Kegiatan Media Monitoring pada Media Online Biro Administrasi Pimpinan

Authors

  • Tasya Nur Kholida UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Encep Dulwahab UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/reputation.v9i1.38847

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami kegiatan media monitoring yang dilakukan oleh Biro Administrasi Pimpinan di Provinsi Jawa Barat, berdasarkan konsep tahapan media monitoring dari Iswandi Syahputra. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif kualitatif, yang melibatkan observasi partisipatif pasif dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan media monitoring mencakup tiga tahapan utama yang pertama Data Mining, melibatkan penentuan kata kunci dan pengumpulan data dari media online. Kedua, Pengolahan Data, di mana data mentah diubah menjadi format yang siap dianalisis, termasuk identifikasi tone berita. Ketiga, Analisis dan Pelaporan, yang menganalisis serta melaporkan data berdasarkan kurun waktu tertentu untuk menjaga citra pimpinan dan lembaga. Kata Kunci : Citra Pimpinan, Media Monitoring, Tone Berita This research aims to understand the media monitoring activities carried out by the Bureau of Leadership Administration in West Java Province, based on the concept of media monitoring stages from Iswandi Syahputra. This research uses the constructivism paradigm with a qualitative approach and qualitative descriptive method, which involves passive participatory observation and in-depth interviews. The results showed that media monitoring activities include three main stages, the first being Data Mining, which involves determining keywords and collecting data from online media. Second, Data Processing, where raw data is converted into a format ready for analysis, including the identification of news tones. Third, Analysis and Reporting, which analyzes and reports data based on a certain period of time to maintain the image of leaders and institutions. Keywords: Leader Image, Media Monitoring, News Tone

References

% masyarakat Indonesia konsumsi berita online. (2016, Maret 16). Okezone. Diakses pada 5 November 2020 pukul 11.34 dari https://economy.okezone.com/read/2016/03/16/320/1337230/96-masyarakat-indonesia-konsumsi-berita-online

Abdillah, W., & Hartono. (2015). Partial least square (PLS). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Akbar, A. (2005). Menguasai internet plus pembuatan web. Bandung: Penerbit M2S.

Andjani, M. (2009). Media relations sebagai upaya pembentuk reputasi organisasi. Sultan Agung, 45(119).

Ardianto, E. (2007). Komunikasi massa: Suatu pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

__________. (2014). Metode penelitian untuk public relations kuantitatif dan kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ardianto, E., dkk. (2007). Komunikasi massa: Suatu pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astiti, R., & Beywiyarno. (2020). Aktivitas media monitoring di PT. Bisnis Indonesia Konsultan (Bisnis Indonesia Intelligence Unit). Prosiding Seminar Nasional Riset Teknologi Terapan, 1(1).

Averill, B. (1997). Media relations for small non-profit organizations. Interpreter, Mei 1997.

______________. Personal control over aversive stimuli and its relationship to stress. Psychological Bulletin, 80, 286-303.

Ayun, P. Q. (2015). Fenomena remaja menggunakan media sosial dalam membentuk identitas. Jurnal Komunikasi, 3(2).

Biro Administrasi Pimpinan. (2023). Website Biro Adpim. Diakses pada 16 Oktober 2023 dari https://biroadpim.jabarprov.go.id/

Comcowich, W. J. (2010). Media monitoring: The complete guide. New York: Cyber Alert Inc.

Creswell, J. W. (2012). Research design: Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). California: Sage Publishing.

Fadilah, K. (2020). Aktivitas media relations konsultan public relations Media Buffet dalam membantu pembentukan citra perusahaan klien. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian Program Studi Ilmu Komunikasi, 6(2), 548-550.

Falah, S. (2022). The activity of media public relations monitoring financial management agency Haji Republic Indonesia. Bandung Conference Series, 2(1), 26.

Fitz, J. M. (2004). Dictionary for library and information science. Westport, Connecticut: Libraries Unlimited.

Gunawan, A. (2020). Kegiatan media monitoring Humas Pemerintah Kota Cimahi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2).

Hartono. (2015). Sistem informasi manajemen. Yogyakarta: Andi Offset.

Henny Destiana, A. H. A. (2013). Sistem pengolahan data media monitoring berbasis web pada PT. Indoprima Media Pratama. Pilar Nusa Mandiri, IX(2), 184–194.

Iriantara, Y. (2004). Manajemen strategis public relations. Jakarta: Ghalia.

________. (2019). Media relations: Konsep, pendekatan, dan praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Jones, A. (2019). Effective daily reporting in business. New York: Business Press.

Kriyantono, R. (2006). Teknik praktis riset komunikasi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Maulida, W. (2020). Aktivitas media monitoring Biro Humas Kementrian Perdagangan Republik Indonesia. Prosiding Hubungan Masyarakat, 6(2), 166-168.

Maureein, W., & Vidyarini. (2020). Proses aktivitas media relations di WWF-Indonesia. Jurnal E-komunikasi: Program Studi Ilmu Komunikasi, 6(2), 548-550.

Moleong, L. (2004). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2007). Ilmu komunikasi: Suatu pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurdiansyah, A., & Kartika, R. (2020). Penerapan media relations dalam mempertahankan reputasi Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Ekspresi dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 48. https://doi.org/10.33822/jep.v3i1.1519

Pamuji, E. (2019). Media cetak vs media online: Perspektif manajemen dan bisnis media massa. Surabaya: Unitomo Press.

Smith, J. (2020). Analisis sentimen dalam media massa. Jakarta: Penerbit Media.

Soemirat, S., & Ardianto, E. (2010). Dasar-dasar public relations. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kombinasi (mix methods). Bandung: Alfabeta.

______. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Remaja.

Sukmayani, O., & Jamroji, J. (2021). Media monitoring model in public relations of BUMN (State-owned enterprises) companies. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 4(2), 197-212. https://doi.org/10.31538/almada.v4i2.1284

Suprawoto. (2018). Government public relations: Perkembangan & praktik di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.

Syahputra, I. (2019). Media relations: Teori, strategi, praktik dan media intelijen. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Syamsul, A. (2012). Jurnalistik online: Panduan mengelola media online. Bandung: Nuansa Cendikia.

Wardani, D. (2008). Media relations: Sarana membangun reputasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Widjaja, H. (2010). Komunikasi dan hubungan masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-09-25

How to Cite

Kholida, T. N., & Dulwahab, E. (2024). Kegiatan Media Monitoring pada Media Online Biro Administrasi Pimpinan. Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat, 9(1), 81–98. https://doi.org/10.15575/reputation.v9i1.38847

Citation Check