Media pembelajaran berbasis andrioid untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa

Rika Andriani, Asep Suratman

Abstract


Pembelajaran Jarak Jauh selama pandemic memberikan pengalaman belajar baru bagi siswa. Sumber belajar yang praktis dan ramah kuota sangat diperlukan bagi siswa. Peneliti membuat sebuah inovasi media pembelajaran berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis android yang dibuat oleh peneliti, terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI SMAN 15 Bandung dengan mengggunakan tes yang diberikan sebelum perlakuan (pretest) kemudian diberikan treatment dan tes yang diberikan setelah perlakuan (posttest).Instrumen yang digunakan berupa angket dan soal tes. Hasil pengolahan data diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media pembelajara berbasis android dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

 Kata kunci: media pembelajaran, android, motivasi, hasil belajar

Distance Learning during a pandemic provides new learning experiences for students. Practical and quota-friendly learning resources are indispensable for students. Researchers create an innovative learning media based on android. This study aims to determine the effect of using android-based learning media made by researchers on student motivation and learning outcomes. The research was conducted at SMAN 15 Bandung by using the Pre-Experiment Design. The one group pretest-posttest design research design was measured using a test given before treatment (pretest) then given treatment and a test given after treatment (posttest). The instruments used were questionnaires and test questions. The results of data processing concluded that the use of Android-based learning media can increase student motivation and learning outcomes

 

Keywords: learning media, android, motivation, learning outcomes


Keywords


Media, Android, Motivasi, Hasil Belajar

References


Arief S. Sadiman. (2011). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Dwiba Elisa. (2019). Memahami Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat dengan Model Pembelajaraan Cooperative Tipe Number Head Together. Jurnal profesi pendidikan dasar. VI (1), 21-28. doi: http://dx.doi.org/10.23917/ppd.v1i1.7268

G Terry Page, dkk. (1978). International Dictionary of Education. New York: Kogan Page/Nichols Publishing.

Hamalik, Oemar. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Bumi Aksara

Heryanto, N., dkk. (2013). Statistika Pendidikan. Universitas Terbuka: Tangerang Selatan.

I. Zahara. (2017). The Effectiveness Of Using Guided Discovery In Teaching Reading Comprehension. Edukasi: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran|Volume 4|Number 2|December 2017| 66. Available online at http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/edukasi.

Kyndt, E. (2016). Teachers’ Everyday Professional Development: Mapping Informal Learning Activities, Antecedents, and Learning Outcomes. Review of Educational Research. Month 201X, Vol. XX, No. X, pp. 1–40. DOI: 10.3102/0034654315627864. © 2016 AERA. http://rer.aera.net

Lenjani. (2015). Constructivism And behaviorism Methodologies On Special Needs Education. European Journal Of Special Education Research. Volume 1│Issue 1│September 2015. Available on-line at: www.oapub.org/edu

M. Nurtanto. (2016). Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Dengan Metode Problem Based Learning Pada Pembelajaran Gambar Teknik Melalui Pembelajaran Terbimbing. VANOS-Journal Of Mechanical Engineering Education. Vol.1, No.2, Desember 2016, Hlm.201-216. ISSN 2528-2611, e-ISSN 2528-2700. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/vanos

Messick, S. (1987). Validity (Research Repost). Educational Testing Servive: Princeton, New Jersey.

Rachmawati, T & Daryanto. (2015). Teori Belajar Dan Proses Pembelajaran Yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian). Parama Publishing: Yogyakarta

Sardiman, A.M. (1986). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Siregar, Eveline & Hartini Nara. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Galia Indonesia.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan, Penerbit Alfabeta Bandung. Yogyakarta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan, Penerbit Alfabeta Bandung. Yogyakarta

Taherdoost, H. (2016). Validity and Reliability of the Research Instrument; How to Test the Validation of a Questionnaire/Survey in a Research. International Journal of Academic Research in Management (IJARM). Vol. 5, No. 3, 2016, Page: 28-36, ISSN: 2296-1747. © Helvetic Editions LTD, Switzerland. www.elvedit.com

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Bab II Pasal 3. Republik Indonesia

Wallpole, RE. & Myers, RH., (1995). Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insyinyur dan Ilmuwan. Bandung: ITB.




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v7i1.10654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Matematika: Jurnal Analisa  dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 . Hak cipta dilindungi undang-undang

Journal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id