MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM
DOI:
https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5008Abstract
Pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengacu pada standar nasional pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah dan peserta didik. Sehingga pengembangan kurikulum yang dilaksanakan setiap satuan pendidikan menyesuaikan dengan kebutuhan madrasah. Tujuan penelitian untuk mengetahui manajemen pengembangan kurikulum. Metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa MTs Al-Falah Cicalengka telah melakukan pengembangan kurikulum dengan proses (1) perencanaan yang dilakukan oleh Kepala Madrasah dengan dibantu oleh Pembantu Kepala Madrasah, (2) pelaksanaan pengembangan kurikulum dilakukan melalui proses pembelajaran di dalam kelas yang mengacu kepada silabus dan RPP, (3) hasil pengembangan kurikulum berupa pengembangan kurikulum 2013 menjadi kurikulum 2013 revisi, (4) evaluasi pengembangan kurikulum oleh kepala madrasah dilaksanakan dalam jangka waktu satu semester dan evaluasi oleh guru bidang studi dilaksanakan setiap selesai proses pembelajaran.
Kata Kunci : Manajemen, Pengembangan Kurikulum, MadrasahReferences
Ammminah, Murniati Ar, dan Nasir Usman, 2015.“Implementasi Manajemen Berbaasis Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada MTsN Kota Lhokeumaweâ€, jurnal administrasi pendidikan, pascasarjana universitas syiah kuala Vol 03, No. 02.
Badrudin. (2013). Dasar-dasar Manejemen. Bandung: Alfabeta.
Faizin, Hamam dkk. (2016). Ensiklopedia Madrasah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Madrasah.
Hidayat, Sholeh. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Jahari, Jaja. (2013). Manajemen Madrasah: Teori, Strategi dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Lubis, Yusuf Amri. Pelaksanaan Manajemen Kurikulum pada SMA Negeri 1 Buengcala Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol. 3, Nomor 1, Febuari 2015.
Machali, Imam. Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 4, Nomor 1, Juni 2014.
Mulyasa, E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Rosdakarya.
Oemar Hamalik. (2012). Manajemen Pengembangan Kurikulum.. Bandung: Remaja Rosdakarya,
Rosyidah, Ida. (2014). Pengelolaan Kelas yang Bernuansa Aktif dan Inovatif. Bandung: Ice Consultan.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

