Analisa Potensi Penguatan Marketing Exposure dalam Peningkatan Awareness Makanan Halal di Jepang: Halal Gourmet Japan


Chinthia Putri Eriany(1*)

(1) Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pertumbuhan masyarakat muslim tiap tahunnya dinilai sangat tinggi. Oleh karena itu pemenuhan kebutuhan akan makanan halal pun juga dinilai setara. Tidak hanya di negara mayoritas muslim, tentu hal ini juga menjadi sorot perhatian bagi negara non-muslim lainnya. Mengingat Jepang yang dinilai berpotensi dari segi budaya dan teknologi pun berusaha memanfaatkan fenomena tersebut untuk meningkatkan daya jual wisatanya, khususnya melalui kuliner. Tentu untuk memperluas jangkauannya, Jepang perlu membagikan informasi seputar negaranya sesuai dengan perkembangan zaman melalui pemanfaatan sosial media. Melalui penelitian dengan metode kualitatif ini, peneliti akan menganalisa dengan pendekatan deskriptif mengenai pengaruh intensitas penggunaan Instagram Halal Gourmet Japan sebagai akun yang membagikan konten seputar makanan halal khas Jepang. Data yang digunakan pada peneliti kali ini adalah data sekunder yakni akun dan laman terkait Halal Gourmet Japan dan jurnal terkait sebagai bahan pendukung untuk melakukan analisa lebih lanjut. Dengan menggunakan konsep marketing exposure, peneliti akan meninjau bagaimana Halal Gourmet Japan mampu memanfaatkan aspek konsistensi dalam memberikan dampak yang cukup masif pada perkembangan wisata dan kuliner di Jepang di ranah global.


Keywords


Kuliner Halal Jepang; Masyarakat Muslim; Eksposure Marketing

Full Text:

PDF

References


Amat, S. (2006). Halal – new market opportunities. The 9th Efficient Consumer Response (ECR) Conference.

Annur, C. M. (2022, November 23). Ini Media Sosial dengan Pengguna Terbanyak pada Oktober 2022. Databoks Katadata. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/23/ini-media-sosial-dengan-pengguna-terbanyak-pada-oktober-2022

Baharuddin, K., Kassim, N. A., Nordin, S. K., & Buyong, S. Z. (2015). Understanding the Halal Concept and the Importance of Information on Halal Food Business Needed by Potential Malaysian Entrepreneurs (22nd ed., Vol. 5). International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. 10.6007/IJARBSS/v5-i2/1476

CrescentRating. (2014). Muslim visitor arrivals to Japan to reach 1 million by 2020. https://www.crescentrating.com/magazine/press-releases/3835/muslim-visitor-arrivals-to-japan-to-reach-1-million-by-2020.html

Creswell, J. W. (2016). Research design: Pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran (Vol. 4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hasni, N. (2020). Muslim Tourist in Japan [Interview]. Japan.

Hirofumi, T. (2021, April 13). Ramadan keempat mualaf Jepang: 'Cowok biasa' dulu sekuler sekarang punya 'tujuan hidup'. BBC. https://www.bbc.com/indonesia/majalah-56719929

Hjalager, A. M., & Richards, G. (2002). Tourism and Gastronomy. London and New York: Routledge, 11.Jafari, J., & Scott, N. (2014, January). Muslim world and its tourisms. Annals of Tourism Research, 44, 1-19. https://doi.org/10.1016/j.annals.2013.08.011

Kemp, S. (2021, January 27). Digital 2021: the latest insights into the ‘state of digital’. We Are Social. https://wearesocial.com/uk/blog/2021/01/digital-2021-the-latest-insights-into-the-state-of-digital/

Kosin, M. (2019, June 7). 7 Creative Ways to Increase Brand Exposure. G2 Learning Hub. Retrieved January 13, 2023, from https://learn.g2.com/increase-brand-exposure

Mujar, N. A., & Hassan, N. (2015). The Economics of Halal Industry (136th ed., Vol. 1). Journal of Experimental Psychology: General.

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Jakarta: Cipta Media Nusantara.

SAH. (2018, May 12). Indonesia Diprediksi Masuk Era 'Halal Boom' Tahun Depan. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20180512151436-92-297628/indonesia-diprediksi-masuk-era-halal-boom-tahun-depan




DOI: https://doi.org/10.15575/likuid.v3i1.23409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Tools

  

 LIKUID Jurnal EkonomI Industri Halal Indexed by

       

 

Sharia Economics Study Program

Faculty of Islamic Economics and Business

UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jln. AH. Nasution No. 105 Bandung 40614
Phone/Fax. 022-7802278, Email: eksyar@uinsgd.ac.id

 

View My Stats