Analysis of Literacy Levels and Determinant the Purchase of Halal Cosmetics and Skincare among High School Students


Dita Juliastuti(1*), Fitrhriyah Salsabila(2), Asma Taqiyyah(3), Aisy Yunita(4), Cut Nahra Putri Rizqya(5)

(1) IPB University, Indonesia
(2) IPB University, Indonesia
(3) IPB University, Indonesia
(4) IPB University, Indonesia
(5) IPB University,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Saat ini kosmetik menjadi barang yang wajib dimiliki dalam kehidupan sehari-hari yang tidak hanya digunakan oleh wanita, tetapi juga pria. Umat muslim saat ini sangat memperhatikan kehalalan makanan yang dikonsumsi, termasuk kehalalan kosmetik yang digunakan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Bogor dalam pembelian produk kosmetik halal. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dan metodeStructural Equation Model – Partial Least Squares (SEM-PLS). Analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan tingkat literasi siswa, sedangkan analisis SEM-PLS digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian kosmetik dan skincare halal pada siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan penyampaian materi yang dilakukan oleh peneliti memberikan dampak positif terhadap peningkatan literasi halal di kalangan pelajar SMA di Kota Bogor. Sementara itu, hasil analisis SEM-PLS menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara labelisasi halal terhadap keputusan pembelian kosmetik dan skincare halal di kalangan pelajar SMA.Sedangkan Islamic branding, harga, dan promosi tidak berpengaruh signifkan.  

Keywords


Tingkat Literasi Halal, Kosmetik Halal, Siswa Sekolah Menengah Atas, Keputusan Pembelian, Pemodelan Persamaan Struktural

Full Text:

PDF

References


Aisyah, N., Rahman, M., A., Aisyah, S. 2021. Analsisi Islamic Branding Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Melalui Brand Awareness Sebagai Mediasi Pada Remaja Wanita di Kota Makassar. Sipakalebbi: Pusat Studi Gender dan Anak UM Alauddin Makassar, 5(2): 180-196.

Amri, A. D., Sherna, P., Marpaung, A. P., Kiptiah, A. M., Zulfikar, B., HSB, N. A., & Safatullah, R. A. (2023). The Influence of Islamic Branding, Halal Awareness, and Product Ingredients on Purchasing Decisions of Cosmetic and Skincare Products. Journal of Sharia Economics, 5(1), 70-77.

Chen, H., & Volpe, R. P. (1998). An Analysis of Personal Financial Literacy among College Students. Financial Services Review, 7(2), 107-128.

El-Farobie, F., Muharir, Setiawan, B. 2021. Pengaruh Labelisasi Halal Produk Skincare Terhadap Keputusan Pembeli (Studi Kasus di Klinik Elsha Kota Palembang). Jimesha: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah, 1(2): 115-124.

Genoveva, G., & Utami, N. N. (2020). The influence of brand image, halal label, and halal awareness on customers purchasing decision of halal cosmetic. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 4(2), 355-365.

Hair, J., Hult, G. T. M., Ringle, C.M., & Sarstedt, M. (2014). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Publications S, editor. US.

Hasibuan, A. F., Rahmani, N. A. B., & Harahap, R. D. (2023). The Influence of Promotion, Halal Label, and Price on Muslim Consumer Decisions to Buy Food and Beverages in Online Applications with Discounts as A Moderating Variable in The City of Medan. Journal of Management and Business Innovations, 5(01), 15-25.

Larasati, S., F., Safitri, U., R., Rahayu, L., P. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Kosmetik (Studi Kasus Pada Keputusan Pembelian Produk Wardah Kosmetik di Toko Evia Cosmetik Kartasura). Ekobis: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 9(2): 184-193.

Maryam, A. (2022). Analysis of Halal Literacy Level on Halal Awareness and Use of Halal Products. IQTISHODUNA: Jurnal Ekonomi Islam, 11(1), 85-96.

Sari, F.,, M., Makhrian, A., Buldam, K. 2018. Pengaruh Label Halal dan Harga Terhadap Keputusan Membeli Produk Kosmetik Wardah (Studi Pada Mahasiswi Prodi Manajemen Universitas Bengkulu). Jurnal Professional FIS UNIVED, 5(1): 26-31.

Susilawati, C., Joharudin, A., Abduh, M., & Sonjaya, A. (2023). The Influence of Religiosity and Halal Labeling on Purchase Intention of Non-Food Halal Products. Indonesian Journal of Halal Research, 5(2), 77-89.

Umah, K. A., & Herianingrum, S. (2018). The Influence of Halal Label, Promotion and Price Toward Purchasing Decision on Over the Counter Medicine. Promotion and Price Toward Purchasing Decision on Over the Counter Medicine (February 12, 2018).




DOI: https://doi.org/10.15575/likuid.v4i1.32428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Tools

  

 LIKUID Jurnal EkonomI Industri Halal Indexed by

       

 

Sharia Economics Study Program

Faculty of Islamic Economics and Business

UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jln. AH. Nasution No. 105 Bandung 40614
Phone/Fax. 022-7802278, Email: eksyar@uinsgd.ac.id

 

View My Stats