Keterlibatan Orang Tua Dalam Mendampingi Kegiatan BDR Anak Selama Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.15575/japra.v5i1.13345Abstract
Keterlibatan orang tua selama pandemi covid-19 tentunya harus berperan sebagai guru di rumah, yaitu mendampingi, membimbing dan mengawasi anak-anak belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui situasi belajar anak, keterlibatan orang tua, hasil belajar anak, serta faktor pendukung dan penghambat yang memengaruhi kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR). Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologis yaitu menganalisis mengagambarkan dan meringkas berbagai kondisi dan situasi yang memiliki perhatian khusus. Data diperoleh melalui wawancara observasi dan telaah dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah orang tua murid RA Ashhabul Maemanah Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan tahun ajaran 2020-2021 dengan sampel 4 orang. Hasil penelitian ini adalah situasi kegiatan BDR tentu saja belum efektif, namun orang tua dan pihak sekolah bekerja sama dan melakukan komunikasi yang intensif agar perkembangan dan pembelajaran anak menjadi efektif, orang tua terlibat dengan selalu berusaha mendampingi dan meluangkan waktunya untuk menemani anaknya belajar. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat selama kegiatan belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah keterlibatan atau peran orang tua sangat menentukan hasil belajar anak.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).