Prophetic Parenting: Ide, Spirit dan Kontekstualisasi Hadis-hadis Pendidikan Anak
DOI:
https://doi.org/10.15575/japra.v4i2.15724Keywords:
prophetic parenting, hadis pendidikan anakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pengasuhan dan pendidikan anak yang diformulasikan oleh Nabi berdasarkan hadis-hadis yang telah diriwayatkan. Melalui upaya kontekstualisasi terhadap spirit atau nilai yang dikandungnya, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi solusi yang aplikatif dalam peningkatan kualitas pendidikan serta pengasuhan guru dan orang tua terhadap anak usia dini. Penelitian ini merupakan kajian kepustakaan yang bersumber utama al-kutub al-tis‘ah dengan pendekatan kualitatif menggunakan analisis historis dan pemaknaan hadis. Penelitian ini berhasil menginventarisasi banyak hadis terkait serta mengungkap nilai yang terkandung di dalamnya. Di antaranya, hadis al-Hakim nomor 6382, Al-Bukhari nomor 5061 dan nomor 1290 tentang pemilihan waktu mendidik; Hadis al-Bukhari nomor 2447, al-Barraz nomor 13489 dan Abu Dawud nomor 5146 tentang sikap dalam mendidik; Hadis Abu Dawud nomor 4932 dan Muslim nomor 97 tentang memahami kebutuhan peserta didik; dan Hadis Ahmad nomor 6689 dan al-Daruquthni nomor 903 tentang pemberian sanksi fisik terhadap peserta didik. Beberapa hadis ini merepresentasikan nilai pendidikan anak yang harus dilakukan dengan menjunjung tinggi nilai humanisme, egalitarianisme serta mempertimbangkan kebutuhan anak sebagai peserta didik dengan kesesuaian zamannya.Â
References
Suyanto, S. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
al-Qaradhawi, Y. (1990). Kayfa Nata'amal Ma'a Sunnah al-Nabawiyyah: Ma'alim wa Dhawabith. USA: al-Ma'had al-'Alami li al-Fikr al-Islami.
al-Thabari, M. I. (2001). Tafsir al-Thabari: Jami' al-Bayan 'an Ta'wil al-Qur'an. Kairo: Dar Hijr.
al-Naysaburi, A.-H. (1997). Al-Mustadrak 'ala al-Shahihayn. Kairo: Dar al-Haramayn.
al-Bukhari, M. I. (1987). Shahih al-Bukhari. Beirut: Dar Ibn Katsir.
al-Haytsami, N. I. (1992). Majma' al-Zawaid wa Manba' al-Fawaid. Beirut: Dar al-Fikr.
al-Sijistani, A. D. (tth). Sunan Abi Dawud. Beirut: Dar al-Fikr.
Suwayd, M. N.-H. (1993). Manhaj al-Tarbiyah al-Nabawiyah li al-Thifl. Makkah al-Mukarramah: Dar Thaybah.
Parten, M. B. (1932). Social Participation among Preschool Children. Journal of Abnormal Psychology, 27, 309-314.
al-Hajjaj, M. I. (tth). Shahih Muslim. Beirut: Dar Ihya al-Turats al-'Arabi.
Quay, H. C. (1986). Conduct Disorders. Dalam J. Werry, Psychopathological Disorders of Chilhood (hal. 35-72). Newyork: Wiley.
Anisah, A. S. (2015). Gangungan Prilaku pada Anak dan Implikasinya terhadap Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPsd), 5-20.
Hanbal, A. I. (1998). Musnad Ahmad Ibn Hanbal. Beirut: 'Alam al-Kutub.
al-Thabrani, S. I. (1983). al-Mu'jam al-Kabir. al-Mushal: Maktabah al-'Ulum wa al-Hikam.
al-Daruquthni, A. a.-H. (1386 H). Sunan al-Daruquthni. al-Madinah al-Munawwarah: Al-Faniyah al-Muttahidah.
al-Nawawi, a.-I. (2002). al-Azkar al-Muntakhabah min Kalam Sayyid al-Abrar. Kairo: al-Dar al-Mishriyyah al-Lubnaniyyah.
al-Turmuzi, M. I. (1998). Sunan al-Turmuzi. Beirut: Dar al-Gharb al-Islami.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).