PROFIL TECNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i2.3186Keywords:
Technological Pedagogical And Content Knowledge - calon guru biologiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi Technological
Pedagogical And Content Knowledge calon guru biologi Program Studi Pendidikan Biologi
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SGD Bandung yang telah mengikuti program
pengenalan lapangan (PPL). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode pengambilan data yang dilakukan adalah dengan
metode survey terhadap 82 responden. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner tertutup
yang setiap pernyataannya didasarkan pada setiap komponen TPACK. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Technological Pedagogical And Content Knowladge (TPACK) calon
guru biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Kegurun UIN SGD
Bandung berada dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 3.6. Hal ini menunjukkan bahwa
calon guru biologi telah memahami aspek-aspek yang terkait dengan technological
pedagogical and content knowladge dalam proses pembelajaran.
Pedagogical And Content Knowledge calon guru biologi Program Studi Pendidikan Biologi
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SGD Bandung yang telah mengikuti program
pengenalan lapangan (PPL). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode pengambilan data yang dilakukan adalah dengan
metode survey terhadap 82 responden. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner tertutup
yang setiap pernyataannya didasarkan pada setiap komponen TPACK. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Technological Pedagogical And Content Knowladge (TPACK) calon
guru biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Kegurun UIN SGD
Bandung berada dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 3.6. Hal ini menunjukkan bahwa
calon guru biologi telah memahami aspek-aspek yang terkait dengan technological
pedagogical and content knowladge dalam proses pembelajaran.
Downloads
Published
2018-08-31
How to Cite
Sa’adah, sumiyati, & Kariadinata, R. (2018). PROFIL TECNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI. Jurnal BIOEDUIN, 8(2), 17–28. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i2.3186
Issue
Section
Articles
Citation Check
License
Authors who publish in Jurnal BIOEDUIN agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).