Analisis Metode Montessori Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa SD/MI Kelas Rendah

Nura Azkia, Nur Rohman

Abstract


Metode Montessori merupakan metode yang dirumuskan berdasarkan teori montessori yang dapat digunakan dalam ranah pendidikan anak  dan disusun berdasarkan teori tentang perkembangan anak.  Karakteristik yang  paling terlihat dari metode ini yaitu menekankan pada aktivitas yang dimunculkan oleh diri anak dengan menekankan pada proses adaptasi lingkungan belajar anak yang dibentuk sesuai dengan tahap perkembangannya menggunakan peran dari aktivitas fisik dalam menyerap konsep pembelajaran untuk memiliki kemampuan yang praktis. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimanakah metode Montessori dalam meningkatakan kemampuan membaca permulaan. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan (library research), pembahasan dianalisis dengan menggunakan metode analisa isi (analysis content). Sumber yang digunakan dalam tulisan ini merupakan tulisan-tuliasan Maria yang telah diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia. Hasil Penelitian trekait penerapan metode montessori menggunakan aktivitas rangsangan sesuai dengan prinsip maria montessori ternyata dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa dan dapat mengatasi keterbatasan siswa dalam pengenalan huruf-huruf. Maka dengan menggunakan metode Montessori untuk belajar membaca diupayakan dapat membantu peserta didik dalam mengembangkan kemampuan kognitif, psikomotor, dan afektif yang terdapat pada diri peserta didik, dengan membuat anak dapat belajar sesuai dengan tingkat perkembangannya.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.

Badan Nasional Standar Pendidikan BNSP, (2006), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Tingkat SD,MI, dan SD-LB, Jakarta : BNSP.

Elizabeth G.Hainstock, Kenapa Montessori. Jakarta : P.T. Pustaka Delapratasa.

Farida Rahim, (2005) Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Gutek, G.L (2004). The Montessori Method : The Origin Of An Educational Innovation, Including An Annotated Edition Of Maria Montessori’s The Montessori Method. Lanham : Rowman & Littlegfield Publisher.

Lillard, A.S. (2005). Montessori the science behind the genius. New York: Oxford University

Maria Montessori, (2008). The Absorbent Mind (Pikiran Yang Mudah Menyerap), Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Maria Montessori. (1964), The Montessori Method. Schoken Books : New York USA

Nurmalitasari, Femi. 2015, Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Pra Sekolah. BULETIN PSIKOLOGI, Vol 23 No 2, 103-111

Sumitra Agus, 2014, Proses Pembelajaran Berbasis Metode Montessori Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini, JURNAL EMPOWERMENT, Vol 4 No 1, 60-70

Preschool dengan Metode Montessori , di akses dalam laman : “http://www.uniquegrowingmind.com/index.php/montessori. Pada tanggal 19 Mei 2019.

Rahim Farida. (2007) Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Slamet (2014). Pembelajran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah dan Tinggi Sekolah Dasar. Surakarta : UNS Press.

Taringan, (1979). Pengajar Ejaan Bahasa Indonesia. Bandung : Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.15575/al-aulad.v3i2.7917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Jurusan PGMI Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294. 

email : al.aulad@uinsgd.ac.id