NASKAH MIFTAH AL-GHUYUB KARANGAN SYEKH MUHAMMAD IBNU FADLILAH (Suntingan Teks dan Analisis Isi)

Penulis

  • Ani Sumiati Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Dedi Supriadi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Akmaliyah Akmaliyah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung https://orcid.org/0000-0002-1006-859X

DOI:

https://doi.org/10.15575/hijai.v7i1.12778

Kata Kunci:

Filologi, Naskah, Tasawuf

Abstrak

ABSTRAK

 Naskah Miftahul Ghuyub merupakan salah satu warisan hasil peninggalan Ulama terdahulu yang tentu harus kita jaga, kita rawat dan kita lestarikan. Dengan begitu, hasil karya cipta yang sangat jarang ditemui pada era modern ini tidak tergerus oleh jaman dan bisa dikenali oleh khalayak. Mengingat dalam naskah itu sendiri banyak mengandung ilmu - ilmu yang bisa kita gali dengan melalui berbagai tinjauan. Seperti halnya dalam naskah ini berisikan ilmu mengenai tasawuf yang didalamnya menyampaikan tentang tauhid, Marifatullah, Wahdatul Wujud, dan Martabat tujuh.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Filologi dengan menggunakan metode standar, yaitu metode yang biasa digunakan dalam penyuntingan teks naskah tunggal. Metode standar ini meliputi tahapan penelitian diantaranya : inventarisasi naskah; pengolahan data; suntingan teks; mentransliterasikan teks; terjemahkan teks; dan analisis isi naskah.

Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Naskah Miftahul Ghuyub adalah naskah yang merupakan koleksi dari Khazanah Perpustakaan Nasional 2) Terdapat beberapa kesalahan tulis dalam naskah, yang diantaranya yaitu substitusi, adisi, lakuna, transposisi, dan omisi, yang mana kesalahan tulis tersebut didominasi oleh substitusi; 3) Teks naskah ini berisikan tentang ilmu tasawuf yang mana Syeikh Muhammad Ibnu Fadillah mengungkapkan tentang Tauhid, Marifatullah, Wahdatul Wujud, dan Martabat tujuh.

Kata Kunci : Naskah, Miftahul Ghuyub, Tasawuf

Referensi

A. Arab

المنجد ÙÙŠ اللغة والأعلام. 2002. بيروت لبنان .

منوّر , احمد وارسون . المنوّر قاموس عربي – اىدونسي. 1997 . سوربيا .

مصطÙÙ‰ محمود الأزهاري . 2009. قواعد الإملاء . مكتب غباد الرحمن ز

د. يحي مير علم . 2013. قواعد الإملاء . ص . ب . 23667 . الرمز البريد 13097 الكويت

B. Indonesia

Abdullah, Sayyid. 2017. Tasawuf Kebahagiaan. Mizan Pustaka.

Akmaliyah. 2014. Wawasan dan Teknik Terampil Menerjemahkan. Bandung: Pustaka Rahmat.

Baroroh Baried, Siti. 1985. Pengantar Teori Filologi. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Djamaris, Edwar. 2002. Metode Penelitian Filologi. Jakarta: MANASCO

Fathurahman,Oman. 2015. Filologi Indonesia Teori dan Metode. Jakarta: Prenadia group

Lubis, Nabilah. 2001. Naskah Teks dan Metode Penelitian Filologi. Jakarta: Yayasan Media Alo Indonesia.

Jumantoro, Totok. 2012. Kamus Ilmu Tasawuf . Jakarta.

Muhammad Fairuz, A.W. Munawwir. 2007. Al-Munawwir (Kamus Indonesia Arab). Surabaya: Pustaka Progressif .

Mu’jizah. 2005. Martabat Tujuh Ediisi Teks dan Pemaknaan Tanda Serta Simbol . Jakarta . Djambatan

Mustofa, dkk. 2005. Tauhid . Yogyakarta. Pokja Akademik.

Ni’am, Syamsun. 2014. Tasawuf Studies. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media Noegraha

Solihin, M. 2003. Tasawuf Tematik Membedah Tema-Tema Penting. Bandung. CV Pustaka Setia.

Sulistyorini, Dwi . 2015. Filologi dan Teori Penerapannya. Malang . Madani.

Supriadi, Dedi. 2011. Aplikasi Metode Penelitian Filologi terhadap Pustaka Pesantren. Bandung : Pustaka Rahmat

Suryani, Elis. 2005. Filologi. Bandung : Universitas Padjajaran

Suryani,Elis. 2012. Filologi. Bogor : Ghalia

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-05

Cara Mengutip

Sumiati, A., Supriadi, D., & Akmaliyah, A. (2024). NASKAH MIFTAH AL-GHUYUB KARANGAN SYEKH MUHAMMAD IBNU FADLILAH (Suntingan Teks dan Analisis Isi). Hijai - Journal on Arabic Language and Literature, 7(1), 45–64. https://doi.org/10.15575/hijai.v7i1.12778

Citation Check

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.