Analisis keunggulan komparatif Produk Halal dalam Perdagangan Internasional

Authors

  • Reni Rahmawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Dadang Husen Sobana UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/likuid.v3i2.26863

Keywords:

Keunggulan Komparatif, Sertifikasi, produk halal, perdagangan internasional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keunggulan komparatif produk halal dalam perdagangan Internasional. Munculnya lembaga sertifikasi halal di seluruh dunia menunjukkan bahwa isu halal telah menjadi tren global, membuat barang halal lebih banyak tersedia dalam perdagangan global. Dengan meninjau materi terkait dan memantau proses penerapan sistem jaminan halal Indonesia, studi ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif. Informasi diperoleh dari jurnal, buku, dan sumber elektronik. Temuan studi tersebut menunjukkan bahwa persiapan produk halal sudah dilakukan untuk memperluas pasarnya ke luar negeri, khususnya di Indonesia. Sebagai negara agraris dan maritim dengan potensi ekonomi yang besar, Indonesia memiliki keunggulan komparatif.

References

rmanios, Febe, Ergene, Bogac. 2018. Halal Food: A History. United State of America: Oxford University Press.

Ayers, A. D. 2005. Industrial Research Institute‘s R&D Trend Forecasts for 2005. Research Technology Management, January – February, 18–22.

Evans AD, Evans S. 2012. Halal Market Dynamic: An Analysis. London (UK): Imarat Consultants

Fahmi, Syaifuddin. 2017. Halal Labeling Effect on Muslim Consumer Attitide and Behavior. Advances in Intelegent Systems Research Vol. 131. https://www.researchgate.net/publication/318802786_Halal_labeling_effe ct_on_muslim_consumers_attitude_and_behavior. Diakses pada 17 Mei 2023.

Griffin ML, Hogan NL, Lambert EG, Tucker-Gail KA& Baker DN. 2010. Job Involvement, Jobstress, Job Satisfaction, and Organizational Commitment and The Burnout of Correctional Staff. Criminal Justice and Behavior37 (2): 239–255.

Nasrullah, Aan. 2018. “Analisis Potensi Industri Halal Bagi Pelaku Usaha Di Indonesia.†Jurnal At-Tahdzib. Vol.6(1): 50-78

Nopirin, 2014. Ekonomi Internasional: Edisi 3. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta

Purnomo, Dwi, 2011. Strategi Pengembangan Agroindustri Halal Dalam Mengantisipasi Bisnis Halal Global, Disertasi Institut Pertanian Bogor.

Putra, Panji Adam Agus, 2017. “Kedudukan Sertifikasi Halal Dalam Sistem Hukum Nasional Sebagai Upaya Perlindungan Konsumen Dalam Hukum Islam,†Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah. Vol.1(1): 150-165.

Riaz, Mian N., Chaudry, Muhammad M. 2004. Halal Food Production. United State of America: CRC Press.

Schumpeter, J. A. 1983. The Theory of Economic Development. New Brunswick, NJ, USA: Transaction Publishers.

Sholahuddin, H. Muhammad. 2011. Kamus Istilah Ekonomi, Keuangan, & Bisnis Syariah. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Tambunan, Tulus. 2001. Perdagangan Internasional dan Neraca Pembayaran. Jakarta: LP3ES.

Tjitoresmi, Endang. Suhodo, Diah S. 2014. Peluang Usaha Produk Halal di Pasar Global: Perilaku Produsen Dalam Memproduksi Produk Halal. Jakarta: LIPI Press.

Downloads

Published

2023-07-01

Citation Check