AL-QUR’AN DAN PEMBINAAN KARAKTER SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH


Heri Khoiruddin(1*), Hilman Mangkuwibawa(2)

(1) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Memahami pembinaan karakter pada siswa Madrasah Ibtidaiyah dapat ditelusuri diantaranya dari pembelajaran al-Qur’an yang diajarkan di madrasah. Surat dan ayat-ayat yang diajarkan di Madrasah Ibtidaiyah adalah pondasi dan warna karakter yang ditanamkan oleh para guru pada siswa mereka. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui surat dan ayat-ayat apa saja yang diajarkan dan bagaimana nilai-nilai pada surat-surat tersebut ditanamkan pada siswa. Metode yang digunakan dalam penulisan ini menggunakan metode library research (studi kepustakaan) dengan pendekatan kualitatif dalam bentuk analisis konten (content analysis) terhadap surat dan ayat-ayat al-Qur’an yang kemudian dianalisis untuk mengetahui isi dan kandungannya. Analisis pada surat dan ayat-ayat ini memberi simpulan bahwa pilar karakter pertama yang ditanamkan pada siswa Madrasah Ibtidaiyah adalah keimanan dan ketauhidan. Untuk menyampaikan nilai-nilai keimanan dan ketauhidan pada siswa Madrasah Ibtidaiyah, surat yang dipilih berjumlah 22 surat, yaitu surat al-Fatihah dan 21 surat-surat pendek pada juz 30, yang isi dan kandungannya lengkap mulai dari prinsip ketauhidan, contoh perilaku tauhid dan perilaku yang menyimpang dari nilai-nilai ketauhidan, pahala karena bertauhid dan siksa karena mengabaikan keimanan dan ketauhidan dalam kehidupan.


Full Text:

PDF

References


Abdul Karim, Hamdi. Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. Elementary, Vol 2, Edisi 2, Juli 2016, h. 45-56.

Afandi, Muhammad. Character Education Investment in SD/MI. Elementary, Vol 2, Edisi 2, Juli 2016, h. 14-25.

Al-Qur’an dan Terjemahnya. Kerajaan Saudi Arabia: Mujamma’ al-Malik Fahd li Thiba’at al-Mushhaf, tt.

Al-Wahidi, Abu Hasan ‘Ali ibn Ahmad. Asbab Nuzul al-Qur’an. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah, 2004.

Amirulloh. Keluarga Berbasis Karakter, Studi tentang Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga. Bandung: Fajar Media, 2015.

Hasanah, Aan. Pendidikan Karakter Berperspektif Islam. Bandung: Insan Komunika, 2012.

Latip, Asep Ediana. Pembelajaran Berbasis Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. MP, Vol XXVIII No.1, 2013, h. 40-58.

Permendikbud no 67 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Mishbah Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an. Volume 1. Jakarta: Lentera Hati, 2010.

Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Mishbah Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an. Volume 15. Jakarta: Lentera Hati, 2008.




DOI: https://doi.org/10.15575/al-aulad.v4i1.11537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:
Department of Primary Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung-Indonesia

Email:
al.aulad@uinsgd.ac.id

Editorial Address:
Jurusan PGMI Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294. 


Creative Commons License
Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education Licensed by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseCopyright © UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

View My Stats