MENGANALISIS HUBUNGAN RODA-RODA MENGGUNAKAN APLIKASI TRACKER


Resy Fauziah Ratna Nurzaman(1*), Sri Rizki Nurhayati(2), Muhammad Rifki Alfiansyah(3), Ea Cahya Septia Mahen(4), Dedi Kuntadi(5)

(1) Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(3) Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(4) Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(5) Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam kehidupan sehari-hari, banyak peristiwa Gerak Melingkar Beraturan yang dapat kita temui. Dalam penelitian ini, kami mencoba untuk membuat alat peraga sederhana yang terkait dengan hubungan roda-roda dari alat dan bahan yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah membuktikan hubungan roda-roda menggunakan aplikasi tracker. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan membuat alat peraga sederhana yang dianalisis melalui video menggunakan aplikasi tracker. Hasil analisis menunjukkan bahwa roda-roda yang dihubungkan dengan tali memiliki kecepatan linear yang sama, akan tetapi untuk roda-roda sepusat kecepatan angularnya berbeda. Hasil penelitian ini dapat dikembangkan dengan menggunakan alat dan bahan yang lebih baik dari yang kami gunakan.

Keywords


Gerak Melingkar Beraturan, Analisis Video, Tracker, Alat Peraga Sederhana

References


Alatas, F., Mulhayatiah, D., & Jahrudin, A. (2015). Penggunaan Alat Peraga Rotation Timer dan Roda Fleksibel untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 1(1), 60-75.

Fitriyanto, I., & Sucahyo, I. (2019). Penerapan Software Tracker Video Analyzer pada Praktikum Kinematika Gerak. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 05(03), 92-97.

Giancoli, D. (2001). Fisika. Jakarta: Erlangga.

Iqbal N., M., Mursyod, S., & Sirait, J. (n.d.). Pengaruh Pembelajaran Gerak Melingkar Beraturan Beraturan Alat Peraga Portable Board terhadap Hasil Belajar Siswa . 1-12.

Nasir, S. &. (2016). PERANCANGAN DAN PEMBANGUNAN MULTIMEDIA INTERAKTIF. Jurnal Pendidikan, 86-96.

Nasir, S. (2016). PERANCANGAN DAN PEMBANGUNAN MULTIMEDIA INTERAKTIF. Jurnal Pendidikan, 86-96.

Setiawan, M. D., & Prabowo. (2016). Pengembangan Alat Peraga Hubungan Roda- Roda pada Materi Gerak Melingkar Beraturan untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa di SMAN 1 Sidoarjo. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 05(03), 244-248.

Susilo. (2016). Gerak Melingkar Beraturan. Jakarta: KEMENDIKBUD.




DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v3i1.6547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Journal of Teaching and Learning Physics indexed by: