Minimisasi Biaya Sewa Pada Penjadwalan Flow Shop 3 Mesin dengan Menggunakan Metode Nawaz, Enscor, and Ham (NEH)


Muhammad Faudzi Bahari(1*), Elis Ratna Wulan(2)

(1) Program Studi Magister Matematika, Universitas Padjadjaran, Indonesia
(2) UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, INDONESIA, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini membahas tentang sebuah metode untuk meminimasi biaya sewa pada penjadwalan flow shop. Metode untuk pencarian waktu optimal yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Nawaz, Enscor, and Ham (NEH). Penelitian dilakukan pada proses produksi sandal di CV. SAMHARI. CV. SAMHARI melakukan proses produksi 400 pasang sandal dengan 6 jenis berbeda. Beberapa asumsi digunakan pada penelitian ini sehingga beberapa hal menjadi tidak diperhitungkan. Pada dasarnya metode ini dapat memberikan waktu efektif dalam melakukan sewa mesin produksi, sehingga CV. SAMHARI dapat merubah kebijakan sewa yang dilakukan dalam setiap kali proses produksi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mencari biaya minimal yang harus dikeluarkan oleh CV. SAMHARI pada proses produksinya. Dengan menggunakan metode ini, diharapkan CV. SAMHARI dapat merubah kebijakan sewa yang diambil sehingga biaya sewa yang dikeluarkan menjadi lebih minimal. Setelah mengaplikasikan metode yang diajukan didapat bahwa CV. SAMHARI harus membayar biaya sewa sebesar Rp. , hal ini menghemat biaya produksi sebesar Rp. 244674. Berdasarkan hal tersebut, dapat dikatakan bahwa metode ini menghasilkan biaya minimal untuk setiap kali proses produksi yang dilakukan CV. SAMHARI.


Keywords


minimisasi biaya sewa, waktu efisien, penjadwalan flow shop

References


Al-Harkan, I., “Alghoritms for Sequencing and Scheduling”, Penerbit Industrial Engineering Department, College of Engineering, King Saud University, Riyadh, 2005

Ginting, R.,”Penjadwalan Mesin”, Penerbit Graha Ilmu, Medan, 2009.

Gupta, D. dan Sehga, P., “Unavailability in nx2 Flow Shop Scheduling To Minimze Rental Cost With Job-Block Criteria”, International Journal of Advanced Research in Science, Engineering and Technology, Vol. 5, Issue 9, 6975-6981, 2018.

Gupta, D., Singla, P., dan Bala, S.,“ Minimize the rental cost in two stage flow shop scheduling problem in which setup time separated from processing time with branch and bound technique. International Journal of Emerging Technology and Advanced Engineering, Volume 3, Issue 8, 315-320., 2013.

Narain, L, “Optimize Renting Times of Machine In Flowshop Scheduling.”, Journal of Computer and Mathematical Sciences, Vol.6(6), 280-289, 2015.

Narain, L, “Minimizing total Rental Costing Scheduling Problems.”, International Journal of Engineering and Applied Sciences (IJEAS), Volume 2, Issue 5, 84-88, 2015.

Tyagi, N., Varshney, R. dan Chandramouli, A., “Six Decades of Flowshop Scheduling Research.”, International Journal of Scientific & Engineering Research, Volume 4, Issue 9, 854-864, 2013.

Yanto AK, A. F., Trianasari, N., “Analisis Hubungan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Produk PT Mustika Ratu Tbk Di Indonesia”, e-Proceeding of Management : Vol.5, No.3, 2951-2955, 2018.




DOI: https://doi.org/10.15575/kubik.v4i2.6557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muhammad Faudzi Bahari, Elis Ratna Wulan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal KUBIK: Jurnal Publikasi Ilmiah Matematika has indexed by:

SINTA DOAJ Dimensions Google Scholar Garuda Moraref DOI Crossref

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.