REFLEKSI PENGABDIAN PADA MASA PANDEMI: PENDIDIKAN KARAKTER BAGI REMAJA MELALUI PQH STUDI KASUS PADA YAYASAN MIFTAHUS SHIDDIQ CIMAHI JAWA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.15575/jak.v5i1.15529Keywords:
Pandemi, Pendidikan Karakter, RemajaAbstract
Kenakalan remaja di masa pandemi menjadi hal yang memprihatinkan pada saat ini. Pengabdian ini bertujuan untuk melaksanakan partisipasi dalam menemukan program yang membangun karakter anak remaja melalui program keagamaan. Metode pengabdian ini menggunakan participation action research. Hasil pengabdian menunjukan bahwa keberhasilan dalam mengatasi permasalahan yang terjadi dalam dunia pendidikan remaja. Penerapan model ini dimulai sejak refleksi sosial, perencanaan partisipatif, dan hingga pelaksanaan program. Keberhasilan pengabdian ini dilihat dari indikator perubahan karakter anak remaja. Adapun indikator perubahan karakter remaja meliputi timbulnya keaktifan dalam organsisasi Karang Taruna yang sebelumnya vakum, diadakannya pengajian rutinan, meningkatnya kesadaran untuk membangun self-regulation dengan diadakannya berbagai macam kegiatan positif seperti peningkatan budaya literasi, belajar berkebun, serta diskusi bersama memecahkan permasalahan yang ada.
References
Agus, Zulkifli. 2019. Konsep Pendidikan Islam Bagi Remaja Menurut Zakiah Daradjat. Raudhah Pround To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah 4(1):11–24.
Annur, Fauzi. 2016. Pendidikan Karakter Berbasis Keagamaan (Studi Kasus Di SDIT Nur Hidayah Surakarta). Ar-Tarbawi 1(1):39–55.
Asrori, Muhammad Zainul. 2021. Pendidikan Agama Berbasis Pesantren Untuk Meningkatkan Religiusitas Siswa Di Masa Pandemi Covid 19: Studi Kasusu Di SMK PGRI 2 Ponogoro. Skripsi. IAIN Ponorogo.
Batubara, Jose RL. 2016. Adolescent Development (Perkembangan Remaja). Sari Pediatri 12(1):21–29.
Budiman, Haris. 2015. Kesadaran Beragama Pada Remaja Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 6(1):16–26.
Gainau, Maryam B. 2015. Perkembangan Remaja dan Problematikanya. Yogyakarta: PT Kanisius.
Lestari, Puji. 2012. Fenomena Kenakalan Remaja Di Indonesia. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 12(1):16–38.
Lestarina, Eni, Hasnah Karimah, Nia Febrianti, Ranny, and Desi Harlina. 2017. Perilaku Konsumtif Dikalangan Remaja. JRTI: Jurnal Riset Tindakan Indonesia 2(2):1–6.
Martoredjo, Nikodemus Thomas. 2020. Pandemi Covid-19: Ancaman Atau Tantangan Bagi Sektor Pendidikan. Jurnal Binus 7(1):1–15.
Masaropah, Umi, Suharto, Daluti Delimanugari, Agus Suprianto, Rubini, Retno Kurnianingsih, and Citra Ayudiati. 2019. Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Industri Kreatif Bagi Jamaah Wanita Majelis Taklim Di Desa Kepek. Jurnal Nuansa Akademik 4(2):1–12.
Nursalam, Muhammad Nawir, Suardi, and Hasnah. 2020. Model Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar, CV. Aa Rizky.
Prasetya, Eska Perdana, Abdulrahman, and Fatihah Rahmalia. 2018. Pemberdayaan Masyarakat Tentang Kesehatan, Pendidikan Dan Kreatifitas. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 2(1):19–25.
Rahmat, Abdul, and Mira Mirnawati. 2020. Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 6(1):62–71.
Ridho, Muhammad Zainor. 2011. Signifikansi Metode (PAR) Dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat (Bazda Kabupaten Serang). Dedikasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(3):1–13.
Rosidatun. 2018. Model Implementasi Pendidikan Karakter. Gresik: Caremedia.
Samani, Muchlas, and Hariyanto. 2011. Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sebayang, Wellina, Eva Royani Sidabutar, and Destyna Yohana Gultom. 2018. Perilaku Seksual Remaja. Yogyakarta: Deepublish.
Shiddiq, Alima Fikri, and Santoro Tri Raharjo. 2018. Peran Pendidikan Karakter Di Masa Remaja Sebagai Pencegahan Kenakalan Remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 5(2):176–87.
Subagia, I. Nyoman. 2021. Pendidikan Karakter: Pola, Peran, Implikasi Dalam Pembinaan Remaja. Bali: Nilacakra.
Sudrajat, Ajat. 2011. Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter 1(1):47–58.
Suparlan. 2015. Mencari Model Pendidikan Karakter. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 15(1):75–88.
Umaroh, Ayu Khoirotul, Cindy Prastika, Herawati, Sri Chalada, and Hadi Pratomo. 2021. Fenomena Pacaran Remaja Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Jabodetabek. Prepotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat 5(1):125–38.
Unayah, Nunung, and Muslim Sabarisman. 2015. Fenomena Kenakalan Remaja Dan Kriminalitas. Sosia Informa 1(2):121–40.
Wahidin, Unang. 2017. Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 2(3):256–69.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Journal Al-Khidmat is a national peer-reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of Community Engagement.
This journal provides immediate open access to its content that making research published in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply the article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published.Â
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.