MEDIA SOSIAL, LITERASI DIGITAL, DAN INOVASI BISNIS TRIKOTOMI BARU DALAM MANAJEMEN STRATEGI


Hilda Yunita Wono(1*), Nofal Supriaddin(2), Fitrani Amin(3), Yudiana Indriastuti(4), Siska Armawati Sufa(5)

(1) Universitas Ciputra Surabaya, Indonesia
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Enam Enam Kendari, Indonesia
(3) Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia
(4) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur, Indonesia
(5) Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak literasi digital, pemanfaatan media sosial, dan inovasi bisnis terhadap strategi pertumbuhan perusahaan. Peneliti menerapkan metodologi penelitian kualitatif, dengan menganalisis laporan perusahaan, wawancara mendalam dengan manajer senior dan eksekutif, serta analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi digital yang tinggi dalam organisasi memainkan peran sentral dalam mendukung kemampuan perusahaan dalam mengadopsi teknologi terkini dan merumuskan strategi inovatif yang tanggap terhadap perubahan pasar. Selain itu, pemanfaatan media sosial yang efektif mengintensifkan hubungan antara perusahaan dan pelanggan, meningkatkan kesadaran merek, dan memberikan dampak positif pada pengambilan keputusan strategis. Di sisi lain, inovasi bisnis yang diiringi oleh kemajuan teknologi digital memberikan keunggulan kompetitif yang lebih besar dalam menghadapi dinamika pasar yang cepat. Berkaitan dengan hal tersebut maka hasil penelitian ini memberikan panduan berharga bagi praktisi bisnis, menggarisbawahi pentingnya berinvestasi dalam literasi digital, mengembangkan strategi media sosial yang cerdik, dan membentuk budaya inovasi yang kuat sebagai elemen kunci dalam manajemen strategi perusahaan di era digtal.


Keywords


Media Sosial, Literasi Digital, Inovasi Bisnis, Manajemen Strategi.

Full Text:

PDF

References


Barkatullah, A. H. (2019). Hukum Transaksi Elektronik di Indonesia: Sebagai Pedoman dalam Menghadapi Era Digital Bisnis E-Commerce di Indonesia. Nusamedia.

Bruzzese, S., Blanc, S., Wasim, A., & Brun, F. (2023). Ecosystem Services: A Public Opinion Analysis of Twitter users. In - (pp. 1-17).

Carr, C. T., & Hayes, R. A. (2015). Social Media: Defining, Developing, and Divining. Atlantic Journal of Communication, 23(1), 46-65.

Dinata, K. B. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 105-119.

Dobson, T., & Willinsky, J. (2009). Digital Literacy. The Cambridge handbook of literacy, 10, 286-312.

Dollarhide, M. (2023). Social Media: Definition, Effects, and List of Top Apps. Retrieved from: https://www.investopedia.com/terms/s/social-media.asp

Fahrurrozi, M., & SE, M. (2023). Entrepreneurship & Digitalisasi: Mengembangkan Bisnis di Era 5.0. Universitas Hamzanwadi Press.

Herdiyani, S., Barkah, C. S. A., Auliana, L., & Sukoco, I. (2022). Peranan Media Sosial dalam Mengembangkan Suatu Bisnis: Literature Review. Jurnal Administrasi Bisnis, 18(2), 103-121.

Hussein, A. S. (2018). Metode Design Thinking untuk Inovasi Bisnis. Universitas Brawijaya Press.

Hutabarat, Z. S., Andriani, L., Sembiring, B., & Lina, R. T. (2023). Manajemen Strategi.

Jamaludin, M., Sulistianto, S. W., MI, A., MM, M., Marthalia, D., Wikansari, R., & Cendikia, M. K. P. (2022). Transformasi Digital dalam Dunia Bisnis. Cendikia Mulia Mandiri.

Janna, M. (2018). Pengaruh Likuiditas dan Leverage terhadap Financial Distress dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderasi: Studi pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017. (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Law, N. W. Y., Woo, D. J., de la Torre, J., & Wong, K. W. G. (2018). A Global Framework of Reference on Digital Literacy Skills for Indicator 4.4. 2.

Leli, N., Nurhadiah, N., Handayani, R. T., & Suhairi, S. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Komunikasi Massa dalam Memperluas Jangkauan dan Meningkatkan Interaksi dengan Konsumen. Jurnal Mirai Management, 8(2), 436-444.

Lestari, E. R. (2019). Manajemen Inovasi: Upaya Meraih Keunggulan Kompetitif. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Lu, E. (2020). The Transformation of Consumer Behaviors in the Digital Era. Retrieved, 12(02).

Mahanani, E. (2015). Diktat Manajemen Strategik. Diakses dari: http://repository.upi-yai.ac.id/2128/1/BHN%20AJAR%20MANSTRAT_ESTU_GENAP%202014-2015.pdf

Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195-202.

Ortiz-Ospina, E., & Roser, M. (2023). The Rise of Social Media. Our world in data.

Partnershiponmeasurin, G. (2014). Final Wsis Targets Review. Diakses dari: http://collections.unu.edu/eserv/UNU:2960/WSIS2014_review.pdf

Purnomo, A., Asitah, N., Kumalasari, R. D., Wiradimadja, R. D. D., & Thousani, H. F. (2021). A Bibliometric Publication Mapping Overview of Business Model Canvas. In Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management.

Ranius, A. Y. (2014). Hubungan Pemasaran Secara Online terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian. SNIT 2014, 1(1), 1-7.

Rianto, P. (2019). Literasi Digital dan Etika Media Sosial di Era Post-Truth. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 24.

Schallmo, D. (2013). Geschäftsmodell-Innovation. Wiesbaden: Springer Fachmedien Wiesbaden.

Setiawati, F. (2020). Manajemen Strategi untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan, 30(1), 57-66.

Taufiqurahman, M. R., SL, M. S., & Verbasov, G. A. (2023). Pengaruh Teknologi Informasi dalam Perkembangan Bisnis. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 5302-5307.

Umar, H. (2005). Manajemen Strategi. Jakarta: Erlangga.

Vanek, J., & Movit, M. (2022). The Skills That Matter in Adult Education, 1-7.

Wahyudiono, W. (2010). Pengaruh Orientasi Pelanggan dan Orientasi Pesaing terhadap Inovasi Pasar dan Pertumbuhan Penjualan Perusahaan Makanan di Surabaya. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 14(3), 271-287.




DOI: https://doi.org/10.15575/jb.v2i1.29329

DOI (PDF): https://doi.org/10.15575/jb.v2i1.29329.g9531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats