LEVERAGING SOCIAL-MEDIA: BUILDING EXCEPTIONAL BRAND IMAGE AND BRAND AWARENESS


Mashudi Mashudi(1*), Endang Fatmawati(2), R. Ayu Erni Jusnita(3), Iman Ahmad Gymnastiar(4), Reni Sara Indrawati(5)

(1) Universitas Diponegoro, Indonesia
(2) Universitas Diponegoro, Indonesia
(3) Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia
(4) Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(5) Universitas Pelita Harapan, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan menyoroti signifikansi penggunaan media sosial sebagai alat dalam membangun citra merek yang kuat dan meningkatkan Kesadaran Merek. Metode literatur review digunakan secara sistematis untuk mengumpulkan, mengevaluasi, dan menyintesis temuan-temuan relevan dari berbagai sumber yang membahas pemanfaatan media sosial dalam konteks citra merek dan kesadaran merek. Hasil penelitian menjelaskan bahwa keterlibatan konten yang efektif menjadi komponen kunci dalam membangun hubungan yang kuat antara pelanggan dan merek melalui media sosial. Melalui media sosial, merek dapat memperkuat identitasnya dan membentuk hubungan emosional dengan pelanggan melalui konten yang kreatif. Pemanfaatan platform media sosial juga memungkinkan kolaborasi dengan influencer serta berbagi konten menarik, yang pada akhirnya meningkatkan kesadaran merek. hasil literatur review menekankan pentingnya citra merek yang konsisten, konten menarik, dan interaksi aktif dengan pelanggan untuk membangun kesadaran merek yang kuat dalam era digital. Merek dapat mencapai "Kesadaran Merek" dan menjalin hubungan dengan pelanggan dengan menggunakan strategi media sosial yang tepat.


Keywords


Media Sosial, Citra Merek, Kesadaran Merek, Strategi.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahim, A., & Sangen, M. (2019). Pengaruh Content Marketing, Sales Promotion, Personal Selling, dan Advertising terhadap Minat Beli Konsumen Pada Hotel Biuti di Banjarmasin. Jurnal Sains Manajemen dan Kewirausahaan, 3(1), 42-47.

Al Hafiz, M. (2018). Pengaruh Promosi terhadap Citra Merek Serta Dampaknya terhadap Minat Beli Suzuki Satria F150 (Studi Kasus di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan Bandung) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNPAS Bandung).

Anwar, R. K., & Rusmana, A. (2017). Komunikasi Digital Berbentuk Media Sosial dalam Meningkatkan Kompetensi Bagi Kepala, Pustakawan, dan Tenaga Pengelola Perpustakaan Sekolah/Madrasah di Desa Kayu Ambon, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 6(4).

Aripradono, H. W. (2020). Penerapan Komunikasi Digital Storytelling pada Media Sosial Instagram. Teknika, 9(2), 121-128

Cahya, A.N., Utari, P., & Gardiana, M.D. (2022). Penggunaan Media Sosial: KKN dalam rangka Penguatan Citra dan Reputasi UNS. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.

Cheung, M. F., & To, W. M. (2019). An Extended Model of Value-Attitude-Behavior to Explain Chinese Consumers’ Green Purchase Behavior. Journal of Retailing and Consumer Services, 50, 145-153.

Darisman, A. (2020). Apa itu Citra Merk/Brand Identity. Binus University Bandung-Kampus Teknologi Kreatif, 24.

Dewi, A. C. K., & Sutopo, S. (2014). Analisis Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, Dan Loyalitas Merek terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Produk Viva Hand & Body Lotion di Kota Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Dinata, Z. S., Famukhit, M. L., & Nurhayati, N. (2021). Efektifitas Peranan Instagram Sebagai Media Promosi Cafe Quick Chicken Pacitan. Jurnal Proyeksi Pendidikan Informatika, 1(02), 74-82.

Edwina, D. E. (2020). Kesadaran Merek dan Citra Merek Dalam Menentukan Loyalitas Merek Serta Implikasinya pada Preferensi Merek (Suatu Survey pada Konsumen Elzatta di Pasar Baru, Bandung) (Doctoral Dissertation, Univesitas Komputer Indonesia).

Hidayatullah, T. F., & Sutarso, Y. (2023). Peran Media Sosial, Ulasan Daring, dan Kepedulian Lingkungan pada Perilaku Pembelian Green Product. At-Tadbir: Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(1), 23-40.

Janonis, V., Dovalienė, A., & Virvilaitė, R. (2007). Relationship of Brand Identity and Image. Engineering economics, 51(1).

Barantum. (tt). Manfaat Konten Marketing yang Bagus dan Konsisten. Diakses dari: https://www.barantum.com/blog/manfaat-konten-marketing-yang-bagus-dan-konsisten/

Nugraha, A. G. (2018). Pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality, Price, dan Design Product terhadap Keputusan Pembelian Honda Vario 125 di Banjarnegara (Studi pada Pembeli Motor Honda Vario 125 di Banjarnegara) (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).

Panchal, H. (2018). A Study on Digital Marketing and Its Impact. International Journal of Advance Research and Innovative Ideas in Education, 4, 1038-1041.

Permatasari, D., Februadi, A. C., & Gunawan, A. I. (2021, September). Proyek Meningkatkan Brand Awareness Forget Me Not Coffee Melalui Video Promosi di Instagram. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 12, pp. 1144-1149).

Putri, C. S. (2016). Pengaruh Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie melalui Minat Beli. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 1(5), 594-603.

Pramitadewi, Y. H. (2009). Pengukuran Kesadaran Merek (Brand Awareness) pada Produk Madurasa PT. Air Mancur.

Rowley, J., & Slack, F. (2004). Conducting A Literature Review. Management Research News, 27(6), 31-39.

Sigala, M., Christou, E., & Gretzel, U. (Eds.). (2012). Social media in travel, tourism and hospitality: Theory, practice and cases. Ashgate Publishing, Ltd.

Situmeang, A. J. W. (2022). Pengaruh Pemasaran Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Produk Vape (Doctoral dissertation, Universitas Atma Jaya Yogyakarta).

Subekti, A. Y., & Dirgantara, I. (2010). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kesadaran Merek terhadap Ekuitas Merek Susu Cair dalam Kemasan “Indomilk” (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Tingkir, C. F. (2014). Pengaruh Citra Merek terhadap Loyalitas Merek melalui Citra Merek dan Kepercayaan Merek Toyota. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2), 62-69.

Trainor, K. J. (2012). Relating Social-Media Technologies to Performance: A Capabilities-Based Perspective. Journal of Personal Selling & Sales Management, 32(3), 317-331

Wijayanti, S. (2019). Pengaruh Kesadaran, Persepsi Kualitas dan Loyalitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Fashion di Matahari Departement Store Kudus (Doctoral Dissertation, IAIN Kudus).

Yadav, M., & Rahman, Z. (2017). Social Media Marketing: Literature Review and Future Research Directions. International Journal of Business Information Systems, 25(2), 213-240.




DOI: https://doi.org/10.15575/jb.v2i1.29117

DOI (PDF): https://doi.org/10.15575/jb.v2i1.29117.g9474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats