Metakognitif dalam Pembelajaran Sains di Kelas.
Erudio Journal of Educational Innovation, 2(2), 13–20. https://doi.org/10.18551/erudio.2-2.3 Kiling, B. N., & Kiling, I. Y. (2015). Tinjauan Konsep Diri dan Dimensinya Pada Anak dalam Masa Kanak - Kanak Akhir. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 1(2), 116–124.
https://doi.org/10.26858/jpkk.v1i2.1811
Kristiani, N. (2015). Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada
Pembelajaran Saintifik dalam Mata Pelajaran Biologi SMA Kurikulum 2013. Seminar
Nasional XII Pendidikan Biologi UNS 2015, 513–518.
Laoli, W. R., Siregar, N., & Siregar, N. H. (2022). Analisis Persepsi Siswa Terhadap Proses
Pembelajaran Biologi dengan Penerapan Saintifik di Kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Selatan.
Jurnal Edugenesis, 5(1), 15–19. https://journal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/3862 Listiana, L., Daesusi, R., & Soemantri, S. (2019). Peranan Metakognitif dalam Pembelajaran dan Pengajaran Biologi di Kelas. Symposium of Biology Education (Symbion), 2(1), 8–19.
https://doi.org/10.26555/symbion.3504
Magta, M. (2019). Peran Komunikasi Keluarga Terhadap Konsep Diri. Pratama Widya : Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 66. https://doi.org/10.25078/pw.v4i1.1070
Mahmuda, S., & Azizah, U. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif Pada Materi Asam Basa Kelas XI SMAN 1 Waru. UNESA Journal of Chemical Education, 9(3), 417–426.
https://doi.org/10.26740/ujced.v9n3.p417-426
Marsh, H. W., & Richards, G. E. (1987). Tennessee Self Concept Scale: Reliability, Internal
Structure, and Construct Validity. Journal of Personality and Social Psychology, 55(4), 1–39.
https://doi.org/10.1037/0022-3514.55.4.612
Mudawaroch, R. E. (2019). Pengaruh Tingkat Pengetahuan dan Persepsi Diri terhadap Keputusan
Membeli Makanan Bergizi bagi Mahasiswa. 4(2), 69–78.
https://doi.org/10.37729/jrap.v4i2.120
Munirah, K., Ramdiah, S., & Prayitno, B. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Melalui
Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Kalimantan Selatan untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Kritis Peserta Didik Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 7(2), 77. https://doi.org/10.25273/florea.v7i2.7888
Najah, R. (2020). Korelasi Persepsi dan Kemampuan Metakognitif Siswa Pada Penerapan Model Project Based Learning Dengan Paikem. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42097
Rosa, N. M. (2015). Pengaruh Sikap Pada Mata Pelajaran Kimia dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Kimia. Jurnal Formatif, 2(3), 218–226. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/download/104/99.
Rosyida, F., Zubaidah, S., & Mahanal, S. (2016). Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Dengan Pembelajaran Reading Concept Map-Timed Pair Share (Remap- Tmps). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(4), 622–627. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6207
Saputra, N. N., & Andriyani, R. (2018). Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa SMA Dalam Proses Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 473–481. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1403
Schraw, G., & Dennison, R. S. (1994). Assessing Metacognitive Awareness. In Contemporary
Educational Psychology (Vol. 19, Issue 4, pp. 460–475).
https://doi.org/10.1006/ceps.1994.1033
Tinik. (2019). Pengaruh Kemampuan Metakognitif dan Konsep Diri Terhadap Pemahaman Konsep
Matematika (Survei Pada Siswa SMP Negeri di Kabupaten Tangerang). Jurnal Pendidikan MIP A, 2(2), 198–203. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/alfarisi/article/download/5718/3941
Wahyuni, F., Dalifa, D., & Muktadir, A. (2017). Hubungan Antara Pendidikan Dalam Keluarga Dengan Sikap Rasa Hormat Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Kota Pagar Alam. PGSD : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru, 10(2), 86–91. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.86-91
Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. CV Andi Offset.
Watimury, P., & Bahalwan, F. (2019). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Konsep Diri Terhadap
Hasil Belajar Biologi Siswa SMP Negeri I Maluku Tengah. Biosel: Biology Science and Education, 8(1), 42. https://doi.org/10.33477/bs.v8i1.845
Yapono, F., & Suharnan. (2013). Konsep-Diri , Kecerdasan Emosi dan Efikasi-Diri. Psikologi Indonesia, 2(3), 208–216. https://core.ac.uk/download/pdf/229330452.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in Jurnal BIOEDUIN agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).