ANALISIS KESIAPAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA UNIKAMA PADA PENERAPAN PEMBELAJARAN E-LEARNING


Meriana Nedi Lawu(1*), Nurul Ain(2), Maris Kurniawati(3)

(1) UNIVERSITAS PGRI KANJURUHAN MALANG, Indonesia
(2) Universitas PGRI Kanjuruhan, Indonesia
(3) Universitas PGRI Kanjuruhan, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui kesiapan mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Unikama (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang) dalam menggunakan pembelajaran online/e-learning, dan (2) Mengetahui efektivitas penggunaan e-learning di Unikama. Subyek  penelitian adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Unikama sejumlah  77 orang. Data dikumpulkan melalui  metode survey. Instrumen berupa  angket berisi 24 pertanyaan  menggunakan metode check list dengan skala paling rendah 1 hingga skala paling tinggi 5. Data dianalisis secara kuantitatif untuk mendiskripsikan kesiapan dan efektifitas pembelajaran e-learning di Unikama. Menurut temuan penelitian bahwa mahasiswa sudah siap dalam hal keterampilan menggunakan laptop/smartphone, dan pemahaman terhadap pembelajaran e-learning, dan kesiapan dalam menerima materi pembelajaran melalui e-learning. Namun mahasiswa belum siap dalam hal jumlah waktu untuk penyelesaian tugas-tugas yang banyak sehingga menurut mahasiswa pembelajaran e-learning belum efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah mahasiswa sudah siap dalam penerapan pembelajaran e-learning namun belum efektif dalam segi waktu.

Kata Kunci: Pembelajaran e-learning, kesiapan, efektifitas, smartphone

References


Alimuddin, T. R., & Nadjib, M. (2016). Intensitas Penggunaan E-learning dalam Menunjang Pembelajaran Mahasiswa Program Sarjana (S1) di Univeristas Hasanuddin. Kareba: Jurnal Ilmu Komunikasi. 4(4), 387-398.

Anggraini. (2015). Pengukuran Tingat Kesiapan E-Learning Menggunakan Technologi Readiness Indeks Studi Kasus Uin Suska Riau, Jurnal Sistem Informasi. Vol 5 (3), 237- 241.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 2 (1), 55-61.

Dangol, R., & Shrestha, M. (2019). Learning readiness and educational achievement among school students. The International Journal of Indian Psychology, 7(2), 467- 476.

Dzalila, L., Ananda, A., & Zuhri, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Pemahaman Belajar Mahasiswa. Jurnal Signal, 8(2), 203-214.

Faslah, R., & Santoso, H. B. (2017). Analisis kesiapan implementasi e-learning menggunakan e-learning readiness model. POSITIF : Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 3(2), 113.

Fajri, S. (2018). Pengukuran Tingkat Kesiapan Penerapan E-Learning Di SMK N 1 Banyumas. Universitas Negeri Yogyakarta.

Kristanto, W. H., & Santhalia, P. W. (2021). Efektivitas Pembelajaran Fisika Daring di Era Pandemi Covid-19 Pada Sekolah yang Kesulitan Akses Internet (Studi Kasus Sekolah di Kabupaten Sumba Barat). Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 196-202.

Narbuko, C., & Achmadi, A. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Angkasa.

Nurul, A. (2020). Efektifitas Pembeljaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid-19). Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 65-75.

Rusman, D. K. dan Riyana C. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Penerbit Raja Grafindo Persada.

Sulaiman, J. M. (2020). Pengaruh Media Belajar Smartphone Terhadap Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19:(The Influence of Smartphone Learning Media on Student Learning in The Era Pandemi Covid-19). Indonesian Educational Administration and Leadership Journal, 2(2), 94 -106.

Sujarweni, W. (2015). SPSS untuk Penelitian.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

Seakow, A., & Samson, D. (2011). A Study of E-Learning Readiness of Thailand’s Higher Education Comparing to The United States of America. Computer Research and Development (ICCRD). Shanghai: IEEE, Vol 2, hal 287-291.

Setiaji, B., & Dinata, P. A. C. (2020). Analisis kesiapan mahasiswa jurusan pendidikan fisika menggunakan e-learning dalam situasi pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 6(1), 59-70.

Slameto (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Tambunan H. (2010). Model Pembelajaran Berbasis E-Learning Suatu Tawaran Pembelajaran Masa Kini Dan Masa Yang Akan Datang. Jurnal Generasi Kampus. Vol 3 (2) 92-114.

Winarti, P. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa dalam Perkuliahan Konsep Dasar IPA Fisika Secara Daring di Masa Pandemi Covid- 19. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 5(1), 93-107.

Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177.




DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v8i1.17854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Journal of Teaching and Learning Physics indexed by: