MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KOKURIKULER KEAGAMAAN

Dea Farhani

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana manajemen pendidikan karakter melalui kegiatan kokurikuler mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian, Hasil dan Faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter melalui kegiatan kokurikuler terhadap peserta didik. Penelitian ini berangkat dari pemikiran mengenai fungsi manajemen menurut G.R Terry yaitu planning, organizing, actuating, controling untuk mencapai tujuan lembaga yang telah ditentukan. Maka manajemen yang baik sangat dibutuhkan dalam kegiatan pendidikan karakter di MTs ArRaudloh yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian pendidikan karakter untuk mewujudkan tujuan pendidikan karakter dalam kegiatan kokurikuler keagamaan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dari hasil penelitian ini data yang ditemukan dapat disimpulkan perencanaan pendidikan karakter adanya nilai-nilai yang ditanamkan yaitu mandiri, ikhlas, jujur, bertanggung jawab dan santun. Pengorganisasian pendidikan karakter dilakukan dengan struktur organisasi yang jelas dan tugas tupoksi yang jelas. Pelaksanaan pendidikan karakter dilakukannya shalat duha sebelum melaksanakan pembelajaran, shalat dzuhur berjamaah, bimbingan tilawah. Pengendalian pendidikan karakter dilakukan dengan cara monitoring setiap kegiatan kokurikuler keagamaan dan selalu mengadakan evaluasi setiap satu minggu sekali. Keberhasilan pendidikan karakter dapat dilihat dilihat dari kriteria keberhasilan, efektif dan efesien manajemen pendidikan karakter. Faktor penunjang pendidikan karakter adalah SDM, sarana dan prasarana, satndar mutu dan cara pandang masyarakat terhadap pendidikan.

Kata kunci: Manajemen, Pendidikan Karakter, Kokurikuler

Full Text:

PDF

References


Akhwan, M. (2008). Pengembangan Madrasah sebagai Pendidikan untuk Semua. el-Tarbawi, 1(1), 41–54. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol1.iss1.art4

Athoillah, A. (2010). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Pustaka Setia.

Badrudin. (2013). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Citra, Y. (2012). Pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 237–249.

http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/viewFile/795/666

Hasanah, A. (2013). Pendidikan Karakter Berperspektif Islam. Bandung: Insan Komunika.

Isnaini, R. L. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Manajemen Bimbingan dan Konseling Islam. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 35–52. https://doi.org/10.14421/manageria.2016.11-03

Jahari, J., & Syarbini, A. (2013). Manajemen Madrasah, Teori Strategi dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Lestari, P. (2016). Membangun Karakter Siswa Melalui Kegiatan Intrakurikuler, Ekstrakurikuler, dan Hidden Curriculum di SD Budi Mulia Dua Pandeansari Yogyakarta. Jurnal Penelitian, 10(1), 71. https://doi.org/10.21043/jupe.v10i1.1367

Mulyasa. (2016). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusmaini. (2017). Manajemen Pendidikan Karakter di Lembaga Pendidikan Islam. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1). Diambil dari http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare/article/view/1289

Salim, A. (2015). Manajemen Pendidikan Karakter di Madrasah (Sebuah Konsep dan Penerapannya). Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 1(2). http://dx.doi.org/10.32678/tarbawi.v1i02.1999

Setiawati, N. A. (2017). Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa. Dipresentasikan pada Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, Medan. Diambil dari http://semnastafis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2017/11/27.-Nanda-Ayu-Setiawati.pdf

Syarbini, A. (2012). Buku Pintar Pendidikan Karakter. Jakarta: As@-Prima Pustaka.

Terry, G. R. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Wibowo, A. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yanti, N., Adawiah, R., & Matnuh, H. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara Yang Baik Di SMA Korpri Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(11).

Zuhdi, A., & Rohaniawati, D. (2012). Membangun Karakter Pendidikan Dengan Akhlak Mulia. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.