MANAJEMEN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI MADRASAH
DOI:
https://doi.org/10.15575/isema.v3i1.3287Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan manajemen implementasi kurikulum 2013 di Madrasah Tsanawiyah (penelitian di Madrasah Tsanawiyah Az-Zahra Kota Bandung). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan penyajian data. Di Madrasah Tsanawiyah Az-Zahra Kota Bandung, peneliti menemukan beberapa fakta tentang kegiatan implementasi kurikulum 2013, yaitu kurikulum 2013 yang menjadi kurikulum inti dalam kegiatan belajar mengajar di madrasah tersebut dipadukan dengan kurikulum untuk memperkuat segi keagamaan siswa yang menjadi ciri khas pendidikan Islam yang ada di Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian, manajemen implementasi kurikulum 2013 di Madrasah Tsanawiyah Az-Zahra Kota Bandung, yaitu: (1) perencanaan kurikulum 2013, (2) pengorganisasian kurikulum 2013, (3) implementasi kurikulum 2013, (4) evaluasi kurikulum 2013, (5) faktor penunjang dan penghambat implementasi kurikulum 2013, (6) hasil manajemen implementasi kurikulum 2013 di Madrasah Tsanawiyah Az-Zahra Kota Bandung.References
Andang, (2014). Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Arifin, Z., (2012). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Darajat, Z., dkk, (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Majid, A. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Interes Media.
Fitri, A. Z. (2013). Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam Dari Normatif, Filosofis Ke Praktis. Bandung: Alfabeta.
Gunawan, H. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta.
, (2014). Pendidikan Karakter. Bandung: ALFABETA.
Hamalik, O. (2010). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
, (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Irawan, (2014). Filsafat Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: CP. Cendekiapratama.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Dan penyelenggaraan Pendidikan.
Rusman, (2014). Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Sukmadinata, N. S. (2012). Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tafsir, A. (2011). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Rosdakarya.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).