Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi canva untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa


Ima Setiani(1*), Rosane Medriati(2), Andik Purwanto(3), Marvellino Ubaidillah Uhum(4)

(1) Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Universitas Bengkulu, Indonesia
(4) Universiti Teknologi Malaysia, Malaysia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi canva yang telah dikembangkan dan mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi suhu, kalor, dan perpindahan kalor. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri atas  5 tahapan yaitu Analyze, Design, Development , Implementation, dan evaluation. Subjek penelitian berjumlah 36 siswa di kelas XI IPA  di SMAN 8 Kota Bengkulu. Instumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi, wawancara, analisis kebutuhan, validasi media, dan N-gain. Hasil analisis kebutuhan peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif sebesar 85%, yang menyatakan bahwa peserta didik sangat setuju dan membutuhkan media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Analisis data validasi media  memperoleh persentase sebesar 86,85%  dan N-gain sebesar 0,71 yang menyatakan bahwa media tersebut layak digunakan dan cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep.


Keywords


Media pembelajaran interaktif; pemahaman konsep; fisika;aplikasi canva

References


Admelia, M., Farhana, N., Agustiana, S. S., Fitri, A. I., & Nurmalia, L. (2022). Efektifitas penggunaan aplikasi Canva dalam pembuatan modul pembelajaran interaktif Hypercontent di Sekolah Dasar Al Ikhwan. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 177.

Dalilah, K., Heni Rusnayati, Kaniawati, I., & Departemen. (2023). PEMANFAATAN Komik Berbasis Brain Based Learning Sebagai Sumber Pemahaman Konsep. Journal of Teaching and Learning Physics, 2, 81–88.

Fadilah,H. (2020). Pengembangan Modul Suhu dan Kalor Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Melatihkan Literasi Sains Peserta Didik di SMA. Skripsi,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan : Universitas Bengkulu.

Faizah, silvia nur. (2017). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah, 01, 1–23.

Hendawati, Y., & Kurniati, C. (2017). Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Pada Materi Gaya Dan Pemanfatannya. Metodik Didaktik, 13(1).

Jannah, M., Harijanto, A., & Yushardi. (2019). Aplikasi Media Pembelajaran Fisika Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor Terhadap Hasil Belajar Siswa Smk. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8, 66–72.

Kriyanto, B., Suparmi, & Sarwanto. (2019). Pengembangan modul fisika dengan pendekatan saintifik materi listrik statis untuk peserta didik kelas XII SMA / MA. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 10–18.

Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68–75.

Kurniawati, I., Sarifudin, S., & Widawati, W. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Video Pembelajaran Mata Pelajaran Fisika Jenjang Sma. Jurnal Teknodik, 25(2), 107.

Nisa, U., Yuliani, H., Syar, N. I., & Nastiti, L. R. (2021). Meta Analisis Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Pada Pembelajaran Fisika. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika,

(1), 64–73.

Nurhalisa, S. S., & Sukmawarti. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbantuan Canva Pada Pembelajaran IPA Dengan Pendekatan Saintifik. Journal Ability : Journal of Education and Social Analysis, 3(1), 38.

Panjaitan, M. B., & Siagian, A. (2020). The effectiveness of inquiry based learning model to improve science process skills and scientific creativity of junior high school students. Journal of Education and E-Learning Research, 7(4), 380–386.

Pelangi, garris. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 1–18.

Peranti, P., Purwanto, A., & Risdianto, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Mofin (Monopoli Fisika Sains) Pada Siswa Sma Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1), 41–48.

Pilendia, D. (2020). Pemanfaatan Adobe Flash Sebagai Dasar Pengembangan Bahan Ajar Fisika : Studi Literatur. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(2), 1–10.

Purnamasari, N. L. (2019). Metode Addie Pada Pengembangan Media Interaktif Adobe Flash Pada Mata Pelajaran TIK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 5(1), 23–30.

Putra, D. P. (2021). Pengembangan media pembelajaran fisika menggunakan kartun 3D. Jurnal Literasi Digital, 1(2), 88–93.

Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178.

Richardo, R. (2016). Peran Ethnomatematika dalam Penerapan Pembelajaran Matematika. Literasi, 7(2), 118–125.

Risqa, M., Saehana, S., & Darmadi, I. W. (2021). Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI IPA SMA/MA Pada Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, 9(December), 108–112.

Riwanto, D., Azis, A., & Arafah, K. (2019). Analisis pemahaman konsep peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal fisika kelas x mia sma negeri 3 soppeng. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 15(2), 23–31.

Sahronih, S., Purwanto, A., Sumantri, M. S., & Koto, I. (2023). The effect of interactive learning media on students’ science learning outcomes. Journal of Teaching and Learning Physics 8, Part F1483, 20–24.

Sugiyono, Sutarman, & Rochmadi, T. (2019). Pengembangan Sistem Computer Based Test (Cbt) Tingkat Sekolah, Indonesian Journal of Business Intelligence. 2(1), 1–8.




DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v9i1.31633

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Journal of Teaching and Learning Physics indexed by: