MANAJEMEN REKRUTMEN TENAGA PENDIDIK DI MADRASAH ALIYAH
DOI:
https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5011Abstract
Proses rekrutmen merupakan hal yang sangat penting agar diperoleh hasil rekrutmen yang efektif. Rekrutmen yang dilakukan disesuaikan dengan kebutuhan sekolah. Penelitian ini bertujuan mengetahui manajemen rekrutmen tenaga pendidik di Madrasah Aliyah Al-Inaayah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Perencanaan yang matang yang dilakukan oleh panitia rekrutmen tenaga pendidik. Pelaksanaan rekrutmen tenaga pendidik yang dilaksanakan oleh panitia rekrutmen. Pengawasan yang efektif dan kondusif yang dilakukan oleh petugas pengawas rekrutmen tenaga pendidik. Evaluasi rekrutmen tenaga pendidik oleh ketua panitia rekrutmen dengan memeriksa kembali persyaratan peserta pelamar. Hasil dari proses rekrutmen secara kuantitatif: pencapaian rekrutmen yang dilaksanakan Madrasah Aliyah Al-Inaayah mencapai 23 tenaga pendidik, dan secara kualitatif: rekrutmen tenaga pendidik sesuai dengan kebutuhan Madrasah Aliyah Al-Inaayah; yaitu mendapatkan tenaga pendidik yang profesional.References
Badrudin. (2013). Dasar – Dasar Manajemen, Bandung: Alfabeta
Bafadal. (2008). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibuan Maluyu S.P. (2008) Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara
Malthis. (2010) Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Edisi Pertama Salemba Empat.
Meldona. (2009) Manajemen Sumber Daya Manusia Perspektif Integratif. Malang: UIN Malang Press.
R.Wayney Mondy. (2008) Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.
Siti Tsuwaibah, (2010:1) Studi tentang Manajemen Rekrutmen Tenaga Pendidik Guru. Semarang: Ypi Al Khoiriyyah
Undang-undang RI nomor 14 tahun 2005 & Peraturan Pemerintah RI nomor 74 tahun 2008 tentang guru dan dosen, Bandung : Citra Umbara, 2009.
Downloads
Published
2019-06-24
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).