REFLEKSI PENGABDIAN PADA MASA PANDEMI: PENDIDIKAN KARAKTER BAGI REMAJA MELALUI PQH STUDI KASUS PADA YAYASAN MIFTAHUS SHIDDIQ CIMAHI JAWA BARAT


Siti Rahmah(1*), Esty Puri Utami(2)

(1) Prodi Ilmu Hadis, Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Kenakalan remaja di masa pandemi menjadi hal yang memprihatinkan pada saat ini. Pengabdian ini bertujuan untuk melaksanakan partisipasi dalam menemukan program yang membangun karakter anak remaja melalui program keagamaan. Metode pengabdian ini menggunakan participation action research. Hasil pengabdian menunjukan bahwa keberhasilan dalam mengatasi permasalahan yang terjadi dalam dunia pendidikan remaja. Penerapan model ini dimulai sejak refleksi sosial, perencanaan partisipatif, dan hingga pelaksanaan program. Keberhasilan pengabdian ini dilihat dari indikator perubahan karakter anak remaja. Adapun indikator perubahan karakter remaja meliputi timbulnya keaktifan dalam organsisasi Karang Taruna yang sebelumnya vakum, diadakannya pengajian rutinan, meningkatnya kesadaran untuk membangun self-regulation dengan diadakannya berbagai macam kegiatan positif seperti peningkatan budaya literasi, belajar berkebun, serta diskusi bersama memecahkan permasalahan yang ada.


Keywords


Pandemi;Pendidikan Karakter; Remaja

Full Text:

PDF

References


Agus, Zulkifli. 2019. Konsep Pendidikan Islam Bagi Remaja Menurut Zakiah Daradjat. Raudhah Pround To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah 4(1):11–24.

Annur, Fauzi. 2016. Pendidikan Karakter Berbasis Keagamaan (Studi Kasus Di SDIT Nur Hidayah Surakarta). Ar-Tarbawi 1(1):39–55.

Asrori, Muhammad Zainul. 2021. Pendidikan Agama Berbasis Pesantren Untuk Meningkatkan Religiusitas Siswa Di Masa Pandemi Covid 19: Studi Kasusu Di SMK PGRI 2 Ponogoro. Skripsi. IAIN Ponorogo.

Batubara, Jose RL. 2016. Adolescent Development (Perkembangan Remaja). Sari Pediatri 12(1):21–29.

Budiman, Haris. 2015. Kesadaran Beragama Pada Remaja Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 6(1):16–26.

Gainau, Maryam B. 2015. Perkembangan Remaja dan Problematikanya. Yogyakarta: PT Kanisius.

Lestari, Puji. 2012. Fenomena Kenakalan Remaja Di Indonesia. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 12(1):16–38.

Lestarina, Eni, Hasnah Karimah, Nia Febrianti, Ranny, and Desi Harlina. 2017. Perilaku Konsumtif Dikalangan Remaja. JRTI: Jurnal Riset Tindakan Indonesia 2(2):1–6.

Martoredjo, Nikodemus Thomas. 2020. Pandemi Covid-19: Ancaman Atau Tantangan Bagi Sektor Pendidikan. Jurnal Binus 7(1):1–15.

Masaropah, Umi, Suharto, Daluti Delimanugari, Agus Suprianto, Rubini, Retno Kurnianingsih, and Citra Ayudiati. 2019. Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Industri Kreatif Bagi Jamaah Wanita Majelis Taklim Di Desa Kepek. Jurnal Nuansa Akademik 4(2):1–12.

Nursalam, Muhammad Nawir, Suardi, and Hasnah. 2020. Model Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar, CV. Aa Rizky.

Prasetya, Eska Perdana, Abdulrahman, and Fatihah Rahmalia. 2018. Pemberdayaan Masyarakat Tentang Kesehatan, Pendidikan Dan Kreatifitas. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 2(1):19–25.

Rahmat, Abdul, and Mira Mirnawati. 2020. Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 6(1):62–71.

Ridho, Muhammad Zainor. 2011. Signifikansi Metode (PAR) Dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat (Bazda Kabupaten Serang). Dedikasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(3):1–13.

Rosidatun. 2018. Model Implementasi Pendidikan Karakter. Gresik: Caremedia.

Samani, Muchlas, and Hariyanto. 2011. Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sebayang, Wellina, Eva Royani Sidabutar, and Destyna Yohana Gultom. 2018. Perilaku Seksual Remaja. Yogyakarta: Deepublish.

Shiddiq, Alima Fikri, and Santoro Tri Raharjo. 2018. Peran Pendidikan Karakter Di Masa Remaja Sebagai Pencegahan Kenakalan Remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 5(2):176–87.

Subagia, I. Nyoman. 2021. Pendidikan Karakter: Pola, Peran, Implikasi Dalam Pembinaan Remaja. Bali: Nilacakra.

Sudrajat, Ajat. 2011. Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter 1(1):47–58.

Suparlan. 2015. Mencari Model Pendidikan Karakter. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 15(1):75–88.

Umaroh, Ayu Khoirotul, Cindy Prastika, Herawati, Sri Chalada, and Hadi Pratomo. 2021. Fenomena Pacaran Remaja Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Jabodetabek. Prepotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat 5(1):125–38.

Unayah, Nunung, and Muslim Sabarisman. 2015. Fenomena Kenakalan Remaja Dan Kriminalitas. Sosia Informa 1(2):121–40.

Wahidin, Unang. 2017. Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 2(3):256–69.




DOI: https://doi.org/10.15575/jak.v5i1.15529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Khidmat Journal indexed by :