PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KOSAJI TERHADAP ASPEK KOGNITIF FISIKA PESERTA DIDIK


Rumansyah Rumansyah(1), Kurniawan Arizona(2*)

(1) Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia
(2) UIN Mataram, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Aspek kognitif merupakan ranah yang paling disoroti oleh pendidik. Perlu adanya model pembelajaran yang tepat untuk menghantarkan peserta didik meraih hasil belajar kognitif yang tinggi. Salah satu model pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik untuk meraih aspek kognitif yang baik adalah model pembelajaran koopertaif tipe KOSAJI. Riset ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif  tipe KOSAJI terhadap hasil belajar kognitif. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu dengan desain pretest posttest group design. Populasi penelitian adalah 260 peserta didik kelas X di salah satu SMA negeri di Kota Mataram yang tersebar pada 7 kelas. Sampel penelitian berjumlah 116 peserta didik, terbagi menjadi 3 kelas dengan teknik pengambilan cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar kognitif yang diberikan pada awal dan akhir penelitian. Data hasil penelitian dianalisis dengan Anava satu jalur dilanjutkan dengan uji Tukey HSD untuk melihat model pembelajaran yang memiliki pengaruh paling nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: model pembelajaran kooperatif tipe KOSAJI berpengaruh terhadap aspek kognitif fisika peserta didik.


Keywords


model pembelajaran KOSAJI, aspek kognitif

References


Anderson, L. W. & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing a Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman, Inc.

Arizona, K. (2020). Inovasi Pembelajaran Fisika di Era Revolusi Industri 4.0. Mataram: Sanabil.

Arizona, K. (2020). Elevating Students'competence Based Ict In The Era Of Industrial Revolution 4.0. Journal of Teaching and Learning Physics, 5(2), 48-59.

https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jtlp/article/view/7987

DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v5i2.7987

Arizona, K. Pengaruh Media Tiga Dimensi Kemagnetan Berbasis Inkuiri melalui Strategi Koopertif terhadap Kecakapan Sosial, Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Fisika Peserta didik Kelas IX, Tesis S2, Universitas Mataram, 2013.

Arizona, K., Harjono, A. & Jufri, A.W. (2013). Pengaruh Implementasi Media Tiga Dimensi Kemagnetan Berbasis Inkuiri (MTDKBI) melalui Strategi Kooperatif terhadap Kecakapan Sosial. Jurnal Erudio, 1(2), 134-138.

https://erudio.ub.ac.id/index.php/erudio/article/view/129

Daryanto. (2001). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Eggen, P., dan Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Satrio Wahono (Penerjemah). Indeks: Jakarta.

Furchan, A. (1982). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Hamalik, O. (2004). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bumi Aksara: Jakarta.

Harjono, A., Jufri, A.W., & Arizona, K. (2015). Implementasi Media Tiga Dimensi Kemagnetan Berbasis Inkuiri Melalui Strategi Kooperatif Terhadap Sikap Ilmiah Peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 15-23.

http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/view/23

DOI: http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v1i1.231

Ibrahim, M., Rachmadiati, F., Nur, M. & Ismono. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Pusat Sains dan Matematika Sekolah. Program Pascasarjana UNESA. Surabaya: University Press.

Nur, M., dan Wikandari, P.R. (2000). Pengajaran Berpusat kepada Peserta didik dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Pusat Studi Matematika dan IPA Sekolah UNESA. Surabaya: University Press.

Qudsyi, H., Indriaty, L., Herawaty, Y., Khaliq, I., & Setiawan, J. (2020). Pengaruh metode pembelajaran kooperatif (cooperative learning) dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik SMA. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 6(2), 34-49.

http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/article/view/245

DOI: http://dx.doi.org/10.30659/p.6.2.34-49

Riduwan. 2010. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Jakarta: Alfabeta.

Rumansyah, R., Kosim, K., & Soeprianto, H. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kosaji pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2).

http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/42

DOI: 10.29303/jppipa.v2i2.42

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, W. (2011). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto. (2006). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, R. E. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik Jilid II Edisi Kesembilan. Penerjemah Marianto Samosir. Jakarta: Indeks.

Sudjana, N. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Usman, U. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v6i1.10480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Journal of Teaching and Learning Physics indexed by: