Pembelajaran Matematika dengan Model Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Komunikasi Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Perbandingan


Dadang Apandi(1*), Rahayu Kariadinata(2), Wati Susilawati(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) , Indonesia
(3) ,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini penulis mencoba menerapkan pembelajaran dengan model kooperatif tipe jigsaw dengan harapan dapat mengembangkan kemampuan komunikasi matematika siswa, meningkatkan minat siswa terhadap matematika, meningkatkan aktivitas siswa di kelas, dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan belajar mengajar, sehingga tercipta lingkungan belajar yang aktif dan kondusif. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terhadap siswa kelas VII.F MTsN Kota Bandung, dengan jumlah siswa sebanyak 39 siswa. Adapun instrumen yang digunakan adalah Lembar Aktifitas Siswa (soal-soal yang didiskusikan dikelompok ahli), tes setiap akhir siklus, tes akhir, lembar observasi dan sekala sikap. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan metode kooperatif tipe jigsaw mengalami peningkatan. Begitu pula dengan tingkat kemampuan Komunikasi Matematikanya yang digambarkan dengan hasil penilaian dengan nilai memuaskan.


Full Text:

PDF

References


Afiifuddin,.H.M.M.,dkk, 2008, Potret Madrasah, Bandung, Insan Mandiri.

Arikunto, S., 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta Bumi Aksara.

Ansari, Bansu I. 2003, Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemahaman dan Kmunikasi Matematika Siswa SMU Melalui Strategi Think-Talk-Write, Disertasi, Bandung: UPI, Tidak dipublikasikan.

Kahmad, D., 2000, Metode Penelitian Agama, Jakarta : Pustaka Setia.

Dahar, R.W. , 1989, Teori-teori Belajar, Jakarta: Erlangga.

Cipta, Eliva S., 2006, Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP Melalui Strategi Think Talk Write., Skripsi, Universitas Islam Negeri SGD, Bandung, Tidak dipublikasikan.

Hamzah, 2004.Pembelajaran Matematika Menurut Teori Belajar Kontruktivisme, http://www.depdiknas.go.id.

Kariadinata, R.,2001, Peningkatan Penmahaman Dan Kemampuan Analogi Matematika Siswa SMU Melalui Pembelajaran Kooperatif, Tesis, Bandung,UPI, Tidak dipublikasikan.

Syaban, M., 2008, Menumbuhkembangkan Daya Matematis Siswa, http://educare.e-fkipunla.net

NCTM, 1989. Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston, VA: Authur. http://educare.e-fkipunla.net

NCTM,1996, Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics, Virginia: NCTM Inc.,.

_______, 2007, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Bandung, UPI.

_______, 2006, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional, Bandung, MK2MTs.

Wiriaatmaja, R., 2007, Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung, Remaja Rosda Karya.

Russefendi, ET.,1988,Pengantar Kepada Guru Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA, Bandung: Tarsito,.

Suherman, E dan Y. Sukjaya,1990, Evaluasi Pendidikan Matematika, Bandung: Wijayakusumah,.

Sumarmo, U. (2003) Daya dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa dan Bagaimana Dikembangkan pada Siswa Sekolah Dasar dan Menengah. Makalah disajikan pada Seminar Sehari di Jurusan Matematika ITB, Oktober 2003. http://educare.e-fkipunla.net

Susilawati, W., 2008, Pelajar & Pembelajaran Matematika, Universitas Islam Negeri SGD, Bandung.

Wihatma, U. , Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SLTP melalui Cooperative Learning Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD), Tesis, Bandung UPI, Tidak dipublikasikan.

Rusmiati ,Y., 2005, Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Think Talk Write Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pokok Bahasan Program Linear, Skripsi, UIN Bandung.

Yunawati, 2006, Pembelajaran Matematika Dengan Pemberian Kuis Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa, UPI, Bandung, Tidak dipublikasikan.




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v1i2.2894

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id