Pengaruh Kepercayaan dan Komitmen terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan di PT. Bank BNI Syariah Kantor Kas Cinunuk


Syifa Amalia(1*), Jalaluddin .(2)

(1) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Ma’soem, Indonesia
(2) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Ma’soem, Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Berdasarkan hasil observasi, bahwa yang melatar belakangi Penelitian ini adalah belum mampunya PT. Bank BNI Syariah Kantor Kas Cinunuk dalam menjaga dan mempertahankan kepercayaan dan komitmen nasabah tabungan di PT. Bank BNI Syariah Kantor Kas Cinunuk sehingga menyebabkan nasabah menjadi tidak loyal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas nasabah tabungan, bagaimana pengaruh komitmen terhadap loyalitas nasabah tabungan dan bagaimana pengaruh kepercayaan dan komitmen terhadap loyalitas nasabah tabungan PT. Bank BNI Syariah Kantor Kas Cinunuk. Objek penelitian ini adalah seluruh nasabah tabungan di PT. Bank BNI Syariah Kantor Kas Cinunuk, jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif, jenis datanya adalah data primer dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesionerm dan studi pustaka. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Non Probability. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas nasabah tabungan di PT. Bank BNI Syariah Kantor Kas Cinunuk dimana hasil uji t nilai thitung > ttabel (4,632 > 1,660), terdapat pengaruh yang signifikansi antara kepercayaan terhadap loyalitas nasabah di PT. Bank BNI Syariah Kantor Kas Cinunuk, terdapat pengaruh komitmen terhadap loyalitas nasabah tabungan di PT. Bank BNI Syariah Kantor Kas Cinunuk dimana hasil uji t didapat nilai thitung > ttabel (12,233 > 1,660), terdapat pengaruh yang signifikansi antara kepercayaan terhadap loyalitas nasabah di PT. Bank BNI Syariah Kantor Kas Cinunuk, dan terdapat pengaruh yang signifikan antara kepercayaan dan komitmen terhadap loyalitas nasabah tabungan di PT. Bank BNI Syariah Kantor Kas Cinunuk dimana fhitung sebesar 74,18 > ftabel sebesar 3,09 secara simultan.


kata kunci: Kepercayaan, Komitmen, Loyalitas

Keywords


Kepercayaan, Komitmen, Loyalitas

Full Text:

Download (PDF)

References


Nurdin, Ismail dan Sri Hartati. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendikia.

Usman, Rachmadi Usman. (2003). Aspek-aspek Hukum Perbankan Di Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ismail. (2016). Perbankan Syariah. Jakarta: Prenadmedia Group.

Muchtar, Rose, dan Menik. (2016) Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: Kencana

Umam, Khaerul. (2013). Manajemen Perbankan Syariah. Bandung: CV. Pustaka Setia Sangadji dan Sopiah Etta. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi

Firmansyah, Anang. M. (2018). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Deepublish.

Wahyoedi, Soegeng dan Saparso. (2019). Loyalitas Nasabah Bank Syariah: Studi Atas Religitas,Kualitas Layanan, Trust, dan Loyalitas. Yogyakarta: Deepublish.

Warnadi, dan Aris Triyono. (2019). Manajemen Pemaaran. Yogyakarta: Deepublish.

Firmansyah, Anang. Dr. M. (2019). Pemasaran Produk dan Merek: Planning Strategy. Yogyakarta:Qiara Media.

Andi, Supangat. (2007). Stastistika: Dalam Kajian Deskriptif, Inferensial, dan Nonparametik. Edisi 1.Jakarta: Kencana.

Darmawan, Deni. (2013). Metode Penelitian Kuntitatif. Bandung: Rosda.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana

Anshori, Musich dan Sri Iswati. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Pusat Perbitan dan Percetakan UNAIR (AUP)

Riyanto, Slamet dan Hatmawan. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish

Djiwandono. (2015). Meneliti Itu Tidak Sulit: Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Hermawan, Iwan. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatiff dan Mixed Methode.

Kuningan: Hidayatul Quran.

Siregar, Syofian. (2014). Statistika Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Askara.

Santoso, Singgih. (2010). Statistika Multivariat. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi.

Semarang: Badan Peneebit Universitas Diponegoro.

Kurniawan, Albert. (2010). Belajar Mudah SPSS Untuk Pemula. Yogyakarta: Mediakom.

Sugiarto, Dergibson Siagian. (2006). Metode Statistika Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Gramedia.

Baroroh, Ali. (2008). Trik-trik Analisis Statistika dengan SPSS1. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wiroso, (2005). Penghimpunan Dana Dan Distribusi Hasil Usaha Bank Syariah. Jakarta: Gramedia Widarsana Indonesia.

Jaya, Indra.(2019). Penerapan Statistik Untuk Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Setiawan, Mulyo Budi dan Ukudi. 2007. Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan Dan Komitmen

Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), September 2007, hal 215-22. Vol.

No.2 (Https://www.unisbank.ac.id diakses pada November 2019)

Maliyah, Siti. (2015). Pengaruh Citra Merek Kepercayaan (Trust) dan Komitmen Terhadap Loyalitas

Nasabah pada Henan Puthihrai Asset Management. “Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis”. Vol 1., No. 1 (Https://www.neliti.com dikses pada November 2019)

Darwin, Steven dan Yohanes Sondang Kunto. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variabel

Intervening Pada Asuransi Jiwa Manulife Indonesia-Surabaya. “Jurnal Manajemen Pemasaran Petra” Vol.2., No. 1 (Https://www.neliti.com diakses pada November 2019)

PT. Bank BNI Syariah. 2020. Tentang sejarah perusahaan (Http://www.bnisyariah.co.id di akses pada Januari 2020)

PT. Bank BNI Syariah. 2020. Tentang Visi & Misi (Http://www.bnisyariah.co.id di akses pada Januari




DOI: https://doi.org/10.15575/.v1i1.13107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Syifa Amalia and Jalaluddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Indexing:

google scholar moraref morarefDOAJ